Harga Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT dan Fitur-fiturnya: Kulkas Smart Inverter Murah

Kebutuhan perlengkapan rumah tangga zaman sekarang tidak lepas dari yang namanya lemari es atau kulkas. Sebagai tempat menyimpan makanan, kulkas sangat diperlukan di rumah atau area lain seperti kafe, restoran, dan sebagainya.

Berbeda dengan zaman dulu yang hanya tersedia beberapa varian saja, kini kulkas banyak diproduksi dalam berbagai jenis dan bentuk. Untuk penggunaan rumahan saja, kulkas saat ini sudah banyak variannya, mulai dari kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, kulkas 2 pintu ukuran jumbo, dan lain sebagainya.

Salah satu kulkas 2 pintu yang populer di Indonesia dalam beberapa tahun terkahir ini adalah kulkas merk LG untuk seri GN-B195SQMT.

Apa itu Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT?

Kulkas LG GN-B195SQMT merupakan kulkas 2 yang di produksi oleh perusahaan elektronik terkemuka, LG yang diproduksi di Indonesia.

Kulkas 2 pintu ini menjadi primadona masyarakat Indonesia karena berbagai hal, seperti fitur-fitur yang dimilikinya, harga yang cukup terjangkau, serta garansi resmi dari brand elektronik yang memang sudah cukup populer.

Fitur-fitur Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT

Multi Air Flow

Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT ini sudah dilengkapi fitur Multi Air Flow, artinya pendingin udara disematkan disetiap rak kulkas. Berbeda dengan kulkas pada umumnya yang hanya mempunyai Single Air Flow saja.

Dengan fitur ini proses pendinginan makanan akan lebih cepat dan merata. Baca juga Cara Mendaftar Shopee Food untuk Pengusaha Kuliner

Auto-Defrost

Khawatir bunga es? Tenang. Pada kulkas LG GN-B195SQMT sudah disematkan fitur auto-defrost. Jadi bunga es akan otomatis dicairkan. 

Tempered Glass Shelves

Setiap rak, termasuk rak freezer dalam Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT ini terbuat dari Tempered Glass yang lebih kokoh dan elegan. Tempered glass ini diklaim LG mampu menahan beban hingga 150kg.

Twisted Ice Maker

Membuat es di kulkas LG 2 pintu cukup mudah karena sudah dilengkapi dengan Twisted Ice Maker yang hanya perlu memutar cetakan es nya saja, tanpa harus repot mengeluarkan es dengan tangan.

Box Sayuran dan Buah-buahan Extra Besar

Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT ini juga dilengkapi dengan box sayuran dan buah-buahan dengan kapasitas yang besar, dengan daya tampung hingga 15,9L.

Moist Balance Crisper™

Pada box sayuran dan buah-buahan di Kulkas LG 2 pintu ini dilengkapi fitur Moist Balance Crisper™. Fitur ini terletak pada bagian atas box yang berfungsi untuk menampung air jika buah atau sayuran lembab dan menguap.

Embun dari uap tersebut akan di filter sehingga tidak kembali jatuh ke buah atau sayuran.

Gasket yang Mudah Dilepas

Gasket atau karet pintu kulkas 2 pintu LG GN-B195SQMT ini tidak dipasang secara permanen dengan baut, sehingga akan memudahkan ketika ingin dibersihkan.

Smart Inverter Compressor

Dan fitur utama dari kulkas 2 pintu LG ini adalah teknologi Smart Inverter-nya. Kompresor Smart Inverter memiliki teknologi canggih yang akan membuat kulkas ini lebih hemat listrik. 

Smart Inverter Compressor ini memiliki masa garansi 10 tahun, jadi sobat bisa lebih tenang jika membeli kulkas ini.

Spesifikasi Lengkap Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT

TipeKulkas 2 Pintu - Smart Inverter Compressor
Kapasitas202L / 187L
WarnaDark Graphite Steel
Dimensi555 x 1400 x 585mm
Rate Input70W
Smart Inverter CompressorYes
Moist Balance Crisper™ Yes
Ice TrayYes
Adjustable Door ShelfYes
Big Veggie BoxYes
Dimensi140cm x 55,5cm x 58,5cm

Harga Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT 

Meskipun sudah dilengkapi dengan teknologi Inverter, kulkas LG 2 pintu ini dijual dengan harga yang terjangkau. Hingga artikel ini dibuat, Kulkas 2 Pintu LG ini dibanderol dengan harga Rp 3,5 jutaan saja.

Tetapi jika ingin melihat harga terbarunya, silahkan di cek ditautan berikut.

Harga KULKAS LG 2 PINTU GN-B195SQMT
Cek di Shopee

Tips Membeli Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT 

Tips Sebelum Membeli Kulkas 2 Pintu LG

Sebelum sobat membeli kulkas 2 pintu merk LG ini, sebaiknya perhatikan tips-tips berikut.

  • Pastikan ruang untuk menyimpan kulkas seperti dapur atau ruang lainnya telah cukup dengan dimensi kulkas LG GN-B195SQMT seperti pada spesifikasi diatas.
  • Pastikan tempat atau area untuk menyimpan kulkas rata dan stabil.
  • Pastikan di dekat tempat atau area untuk menyimpan kulkas tersebut telah tersedia stop kontak atau colokan listrik.
  • Pastikan tempat atau area untuk menyimpan kulkas berada jauh dengan area perapian seperti kompor, dan lain-lain.

Tips Ketika Membeli Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT Online

Membeli peralatan elektronik seperti kulkas saat ini tidak terbatas, bisa di toko langsung maupun online. Untuk pembelian kulkas 2 pintu secara online, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut.

  • Pastikan penjual kulkas merupakan toko online yang terpercaya atau memiliki rating yang bagus dalam hal penjualan dan pengiriman barang.
  • Direkomendasikan untuk melakukan transaksi pembelian di toko resmi pada website maupun marketplace seperti shopee, lazada, tokopedia, jd.id, maupun yang lainnya. Baca juga Ini Dia! Cara Gampang Top Up Shopeepay Lewat Dana
  • Baca secara detail mulai dari nama produk, deskripsi produk, dan fitur-fitur dalam produk, agar kulkas 2 pintu yang ingin dibeli sesuai dengan yang ditawarkan oleh toko online tersebut.
  • Baca juga ketentuan toko seperti ketentuan pengembalian barang atau retur, ketentuan pengiriman barang (packing) dan lain-lain.
  • Lihat review para pembeli sebelumnya. Review yang positif menandakan toko online tersebut layak untuk bertransaksi jual beli.
  • Pastikan Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT memiliki GARANSI sesuai dengan deskripsi produk dari LG bahwa untuk kompresornya bergaransi resmi 10 tahun. Baca di deskripsi produk atau chat langsung ke penjual agar yakin.
  • Tambahkan ekstra packing untuk pengiriman kulkas agar lebih aman pada proses pengiriman.

Tips Ketika Membeli Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT di Toko Langsung

Berbeda dengan pembelian online, sobat bisa lebih puas jika membeli langsung di toko karena bisa bertanya langsung ke penjual mengenai kulkas LG 2 pintu ini.

Tanyakan secara detail tentang kelebihan dan kekurangan Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT ini. Rewel ketika transaksi pembelian barang itu sudah biasa, jadi tidak perlu sungkan.

  • Pastikan kulkas 2 pintu LG yang dibeli dalam kondisi baru, bukan yang dipajang atau display.
  • Pada Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT yang di display (yang ditunjukkan penjual), cek semua kesesuaian dengan fitur-fitur dan spesifikasi diatas, seperti rak tempered glass,  twisted ice maker, dan lain-lain.
  • Pastikan produk memiliki garansi resmi dan tanyakan harus kemana jika suatu saat akan melakukan klaim garansi.
  • Jangan ragu untuk meminta pengiriman barang langsung dari toko. Biasanya pengiriman kulkas ini sudah termasuk dalam fasilitas toko dan umumnya gratis.
  • Langsung cek kondisi kulkas ketika sampai dirumah. Cek dari berbagai kecacatan produk, baik cacat produksi (seperti adanya goresan,penyok, pintu yang tidak rapat} maupun cacat dalam proses pengiriman barang.
  • Cek dengan menghubungkan kulkas ke arus listrik, meskipun pengecekan ini hanya sebentar saja karena sebaiknya kulkas tetap tidak dinyalakan dulu ketika baru dikirim.

Cara Penggunaan Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT 

Cara Pemasangan Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT yang Benar Sebelum Digunakan

Untuk penggunaan kulkas yang benar sebelum digunakan, terutama untuk kulkas baru, ikuti langkah berikut.

  • Pilihlah tempat yang cukup baik untuk penempatan kulkas. Area untuk penempatan kulkas sebaiknya bidang datar dan stabil, kering, terhindar dari sinar matahari langsung, dan cukup jauh dari perapian.
  • Jika terdapat kemiringan pada penempatan kulkas LG 2 pintu ini, putar penyetel kemiringan pada kaki kulkas. Putar sekrup searah jarum jam untuk menaikkan posisi kulkas dan putar berlawanan arah jarum jam untuk menurunkannya.
  • Beri jarak antara kulkas 2 pintu LG GN-B195SQMT dengan tembok atau benda sekitar agar terdapat sirkulasi udara yang baik. Jarak minimum yang aman adalah samping kanan dan kiri kulkas ke tembok berjarak 5 cm, ke atas 30 cm, dan ke belakang 10 cm.
  • Bersihkan kulkas dengan lap kering pada bagian dalam atau permukaan luar kulkas.
  • Pasang perlengkapan pendukung seperti cetakan es, tempered glass, dan lain-lain pada tempat yang semestinya.
  • Diamkan kulkas selama 4 jam ketika baru sampai dari pengiriman, jangan dulu dihubungkan ke arus listrik.
  • Hubungkan ke arus listrik. Untuk arus listrik, jangan gunakan stop kontak bertumpuk. Penggunaan stop kontak yang bertumpuk atau bercabang untuk kulkas seperti menggunakan stop kontak T bisa mengakibatkan kebakaran.
  • Untuk jalur listrik kulkas 2 pintu LG ini sebaiknya dibuat tunggal saja.
  • Sebaiknya gunakan stop kontak yang memiliki bentuk cekung pada bagian dalam, bukan datar.
  • Pastikan kabel listrik tidak tertekuk atau terhimpit benda berat.
  • Setelah didiamkan selama 4 jam, colokkan ke arus listrik dan jangan memasukkan makanan terlebih dahulu. Tunggu hingga 2 jam agar suhu di dalam kulkas benar-benar stabil.
  • Kulkas siap digunakan.

Tips Menyimpan Makanan pada Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT 

  • Jangan menyimpan makanan yang mudah busuk pada suhu rendah di kulkas seperti pisang, nanas, melon, dan lain-lain.
  • Jangan memasukkan makanan panas langsung ke kulkas. Sebaiknya dinginkan dulu makanan di suhu ruang. Setelah tidak ada uap, baru dimasukkan kedalam kulkas.
  • Cuci bersih buah dan sayuran lalu lap sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  • Simpan makanan ke dalam kulkas dalam keadaan tertutup atau terbungkus untuk mencegah penguapan kelembaban dan membantu menjaga rasa dan kandungan gizi makanan.
  • Simpan ikan dan daging mentah di dalam wadah yang sesuai di dalam lemari pendingin (freezer), agar tidak bercampur atau agar tetesannya tidak mengenai makanan lain. Untuk Kulkas 2 pintu LG GN-B195SQMT ini tidak dilengkapi dengan chiller room, jadi ikan, daging, ayam, disimpan di freezer.
  • Jangan menyimpan terlalu banyak botol yang berisi cairan di pintu kulkas agar tidak menyebabkan berat berlebih sehingga pintu kulkas sulit ditutup rapat.

Tips Menggunakan Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT Agar Awet

  • Jangan menghalangi ventilasi udara (air flow) pada kulkas dengan makanan. Sirkulasi udara yang lancar akan menjaga agar suhu ruang pendingin tetap stabil.
  • Jangan sering-sering membuka pintu kulkas untuk mengurangi udara hangat memasuki kulkas sehingga meningkatkan suhu dalam ruang kulkas.
  • Jangan membiarkan pintu kulkas terbuka dalam waktu lama karena dapat meningkatkan temperatur secara signifikan di dalam kompartemen pada alat pendingin kulkas.
  • Jika kulkas tidak akan diisi makanan dalam waktu lama, matikan kulkas, lakukan pencairan bunga es, dan biarkan pintu terbuka untuk mencegah terbentuknya endapan di dalam kulkas.
  • Jangan menggunakan atau menyimpan bahan yang mudah terbakar seperti eter, bensin, alkohol, obat-obatan, LPG, semprotan atau kosmetik baik di dekat maupun di dalam kulkas LG
  • Jangan meletakkan lilin yang menyala di dalam kulkas untuk menghilangkan bau busuk.
  • Jangan menggunakan semprotan yang mudah terbakar di dekat kulkas.
  • Jangan meletakan vas bunga, cangkir, kosmetik, obat-obatan wadah berisi air, dan benda mudah terbakar lainnya (lilin, lampu minyak) di atas kulkas
  • Jangan gunakan kulkas yang terendam air (karena banjir) kecuali sudah dicek oleh teknisi yang kompeten.
  • Ketika terjadi kebocoran, jangan menyentuh kulkas. Segera buka pintu atau jendela untuk memperlancar ventilasi udara.
  • Apabila tercium bau aneh atau keluar asap dari kulkas, segera cabut steker daya dan hubungi pusat layanan/teknisi yang kompeten.
  • Jangan menyentuh makanan atau isi di dalam freezer dengan tangan yang basah karena dapat mengakibatkan mati rasa.
  • Jangan meletakkan botol di dalam freezer karena dapat membekukan isi botol sehingga mengakibatkan botol pecah dan bisa menimbulkan luka.
  • Tunggu selama 5 menit atau lebih saat menyambung kembali kabel listrik jika kulkas dimatikan atau terjadi pemadaman listrik.

Cara Membersihkan Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT 

Kulkas merupakan media tempat menyimpan makanan. Untuk itu kebersihan didalamnya sangat penting karena tentu saja, makanan berhubungan dengan kesehatan tubuh kita.

Cara Membersihkan Bagian Dalam Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT

  • Keluarkan semua makanan dari dalam kulkas, termasuk dalam freezer dan box buah/sayuran
  • Atur pengatur suhu pada status off dan cabut kabel listrik.
  • Keluarkan semua bagian kulkas seperti rak tempered glass, mika penyangga telur atau botol, dan yang lainnya.
  • Bersihkan tempered glass atau mika dengan spon yang lembut. Tambahkan deterjen cuci piring jika perlu.
  • Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung.
  • Cabut gasket atau karet kulkas. Karet ini tidak di baut, jadi mudah dilepas. Bersihkan dengan sikat cuci pakaian atau sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang menempel lalu keringkan.
  • Lap bagian dalam kulkas dengan lap berserat seperti kanebo.
  • Setelah semua bagian yang dicuci kering, masukan kembali ke tempat semula.
  • Hubungkan kulkas ke arus listrik lalu tunggu 5 menit.
  • Putar pengatur suhu ke indikator sesuai dengan rekomendasi
  • Setelah suhu dalam ruangan kulkas stabil, masukkan kembali makanan.
  • Sebaiknya keringkan dulu makanan seperti buah dan sayuran sebelum dimasukkan kembali ke kulkas.
  • Kulkas siap digunakan kembali

Cara Membersihkan Bagian Luar Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT

  • Matikan kulkas dan cabut kabel listrik
  • Jika ada makanan didalamnya, keluarkan
  • Lap permukaan depan, samping, dan atas kulkas dengan lap kering
  • Bersihkan bagian belakang dari debu dengan kemoceng. Hati-hati dengan kompresor kulkas karena panas.
  • Hindari membersihkan area belakang dekat kompresor kulkas dengan benda tajam atau tongkat, karena bisa merusak komponen pendingin.
  • Setelah selesai, hubungkan ke arus listrik
  • Tunggu 5 menit lalu putar knob pengatur suhu sesuai level yang direkomendasikan
  • Setelah suhu kulkas stabil, masukkan makanan kedalam kulkas
  • Kulkas siap digunakan kembali

Perbaikan Masalah pada Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT 

1. Kulkas Kurang Dingin pada semua ruang dan rak

Terjadinya kurang dingin pada kulkas ini biasanya dikarenakan karena berbagai hal, diantaranya.

⇒ Daya listrik yang masuk ke kulkas kurang maksimal

Kurang optimalnya arus listrik ke kulkas biasanya disebabkan oleh bertumpuknya stop kontak menuju kulkas dengan perangkat lain arus listrik terbagi. Untuk itu, untuk mengatasi hal ini sebaiknya pisahkan jalur listrik untuk kulkas dengan perangkat lain, jangan digabung.

Pemasangan colokkan listrik yang longgar juga bisa menjadi penyebab kurangnya daya listrik ke Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT sehingga kulkas menjadi kurang dingin. Maka dari itu, pastikan kembali bahwa colokkan listrik terpasang sempurna kedalam stop kontak listrik.

Selain kedua hal diatas, ada juga faktor tegangan listriknya yang naik turun. Ini diluar kendali kita sehingga sebaiknya gunakan perangkat tambahan seperti stavolt/stabilizer agar tegangan listrik lebih stabil.

⇒ Pembuangan panas dari kulkas kurang maksimal

Hal ini terjadi karena kulkas terlalu mepet ke tembok sehingga sirkulasi udara kurang lancar. Untuk itu, beri jarak setidaknya 10cm ke belakang, 5 cm ke samping kiri dan kanan, serta 30 cm keatas kulkas agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik.

2. Kulkas Kurang Dingin pada bagian atau ruang tertentu saja

Jika kulkas 2 pintu LG ini kurang dingin pada bagian freezer, cek kembali knob pengatur suhu, apakah sudah berada pada level yang direkomendasikan atau belum (level yang direkomendasikan tertera dekat knob). Untuk Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT ini, level yang direkomendasikan pada freezer adalah 3.

Jika kulkas 2 pintu ini kurang dingin pada ruang pendingin lainnya, cek juga knob pengatur suhunya, karena pengatur suhunya terpisah. Atur sesuai level yang direkomendasikan.

Selain karena pengaturan suhu, kurang dingin pada area pendingin makanan juga bisa disebabkan karena udara yang lebih hangat dari luar masuk kedalam kulkas. Untuk itu, jangan terlalu sering membuka kulkas.

3. Kulkas Terlalu Dingin

Ini merupakan kebalikan dari permasalahan diatas. Biasanya ini juga terjadi karena pengaturan knob pengatur suhu yang tidak sesuai.

Misal jika isi kulkas sedikit, tetapi diatur ke level yang sangat dingin, maka akan menyebabkan ruang pendingin menjadi terlalu dingin, bahkan makanannya bisa membeku.

Untuk itu, atur kembali pengatur suhu, sesuaikan juga dengan seberapa banyak makanan yang disimpan.

4. Proses Pembuatan Es Batu Lama atau Pembekuan Makanan Lebih Lama Dari Biasanya

  • Cek ruang freezer. Atur agar tidak terlalu penuh.
  • Gunakan plastik es yang kecil jika ingin membuat es dalam plastik.
  • Atur posisi penempatan makanan dalam freezer agar tidak menghalangi air flow dari pendingin kulkas.

5. Kulkas Tidak Dingin Sama Sekali

  • Jika lampu kulkas dan kompresor tidak menyala, cek stop kontak dengan tespen untuk memastikan ada tidaknya aliran listrik. Atau coba pindahkan ke stop kontak lain.
  • Cek kabel listrik kulkas. Jika ditemukan kabel terkelupas atau terbakar karena korsleting listrik, segera ganti dengan kabel yang sesuai.
  • Jika lampu kulkas menyala tetapi kompresor tidak menyala, hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya tegangan listrik yang masuk. Gunakan stabilizer atau hubungi layanan listrik (PLN) untuk diperbaiki.

6. Kulkas Berisik

Jika terdengar bunyi "takk!" yang cukup keras ketika kulkas 2 pintu LG ini dinyalakan atau dimatikan, kondisi ini masih termasuk normal (tidak bermasalah) karena suara itu biasanya berasal dari pengatur suhu (thermostat) atau pengatur pencair bunga es (defrost timer).

Jika terdengar bunyi "tekk..tek..tek.." dari dalam kulkas 2 pintu  LG ketika pintu dibuka, maka kondisi ini juga masih termasuk normal (tidak bermasalah) karena suara ini berasal dari pemuaian plastik (bahan dinding atau tatakan kulkas) ketika bersentuhan dengan udara disekitar yang panas.

7. Badan Kulkas Teras Hangat/Panas

Ini sebenarnya kondisi normal (tidak bermasalah). Hal ini biasanya terjadi karena beban kinerja kulkas yang terlampau besar karena pertama kali dinyalakan atau nyala ketika suhu disekitarnya lebih panas misal ketika musim kemarau.

Demikian ulasan tentang Harga Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT dan Fitur-fiturnya.  Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Let's share this article with your friends!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Keep scrolling to see content
close