Cara Setting Printer Thermal Xprinter XP-420B untuk Mencetak Resi Shopee, Tokopedia, Lazada

Kebutuhan print atau pencetakan label/resi saat ini terus saja meningkat. Tidak bisa dipungkiri, semenjak adanya pandemi Covid-19 lalu, aktivitas belanja online mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Ini tentu saja memperluas bidang usaha jasa ekspedisi yang faktanya mulai banyak bermunculan.

Dan salah satu bagian dari kebutuhan dari jasa ekspedisi ini adalah pencetakan resi atau nomor kode pengiriman barang yang diperlukan untuk mengidentifikasi barang yang dikirimkan.

Perusahaan-perusahaan ekspedisi rata-rata menggunakan beberapa jenis printer untuk mencetak resi ini, seperti Printer TSC TTP 244 Pro, Blueprint TR110, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Install dan Setting Printer TSC TTP 244 PRO.

Selain retail jasa ekspedisi, pencetakan resi ini sekarang mulai dibutuhkan oleh seller online shop.

Jika sobat seorang seller online shop seperti seller di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain yang sudah berskala besar, tentu saja sudah menerapkan sistem pick-up barang, di mana semua barang yang akan sobat kirimkan tidak perlu diantar ke retail jasa ekspedisi, melainkan dijemput langsung.

Ini memberikan kemudahan kepada seller karena tidak perlu repot-repot pergi mengantar barang dalam jumlah banyak. Akan tetapi, dengan ini sobat dmiftah harus mencetak resi sendiri dan menempelkannya di barang yang akan dikirim, tidak seperti biasanya yang langsung di cetak pihak jasa ekspedisi ketika mengantar barang.

Lalu bagaimana caranya mencetak resi pengiriman barang sendiri? Apakah bisa mencetak resi dengan printer biasa? Biasanya untuk keperluan cetak resi itu pakai kertas apa? Bagaimana cara mencetak resi shopee, tokopedia, lazada, sendiri dirumah? Berapa harga printer cetak resi shopee? Bagaimana cara setting printer cetak resi?

Simak ulasan berikut.

Mengenal Resi Pengiriman

Sebelum membahas lebih jauh tentang pencetakan resi pengiriman barang olshop, sebaiknya sobat pahami dulu tentang resi itu sendiri.

Resi pengiriman atau yang lebih kita kenal dengan sebutan "resi" saja merupakan bukti tertulis atau dokumen elektronik yang berisi informasi mengenai pengiriman atau pengantaran suatu barang atau paket. 

Resi biasanya digunakan sebagai media pelacakan untuk memantau riwayat perjalanan barang dari pengirim ke penerima.

Resi biasanya berisi beberapa informasi penting, seperti nomor resi (nomor identifikasi unik yang diberikan kepada setiap pengiriman), nama dan alamat pengirim dan penerima, deskripsi barang, tanggal pengiriman, dan lain-lain.

Resi ini biasanya dikeluarkan oleh kurir atau perusahaan pengiriman (jasa ekspedisi) setelah barang diambil dari pengirim dan sebelum dikirim ke penerima. 

Pengirim dapat memberikan informasi nomor resi kepada penerima sebagai bukti barang telah dikirim dan selanjutnya penerima dapat dengan mudah pelacakan online melalui situs web atau aplikasi resmi jasa ekspedisi yang digunakan.

Baca Juga : Cara Menginstall Printer Epson L120 Tanpa CD.

Jenis Kertas untuk Mencetak Resi Pengiriman

Untuk mencetak resi pengiriman barang seperti resi shopee, resi tokopedia, resi lazada, ataupun resi toko online lainnya umumnya menggunakan kertas dengan model stiker agar dapat dengan mudah ditempel di box barang yang dikirim.

Sedangkan untuk jenis kertasnya, umumnya ada 2 jenis kertas yang biasa digunakan untuk cetak resi, yaitu kertas thermal dan semicoated.

Apa itu Kertas Thermal?

Kertas thermal merupakan kertas yang digunakan untuk mencetak dokumen dengan menggunakan printer thermal.

Prinsip sederhananya adalah kertas ini akan menghasilkan cetakan jika terkena panas, untuk itu printer yang biasa digunakan untuk mencetak dengan kertas ini adalah printer thermal, di mana printer tersebut tidak menggunakan tinta, melainkan printhead yang menghantarkan panas saja ke kertas.

Kertas thermal ini umumnya digunakan untuk keperluan mencetak dokumen seperti resi ATM, resi pembayaran token listrik dan pembayaran lainnya, bill kasir, nota pembayaran minimarket seperti indomaret/alfamaret, dan sebagainya.

Kelebihan dari penggunaan kertas thermal ini adalah biaya yang lebih murah karena tidak memerlukan tinta, pencetakan lebih cepat (tidak seperti pencetakan dengan tinta yang agak basah), dan hasil cetaknya cenderung tahan lama/tidak mudah luntur.

Apa itu Kertas Semicoated?

Kertas semicoated merupakan kertas yang dilapisi bahan semicoated yang biasanya membuat kertas ini memiliki permukaan licin dan glossy (mengkilap).

Selain hasil cetak yang lebih tajam, hasil cetak dokumen seperti resi shopee atau yang lainnya dengan kertas bahan semicoated ini akan lebih tahan lama karena tahan panas/paparan sinar matahari langsung, air, atau kelembapan udara.

Hanya saja, untuk harga kertas semicoated ini sedikit lebih mahal.

Printer yang Tepat untuk Mencetak Resi Pengiriman

Setelah dibahas mengenai media kertas yang digunakan diatas, selanjutnya sobat dmiftah harus memahami printer apa yang tepat digunakan untuk mencetak resi pengiriman olshop shopee atau tokopedia tersebut.

1. Printer Direct Thermal

Printer Direct Thermal merupakan printer yang menggunakan hantaran panas untuk mencetak dokumen. Untuk itu, printer ini hanya cocok digunakan untuk mencetak dokumen yang menggunakan media kertas thermal.

Printer direct thermal ini selanjutnya lebih dikenal dengan sebutan printer thermal saja.

Saat ini sudah banyak sekali merk-merk printer thermal, dari mulai harga yang paling murah hingga yang paling mahal.

Printer thermal ini cocok digunakan untuk keperluan pencetak dokumen dalam bidang usaha skala kecil dan menengah, karena biaya yang dikeluarkan akan lebih murah.

Beberapa merk printer thermal yang banyak digunakan yaitu sebagai berikut.

Khusus di artikel ini, dmiftah hanya akan membahas tentang printer thermal Xprinter XP-420B saja.

2. Printer Thermal Transfer

Printer ini prinsip kerjanya hampir sama dengan printer thermal, akan tetapi diperlukan ribbon dengan kandungan Wax agar dapat mencetak di kertas berbahan semicoated.

Printer jenis ini cocok digunakan dalam bidang usaha skala menengah keatas yang mengutamakan kualitas hasil cetakan daripada penekanan biaya pengeluaran.

Selain harga printernya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan printer thermal, printer ini juga memerlukan ribbon untuk proses pencetakan dokumennya.

Beberapa merk printer jenis ini yang banyak digunakan adalah sebagai berikut.

Apa itu Printer Thermal Xprinter XP-420B?

Printer thermal Xprinter XP-420B adalah salah satu model printer thermal yang di produksi Xprinter, sebuah perusahaan yang spesialis pencetakan thermal.

Xprinter XP-420B memiliki dimensi yang relatif kecil sehingga tidak memerlukan ruang yang lega untuk menyimpannya.

Saat ini, printer thermal Xprinter XP-420B terdiri dari 3 versi dalam hal koneksi, yaitu Xprinter XP-420B dengan koneksi USB, Xprinter XP-420B dengan USB dan bluetooth, dan Xprinter XP-420B dengan USB dan Wifi.

Dari ketiga versi tersebut, spesifikasi, fitur, dan keunggulan printer ini sama saja. Yang membedakan dari fitur koneksi dan cara penggunaan nantinya.

Spesifikasi dan Fitur Printer Thermal Xprinter XP-420B

Brand nameXprinter
Place of OriginChina
Model NumberXP-420B
MaterialABS
MOQ500pcs
CertificationCCC, CE, FCC, RoHS, KC, SAA, BIS, BSMI
Printing MethodDirect Thermal
Resolution8 dots/mm(203 DPI)
InterfaceUSB2.0 (Standard)/Lan(Optional)/Bluetooth(Optional)/WIFI(Optional)/Peel off model(Optional)
Optional accessoriesTF card slot, RTC clock, peel off module, Cutter module
Max Print Speed152 mm (6")/s
Max Print Width108mm (4.25”)
Max Print Length1778mm
Media TypeContinuous, gap, black mark, fan-fold and punched hole
Media Width20 mm ~ 115 mm
Media Thickness0.06 mm ~ 0.25 mm
Media Length10 mm ~1778 mm
Paper roll diameter25.4 ~ 76.2 mm (1" ~ 3")
Paper thickness0.06 mm ~ 0.25 mm
Label Roll Capacity127 mm (5”) external diameter
Memory8MB Flash Memory; 8MB SDRAM; Micro SD card reader for Flash memory expansion, up to 4GB
Printing
SensorGap sensor; Printer Head opened sensor; Black mark sensor
Processor32-bit RISC CPU
Power SupplyInput: AC 100-240V;Output: DC 24V/2.5A
Barcode
  • 1D barcode: Code 39, Code 93, Code 128UCC, Code 128, subsets A, B, C,; Codabar, Interleaved 2 of 5, EAN-8,EAN-13, EAN-128, UPC-A, UPC-E; EAN and UPC 2(5) digits add-on, MSI, PLESSEY, POSTNET, China POST; GS1 DataBar, Code11
  • 2D barcode: PDF-417, Maxicode, DataMatrix, QR code, Aztec
EmulationTSPL \ EPL \ ZPL \ DPL
Dimension215 mm x 178 mm x 155 mm
Weight1.31 kg
Safety StandardFCC, CE, CB, CCC
Environment
  • Operation condition: -10 ~ 50℃ (14 ~ 122 °F) ,10 ~ 90% non-condensing
  • Storage condition : -40 ~ 60℃ (-40 ~ 140 °F), 10 ~ 90% non-condensing

Tampak Depan, Belakang, Depan, dan Part Lainnya dari Xprinter XP420-B

Kelengkapan Printer Thermal Xprinter XP-420B Saat Pembelian

Dalam setiap pembelian printer thermal Xprinter XP-420B, maka sobat dmiftah akan mendapatkan :

  • 1 unit printer Xprinter XP-420B
  • 1 unit kabel power
  • 1 unit adaptor
  • 1 set holder kertas
  • 1 CD Driver
  • Buku Panduan

Keunggulan Printer Thermal Xprinter XP-420B

1. Tanpa Tinta, Tanpa Ribbon

Printer Xprinter XP-420B merupakan jenis printer thermal, jadi tidak perlu repot-repot mengisi tinta atau mengganti ribbon.

Cukup dengan memasukkan kertas thermal, lalu print. Sesimpel itu.

2. Desain Kompak dan Awet

Printer thermal XP-420B memiliki desain yang kecil dan tangguh, mudah ditempatkan di mana saja, karena tidak memerlukan banyak ruang.

Xprinter XP-420B juga terbuat dari material yang kuat, jadi lebih tahan lama.

3. Proses Cetak Cepat

Printer thermal XP-420B mempunyai kecepatan cetak yang tinggi, sehingga lebih efisien waktu. Hasil cetakan juga bisa langsung dipakai, berbeda dengan cetakan yang menggunakan tinta biasa yang harus sedikit menunggu tinta agar kering.

4. Hasil Cetak Jelas dan Tajam

Printer XP-420B menghasilkan cetakan yang tajam dan jelas. Baik gambar maupun teks, hasil cetaknya tetap rapi.

5. Cocok untuk Berbagai Perangkat/Sistem

Printer thermal Xprinter XP-420B kompatibel dengan berbagai sistem operasi, seperti Windows, Mac, dan Linux, dan cara instalasi drivernya juga sangat mudah.

6. User-Friendly

Printer Xprinter XP-420B sangat mudah digunakan, bahkan untuk seorang pemula sekalipun karena tidak banyak setting yang harus dilakukan.

7. Bergaransi Resmi

Printer Thermal Xprinter XP-420B ini merupakan produk resmi yang bergaransi 1 tahun, jadi sobat tidak perlu ragu untuk menggunakan printer ini.

8. Harganya Murah

Printer Xprinter XP-420B dijual dengan harga yang terjangkau, cocok untuk pelaku usaha skala kecil dan menengah (UMKM).

Harga Printer Thermal Xprinter XP-420B

Berikut referensi harga Xprinter XP-420B

Printer Barcode Thermal Xprinter XP420B Koneksi USB Bluetooth WIFI

Cara Setting Printer Xprinter XP-420B untuk Mencetak Resi Pengiriman

Cara Menginstall Driver Printer Thermal Xprinter XP-420B di Komputer atau Laptop

Sebelum mulai menggunakan printer Xprinter XP-420B, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall driver printer.

Tujuannya adalah agar perangkat Xprinter XP-420B dikenali oleh komputer/laptop.

Untuk menginstall driver printer thermal Xprinter XP-420B, ikuti langkah berikut.

  • Download driver printer Xprinter XP-420B
    Download Driver
  • Siapkan perangkat Xprinter XP-420B
  • Hubungkan Xprinter XP-420B ke arus listrik dan ke komputer atau laptop dengan kabel USB
  • Nyalakan printer
  • Buka file driver printer Xprinter XP-420B untuk mulai menginstall
  • Pilih Install printer drivers lalu klik Next
  • Selanjutnya printer akan di deteksi otomatis, tunggu hingga printer Xprinter XP-420B ditemukan
  • Setelah ditemukan, akan terlihat nama mode printer. Klik Next.
  • Beri nama printer sesuai kebutuhan dan ceklis pilihan Use this printer as the default printer jika ingin printer Xprinter XP-420B ini menjadi perangkat pencetak default
  • Klik Next lalu klik Finish

Cara Menghubungkan Komputer atau Laptop ke Xprinter XP-420B melalui Bluetooth

Untuk mencetak label atau resi shopee, tokopedia, lazada, dan lainnya dari laptop dengan cara yang lebih praktis, sobat bisa menghubungkannya tanpa kabel seperti bluetooth.

Untuk menghubungkan laptop atau komputer ke Xprinter XP-420B via bluetooth, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan printer thermal Xprinter XP-420B dalam keadaan menyala
  • Buka pengaturan bluetooth pada komputer atau laptop
  • Nyalakan bluetooth
  • Klik Add bluetooth or other device
  • Klik Bluetooth
  • Pilih nama perangkat yang memiliki icon printer, misal seperti terlihat pada gambar berikut. (Nama perangkat bluetooh mungkin saja berbeda, tergantung model dari Xprinter XP-420B yang digunakan) 
  • Klik OK lalu masukkan kode 0000 lalu klik Connect
  • Setelah berhasil terhubung dengan bluetooh Xprinter XP-420B, akan muncul pesan Your device is ready to go!
  • Klik Done
  • Selanjutnya akan muncul menu instalasi
  • Pilih Install printer drivers lalu klik Next
  • Pilih Bluetooth lalu klik Next
  • Pilih nama koneksi bluetooh tadi (4B-2054L) lalu pilih OK
  • Pilih model printer yang sesuai (4B-2054L) lalu pilih Next
  • Beri nama printer sesuai kebutuhan dan ceklis pilihan Use this printer as the default printer jika ingin printer Xprinter XP-420B ini menjadi perangkat pencetak default
  • Klik Next lalu klik Finish

Baca Juga : Cara Menginstall Printer Epson L3110 di Windows 10

Cara Menghubungkan Ponsel/Smartphone ke Xprinter XP-420B melalui Bluetooth

Untuk menghubungkan laptop atau komputer ke Xprinter XP-420B via bluetooth, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan printer thermal Xprinter XP-420B dalam keadaan menyala
  • Nyalakan fitur Bluetooth di smartphone lalu cari nama printernya (XP-420B)
  • Pilih nama printer untuk mulai pairing atau menyandingkan, lalu masukkan kode 0000 jika diminta
  • Tunggu hingga printer berhasil disandingkan
  • Setelah terhubung dengan bluetooh, berikutnya install aplikasi di smartphone agar nantinya Xprinter XP-420B bisa langsung digunakan
  • Install dan buka aplikasi Noko Print
    NokoPrint
  • Pada halaman depan aplikasi, akan terlihat icon Printer dan teks Tidak Dipilih yang menandakan belum ada printer default yang dipilih dari aplikasi Noko Print ini
  • Klik teks Tidak Dipilih lalu pilih logo Bluetooh
  • Tunggu hingga nama printer Xprinter XP-420B terlihat
  • Pilih nama printer lalu akan muncul pop up Pengaturan Printer.
  • Pilih Gunakan Generik kemudian klik OK
  • Pada halaman depan aplikasi, pada icon Printer akan terlihat teks Xprinter XP-420B yang menandakan bahwa aplikasi Noko Print telah terhubung ke printer thermal Xprinter XP-420B

Cara Menghubungkan Ponsel/Smartphone ke Xprinter XP-420B melalui Kabel USB

Selain dengan bluetooh, menghubungkan smartphone ke printer Xprinter XP-420B juga bisa menggunakan kabel USB.

Keunggulan koneksi dengan kabel USB ini adalah proses cetaknya lebih cepat dari metode bluetooh.

Jika koneksi menggunakan bluetooh, dalam proses cetak beberapa resi akan ada jeda sekian detik sebelum mencetak resi berikutnya.

Berbeda jika koneksi menggunakan kabel USB, mencetak resi Shopee dalam jumlah banyak pun akan terus berlanjut, tanpa jeda.

Untuk menghubungkan smartphone ke Xprinter XP-420B melalui kabel USB, ikuti langkah berikut.

  • Siapkan kabel OTG
    Kabel OTG 2 in 1 Type C - Micro USB
  • Pastikan printer thermal Xprinter XP-420B dalam keadaan menyala
  • Install dan buka aplikasi Noko Print
  • Pada halaman depan aplikasi, akan terlihat icon Printer dan teks Tidak Dipilih yang menandakan belum ada printer default yang dipilih dari aplikasi Noko Print ini
  • Abaikan saja dulu, lalu tutup aplikasi Noko Print
  • Hubungkan kabel USB Xprinter XP-420B ke port USB di kabel OTG
  • Colokkan kabel OTG ke port micro USB atau Type C di smartphone
  • Buka pengaturan koneksi OTG di smartphone. Pengaturan ini bisa berbeda-beda, tergantung dari ponsel yang digunakan.
  • Biasanya terletak di menu Pengaturan lalu buka menu Pengaturan Tambahan
  • Scroll ke bagian bawah lalu pada opsi Koneksi OTG dengan menekan tombol disampingnya hingga statusnya aktif
  • Akan muncul pop Noko Print yang mendeteksi printer Xprinter XP-420B
  • Centang pilihan Selalu buka Noko Print..... lalu pilih OK
  • Muncul menu aplikasi Noko Print, klik nama printer Xprinter XP-420B hingga muncul pop up Pengaturan Printer.
  • Pilih Gunakan Generik kemudian klik OK
  • Pada halaman depan aplikasi, pada icon Printer akan terlihat teks Xprinter XP-420B yang menandakan bahwa aplikasi Noko Print telah terhubung ke printer thermal Xprinter XP-420B

Cara Memasang Kertas Thermal pada Printer Xprinter XP-420B

Kertas thermal yang digunakan untuk mencetak label atau resi di printer Xprinter XP-420B ini biasanya berupa kertas continuous dalam bentuk lipatan kertas biasa ataupun dalam bentuk gulung (rol).

Jika kertas thermal yang digunakan dalam bentuk rol, kertas bisa dipasang atau disimpan didalam printer dengan cara sebagai berikut.

  • Siapkan rol kertas thermal
  • Buka solatip pengunci ujung kertas
  • Pastikan permukaan kertas yang digunakan sebagai media cetak berada dibagian atas
  • Buka cover printer dengan cara menggeser tombol di kedua sisi printernya
  • Masukkan penyangga ke rol kertas lalu apit dengan penguncinya
  • Tarik kertas hingga sejajar dengan ujung printer
  • Kunci samping kiri-kanan kertas
  • Tutup kembali cover printer

Jika kertas thermal yang digunakan dalam bentuk lipatan biasa, maka sebaiknya sobat menggunakan holder tambahan untuk menyimpan kertas tersebut.

Holder ini nantinya disimpan dibelakang printer.

Holder ini juga berfungsi untuk menyimpan kertas rol jika ukuran rol kertas tidak cukup untuk disimpan di dalam printer, misal jika jumlah kertas dalam 1 rol berisi 500 lembar.

Untuk memasang kertas thermal yang menggunakan holder (disimpan diluar printer), ikuti langkah berikut.

  • Siapkan holder
  • Siapkan kertas thermal lalu tempatkan pada holder
  • Pastikan permukaan kertas yang digunakan sebagai media cetak berada dibagian atas
  • Buka cover printer dengan cara menekan tombol di kedua sisi printernya
  • Masukkan kertas dari celah atau lubang belakang printer lalu tarik terus hingga ujung kertas berada di ujung sisi depan printer Xprinter XP-420B
  • Kunci samping kiri-kanan kertas
  • Tutup kembali cover printer

Cara Kalibrasi dan Test Printer Thermal Xprinter XP-420B

Untuk kalibrasi posisi kertas thermal di printer label Xprinter XP-420B ini, di model terbaru biasanya sudah tersetting otomatis.

Maksudnya, setelah kertas thermal dipasang di printer dan Xprinter ini dinyalakan, maka secara otomatis printer akan mengatur posisi kertas agar pas di area cetak.

Tetapi pada sebagian model masih ada yang harus di kalibrasi terlebih dahulu.

Jika ingin melakukan kalibrasi printer thermal Xprinter XP-420B, ikuti langkah berikut

  • Pastikan printer sudah siap dinyalakan
  • Pastikan kertas thermal sudah terpasang dengan benar
  • Sebelum printer dinyalakan, tekan dan tahan tombol pada bagian atas printer
  • Tekan tombol power printer untuk menyalakan printer sambil terus menekan tombol bagian atas printer
  • Setelah mulai dinyalakan, led pada tombol akan berkedip berwarna merah
  • Setelah led berhenti berkedip berwarna merah dan berubah menjadi menyala terus berwarna biru, lepaskan tangan dari tombol (jangan ditekan lagi)
  • Printer akan mulai mencetak print tes dan mengatur posisi kertas
  • Printer siap digunakan

Cara Setting Ukuran Kertas Label di Xprinter XP-420B

Ukuran kertas standar untuk mencetak resi pengiriman barang dari online shop seperti shopee, tokopedia, lazada, dan lainnya adalah 100x150mm.

Untuk itu, sebelum mulai mencetak resi dengan Xprinter XP-420B, pastikan untuk memilih ukuran kertas yang sesuai dan jadikan sebagai default agar tidak perlu lagi memilih-milih ukuran ketika akan mencetak label.

Jika label yang digunakan memiliki ukuran yang berbeda, maka di langkah ini juga bisa membuat ukuran tertentu sesuai kebutuhan.

Untuk mengatur ukuran kertas di printer thermal Xprinter XP-420B, ikuti langkah berikut.

  • Buka menu pengaturan printer (jika di Windows 10: Printers and Scanners)
  • Cari nama printer Xprinter XP-420B yang digunakan
  • Klik kanan nama printer, lalu pilih Printer Preferences
  • Pilih ukuran kertas yang tersedia sesuai kebutuhan, misal 100x150mm
  • Jika tidak ada ukuran yang sesuai, atau ingin membuat ukuran kertas yang baru, klik New lalu masukkan ukuran kertas yang sesuai dalam satuan milimeter (mm) kemudian tekan Save
  • Setelah ukuran kertas dipilih, klik Apply lalu klik OK

Cara Mencetak Resi Shopee, Tokopedia, dan Resi Lazada di Printer Thermal Xprinter XP-420B

Cara Mencetak Label Resi Shopee dari Komputer/Laptop di Xprinter XP-420B

Untuk mencetak label atau resi pengiriman barang shopee dengan printer thermal Xprinter XP-420B caranya sangat mudah. 

  • Pastikan komputer/laptop sudah terkoneksi dengan Xprinter XP-420B
  • Atur metode cetak resi shopee ke mode thermal, dengan cara buka browser lalu login ke Shopee Seller Center
  • Pilih menu Pengaturan Pengiriman
  • Scroll ke bagian paling bawah, lalu aktifkan pilihan Cetak Mode Thermal
  • Pilih menu Pengiriman Saya
  • Pilih pesanan yang akan dicetak resinya, lalu klik Cetak Resi
  • Setelah resi muncul, klik tombol Cetak Dokumen pada bagian kanan atas layar
  • Berikutnya pastikan pengaturan printer seperti printer yang digunakan, ukuran kertas, dan lain sebagainya telah sesuai
  • Jika sudah sesuai, klik Print untuk mulai mencetak

Baca Juga : Cara Mudah Top Up Shopeepay Lewat Dana

Cara Mencetak Label Resi Shopee dari HP/Smartphone di Xprinter XP-420B

Untuk mencetak resi pengriman barang dari HP atau Smartphone ke printer Xprinter XP-420B, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan smartphone telah terhubung ke printer Xprinter XP-420B, misal terhubung via bluetooh atau USB OTG seperti cara diatas
  • Buka Seller Center Shopee dari browser smartphone atau komputer lalu aktifkan Mode Cetak Thermal dari menu Pengaturan Pengiriman
  • Jika ingin mencetak melalui aplikasi, buka aplikasi Shopee Seller lalu pilih menu Saya di pojok kanan bawah
  • Pilih Toko Saya
  • Pada status pesanan, pilih Perlu Dikirim
  • Pilih Atur Pengiriman lalu pilih metode kirim, Anter ke counter atau Pick up
  • Akan tampil Nomor Resi lalu pilih Cetak Resi/Cetak Label
  • Akan terbuka jendela baru dan terlihat Resi pengiriman
  • Pilih icon print pada bagian atas layar kemudian akan terbuka print preview dari aplikasi Noko Print
  • Pilih Mencetak dan resi akan mulai dicetak

Cara Mencetak Label Resi Shopee Banyak Sekaligus/Masal dari dari Laptop atau Smartphone dengan Xprinter XP-420B

Selain mencetak dengan cara satu per satu, mencetak label atau resi Shopee juga bisa dilakukan secara masal atau sekaligus.

Ini tentu sangat efisien waktu terutama untuk seller besar yang jumlah pesanannya sudah sangat banyak.

Untuk mencetak resi Shopee secara masal, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan komputer/laptop/smartphone telah terhubung ke printer thermal Xprinter XP-420B
  • Login ke halaman Shopee Seller Center dari browser komputer, laptop, atau smartphone
  • Aktifkan mode thermal dengan cara membuka menu Pengaturan Pengiriman lalu scroll ke bagian paling bawah lalu aktifkan pada opsi Cetak Mode Thermal
  • Pilih menu Pengiriman Masal
  • Di menu ini biasanya pesanan yang perlu dikirim dikelompokkan berdasarkan jasa ekspedisi yang digunakan.
  • Klik jasa ekspedisi yang resi-resinya akan dicetak
  • Akan terlihat daftar pesanan yang harus dikirim di jasa ekspedisi tersebut pada bagian bawah
  • Klik tanda ceklis disamping tulisan Produk untuk memilih semua pesanan
  • Pada sisi kanan layar, atur metode pengiriman yang akan digunakan, Atur Pick Up Massal atau Atur antar ke Counter massal
  • Pilih Konfirmasi jika dirasa semua sudah sesuai
  • Klik Buat
  • Jika menggunakan komputer atau laptop, file PDF biasanya langsung terbuka di browser
  • Pilih Cetak Dokumen atau icon printer, lalu pastikan bahwa pengaturan nama printer (Xprinter XP-420B), dan ukuran kertas telah sesuai, lalu klik Print untuk mulai mencetak
  • Jika menggunakan smartphone, file PDF yang berisi resi shopee biasanya akan langsung di download
  • Setelah selesai di download, lalu akan muncul pop up. 
  • Pilih Buka dan akan terlihat icon printer (Noko Print) yang tulisannya Mencetak
  • Klik opsi Jangan tanyakan lagi jika ingin file PDF resi shopee berikutnya  langsung dibuka oleh aplikasi Noko Print
  • Pilih icon Printer
  • Akan terlihat menu print preview dari resi shopee di aplikasi Noko Print
  • Pilih Mencetak dan resi shopee akan langsung dicetak di printer Xprinter XP-420B

Cara Mencetak Resi Tokopedia dari Komputer/Laptop di Xprinter XP-420B

Untuk mencetak resi tokopedia dengan menggunakan printer thermal Xprinter XP-420B, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan komputer/laptop sudah terkoneksi dengan Xprinter XP-420B
  • Buka Tokopedia Seller dari browser
  • Pilih menu Penjualan
  • Jika pesanan masih berupa pesanan baru, buka tab Pesanan Baru lalu klik Terima Pesanan untuk memproses pesanan masuk
  • Klik tab Siap kirim yang berisi pesanan
  • Pada bagian bawah rincian pesanan, klik Cetak Label
  • Muncul pop up lalu klik Cetak Pesanan
  • Pada opsi ukuran kertas, pilih A6 untuk memilih ukuran label standar (100x150mm)
  • Centang pilihan Cetak dengan daftar produk (opsional)
  • Klik Cetak Label
  • Pastikan pengaturan printer Xprinter XP-420B telah dipilih dan ukuran kertas telah sesuai
  • Klik Print untuk mulai mencetak

Cara Mencetak Resi Tokopedia dari HP/Smartphone di Xprinter XP-420B

Untuk mencetak resi Tokopedia dari HP atau Smartphone ke printer Xprinter XP-420B, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan smartphone telah terhubung ke printer Xprinter XP-420B, misal terhubung via bluetooh atau USB OTG dan aplikasi Noko Print
  • Buka aplikasi Tokopedia Seller
  • Pilih menu Penjualan pada bagian bawah layar
  • Jika pesanan masih berupa pesanan baru, buka tab Pesanan Baru lalu klik Terima Pesanan untuk memproses pesanan masuk
  • Klik tab Siap kirim yang berisi pesanan
  • Klik pilihan opsi lainnya berupa tanda titik tiga dipojok kiri bawah layar
  • Pilih Cetak Label
  • Akan tampil Nomor Resi lalu pilih Ukuran Kertas lalu pilih A6 untuk ukuran label standar (100x150mm)
  • Klik Info Tambahan lalu Centang pilihan Cetak dengan daftar produk (opsional)
  • Klik tombol Cetak Label
  • Akan terbuka jendela baru dan terlihat Resi pengiriman
  • Pilih printer Xprinter XP-420B
  • Pilih icon print pada bagian atas layar kemudian akan terbuka print preview dari aplikasi Noko Print
  • Pilih Mencetak dan resi Tokopedia akan mulai dicetak

Note.

Jika printer Xprinter XP-420B belum terkoneksi dengan benar ketika membuka print preview, sobat bisa menyimpan dulu resi dalam file PDF.

  • Pada opsi Pilih Printer, pilih Simpan sebagai PDF
  • Buka aplikasi Noko Print lalu pastikan bahwa printer sudah terhubung
  • Klik Dokumen
  • Arahkan ke file PDF resi Tokopedia
  • Klik tombol Mencetak dan resi Tokopedia akan mulai dicetak

Baca Juga : Cara Jualan Pulsa dan Kuota Internet di Aplikasi Mitra Shopee

Cara Mencetak Resi Tokopedia Banyak Sekaligus/Masal dari dari Laptop atau Smartphone dengan Xprinter XP-420B

Untuk mencetak resi Tokopedia secara masal, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan komputer/laptop/smartphone telah terhubung ke printer thermal Xprinter XP-420B dan untuk smartphone telah terhubung via aplikasi Noko Print
  • Login ke halaman Tokopedia Seller dari browser komputer, laptop, atau smartphone (jika menggunakan smartphone, aktifkan mode Situs Desktop)
  • Pilih menu Penjualan
  • Jika pesanan masih berupa pesanan baru, buka tab Pesanan Baru lalu klik Terima Pesanan untuk memproses pesanan masuk
  • Klik tab Siap kirim yang berisi pesanan
  • Akan terlihat daftar semua pesang perlu dikirim
  • Centang Pilih Semua untuk memilih semua pesanan
  • Setelah pesanan terpilih semua, sejajar dengan baris Pilih Semua, klik Cetak Label
  • Akan muncul pop up. Klik Cetak Pesanan
  • Akan terbuka jendela baru yang bersisi semua resi yang akan dicetak
  • Pada bagian kanan layar terdapat, pilih A6 untuk memilih ukuran label standar (100x150mm)
  • Centang pilihan Cetak dengan daftar produk (opsional)
  • Klik Cetak Label
  • Akan muncul jendela Print preview
  • Jika menggunakan Komputer atau Laptop :
    • Pastikan pengaturan printer Xprinter XP-420B telah dipilih dan ukuran kertas telah sesuai
    • Klik Print untuk mulai mencetak
  • Jika menggunakan smartphone :
    • Pilih printer Xprinter XP-420B
    • Pilih icon print pada bagian atas layar kemudian akan terbuka print preview dari aplikasi Noko Print
    • Pilih Mencetak dan resi Tokopedia akan mulai dicetak

Cara Mencetak Resi Lazada dari Komputer/Laptop di Xprinter XP-420B

Untuk mencetak resi lazada dari komputer atau laptop dengan menggunakan printer thermal Xprinter XP-420B, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan komputer/laptop sudah terkoneksi dengan Xprinter XP-420B
  • Buka Lazada Seller Center dari browser
  • Di halaman depan, klik Pesanan
  • Klik tab Untuk Diproses & Kirim
  • Pilih pesanan yang ingin dicetak resinya
  • Klik tombol Kemas & Cetak di bagian kanan pesanan
  • Pada Pilih Cetak, pilih Resi Pengiriman
  • Jika ingin mencetak resi dan langsung kirim paket, klik tombol Cetak & Kirim
  • Klik tombol OK yang berada diatas tombol Cetak Saja
  • Akan muncul menu print preview resi lazada di jendela baru
  • Klik icon printer atau tombol Cetak hingga muncul jendela print preview
  • Pilih printer Xprinter dan atur ukuran kertas ke A6 atau sesuai pengaturan kertas yang telah dibuat sebelumnya untuk mencetak resi atau label
  • Klik Print untuk mulai mencetak resi lazada
  • Jika ingin mencetak resi saja, klik tombol Cetak Saja
  • Akan muncul menu print preview resi lazada di jendela baru
  • Klik icon printer atau tombol Cetak hingga muncul jendela print preview
  • Pilih printer Xprinter dan atur ukuran kertas ke A6 atau sesuai pengaturan kertas yang telah dibuat sebelumnya untuk mencetak resi atau label
  • Klik Print untuk mulai mencetak resi lazada

Cara Mencetak Resi Lazada dari HP/Smartphone di Xprinter XP-420B

Untuk mencetak resi Lazada dari HP atau Smartphone ke printer Xprinter XP-420B, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan smartphone telah terhubung ke printer Xprinter XP-420B, misal terhubung via bluetooh atau USB OTG dan aplikasi Noko Print
  • Buka aplikasi Lazada Seller
  • Di halaman depan, klik Pesanan
  • Klik tab Untuk Diproses & Kirim
  • Pilih pesanan yang ingin dicetak resinya
  • Klik tombol Kemas & Cetak
  • Centang pesanan yang akan dicetak resinya, lalu klik tombol Konfirmasi
  • Centang AWB
  • Masukkan No Faktur
  • Jika ingin mencetak resi dan langsung kirim paket, klik tombol Cetak & Kirim
  • Jika ingin mencetak resi saja, klik tombol Cetak Saja
  • Akan muncul resi lazada di jendela baru
  • Klik icon Download di bagian atas layar, lalu klik icon printer dengan nama printer Xprinter XP-420B
  • Atau pada Berbagi berkas via ,pilih printer Xprinter XP-420B
  • Akan terbuka print preview dari aplikasi Noko Print
  • Pilih Mencetak dan resi Lazada akan mulai dicetak

Cara Mencetak Resi Lazada Banyak Sekaligus/Masal dari dari Laptop atau Smartphone dengan Xprinter XP-420B

Untuk mencetak resi Lazada secara masal, ikuti langkah berikut.

  • Pastikan komputer/laptop/smartphone telah terhubung ke printer thermal Xprinter XP-420B dan untuk smartphone telah terhubung via aplikasi Noko Print
  • Login ke halaman Lazada Seller Center dari browser komputer, laptop, atau smartphone (jika menggunakan smartphone, aktifkan mode Situs Desktop)
  • Pilih menu Pesanan
  • Klik tab Untuk Diproses & Kirim
  • Akan terlihat daftar beberapa pesanan yang belum dikirim
  • Centang pada Page 1, 1-... untuk memilih semua pesanan hingga semua pesanan terpilih dan muncul tombol Kemas & Cetak
  • Klik tombol Kemas & Cetak
  • Muncul pop yang berisi daftar pesanan yang akan dicetak resinya
  • Pada Pilih Cetak, pilih Resi Pengiriman
  • Jika ingin mencetak resi dan langsung kirim paket, klik tombol Cetak & Kirim
  • Klik tombol OK yang berada diatas tombol Cetak Saja
  • Akan muncul menu print preview resi lazada di jendela baru
  • Klik icon printer atau tombol Cetak hingga muncul jendela print preview
  • Pilih printer Xprinter dan atur ukuran kertas ke A6 atau sesuai pengaturan kertas yang telah dibuat sebelumnya untuk mencetak resi atau label
  • Klik Print untuk mulai mencetak resi lazada
  • Jika ingin mencetak resi saja, klik tombol Cetak Saja
  • Akan muncul menu print preview resi lazada di jendela baru
  • Klik icon printer atau tombol Cetak hingga muncul jendela print preview
  • Pilih printer Xprinter dan atur ukuran kertas ke A6 atau sesuai pengaturan kertas yang telah dibuat sebelumnya untuk mencetak resi atau label
  • Klik Print untuk mulai mencetak resi lazada

Demikian tips tentang Cara Setting Printer Thermal Xprinter XP-420B untuk Print Resi Shopee, Tokopedia, Lazada. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Let's share this article with your friends!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Keep scrolling to see content
close