Cara Mengatasi Set Top Box TV Digital Tidak Ada Sinyal untuk STB Matrix, Evercoss, Sanex

Cara Mengatasi Set Top Box TV Digital Tidak Ada Sinyal - Set top box TV Digital memang sangat berguna sekali saat ini, mengingat siaran TV analog sudah mulai di nonaktifkan di Indonesia.

Cara pemasangan yang mudah dan siaran TV Digital yang dihasilkannya memiliki kualitas yang jauh lebih baik, membuat masyarakat Indonesia beramai-ramai membeli set top box di toko-toko elektronik maupun marketplace.

Meskipun begitu, ternyata ada saja permasalahan ketika menggunakan set top box tv digital ini, diantaranya yaitu muncul pesan no signal ketika ingin membuka saluran TV.

Apa penyebab set top box tidak ada sinyal ini? Bagaimana cara mengatasi sinyal hilang di set top box? Apakah perlu mengganti set top box dengan yang baru?

Simak ulasannya.

Penyebab Set Top Box Tidak Ada Sinyal

Meskipun set top box merupakan salah satu perangkat yang cukup canggih, akan tetapi permasalahan seperti tidak ada sinyal ini lumrah terjadi.

Diantara penyebab stb tidak ada sinyal adalah sebagai berikut.

1. Antena TV Tidak Terpasang dengan Benar

Antena TV  merupakan kunci penerimaan sinyal digital untuk set top box yang outputnya ditampilkan di TV.

Jika antena tidak terpasang dengan benar maka penerimaan sinyalnya pun tidak akan maksimal.

2. Antena TV Tidak Support

Saat ini memang sudah banyak sekali macam-macam antena TV, akan tetapi tidak menutup kemungkinan pula antena tv yang digunakan mungkin versi yang lama sekali atau jadul.

Antena tv lama yang tidak mendukung penerimaan sinyal UHF akan menjadi salah satu hal spele yang menyebabkan set top box menjadi tidak ada sinyal.

3. Koneksi Kabel Antena ke Set Top Box Bermasalah

Faktor lain penyebab stb tidak ada sinyal adalah koneksi kabel antena ke set top boxnya yang bermasalah.

Koneksi buruk dari antena ke set top box menyebabkan hilangnya sinyal yang akan membuat siaran TV gagal ditampilkan.

Baca juga Cara Setting Set Top Box Matrix Apple HD Merah

4. Setting Set Top Box Tidak Benar/Tidak Sesuai

Selain faktor perangkat eksternal, stb tidak ada sinyal juga bisa disebabkan oleh pengaturan set top box yang tidak benar.

Untuk itu perlu dilakukan pengecekan terhadap setting set top box, mungkin saja yang terlewat, atau tidak disetting dengan benar.

Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal

Perlu diketahui bahwa permasalahan stb tidak ada sinyal ini bisa saja terjadi di berbagai merk set top box seperti stb matrix, tanaka, sanex, evercoss, evinix, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi tidak ada sinyal pada set top box tv digital

1. Cek Kondisi Antena TV

Agar sinyal tv digital dapat diterima maksimal dan terhindar dari tidak ada sinyal, pastikan antena TV sudah terpasang dengan benar.

Untuk itu, pastikan hal-hal seperti berikut.

  • Pastikan antena dalam kondisi baik, tidak ada bagian antena yang copot atau rusak, dan bagian IC atau MCB di antena masih dalam keadaan baik.
  • Pastikan posisi antena sudah benar agar sinyal TV Digital dapat diterima secara maksimal
    • Jika menggunakan antena berbentuk panjang atau cekung, maka posisi antena yang benar adalah seperti berikut.
    • Jika menggunakan antena berbentuk kotak atau yang lainnya, pastikan posisi penempatannya sesuai petunjuk yang tertera dari tiap-tiap merk antena.
  • Pastikan arah antena sudah benar. Arah antena yang benar adalah mengarah ke relay TV terdekat.

    Jika berada di wilayah perkotaan, hal ini tentu tidak menjadi masalah karena relay TV biasanya sudah banyak. Tetapi jika berada di wilayah yang jauh dari perkotaan, posisi relay ini sangat menentukan untuk mendapatkan sinyal digital secara maksimal.

    Jika tidak mengetahui posisi relay TV terdekat, cek dengan menggunakan aplikasi sinyalTVdigital untuk mengetahui lokasinya, lalu arahkan antena ke lokasi tersebut.

  • Untuk mendapatkan hasil penerimaan sinyal tv digital terbaik, sebaiknya gunakan antena TV UHF outdoor.

    Antena TV Outdoor cocok digunakan untuk berbagai wilayah, termasuk wilayah perkotaan dan pedesaan.

    Penggunaan antena TV outdoor ini juga disarankan oleh tiap-tiap produsen set top box dalam buku manual atau panduan penggunaan set top box nya

2. Cek Kualitas dan Kesesuaian Antena TV

Siaran TV Digital menggunakan antena UHF sebagai penerima sinyalnya, jadi pastikan bahwa antena yang digunakan merupakan antena UHF.

Jika masih menggunakan antena TV yang mungkin tidak mendukung penerimaan sinyal UHF, maka sebaiknya sobat dmiftah menggantinya dengan antena UHF yang baru.

Baca juga Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik 2022

3. Cek Koneksi Kabel Antena ke Set Top Box

Setelah antena TV dipastikan dalam kondisi baik, selanjutnya cek koneksi kabelnya.

  • Cek kabel yang terhubung ke IC atau MCB antena. Kabel tersebut bisa saja menjadi longgar akibat terpaan angin. Selain itu, cek juga kabel yang terhubung ke booster (jika ada).
  • Cek kondisi kabel antena dari kemungkinan terjadinya kerusakan seperti kabel yang sudah mulai terkelupas, atau adanya kabel yang terputus.
  • Sebaiknya hindari penggunaan sambungan pada kabel antena agar transmisi sinyal berjalan maksimal.
  • Cek kondisi jack kabel yang terhubung ke set top box. Jack kabel antena ini rawan lepas jika sering dibuka atau dipindahkan.
Baca juga Cara Setting Set Top Box Evercoss DVB-T2

4. Cek Kabel Output Video Set Top Box

Kabel HDMI ataupun kabel RCA sebagai media penghubung set top box ke TV perlu juga di cek kondisinya.

Kabel yang memiliki kondisi yang tidak baik dapat menyebabkan transmisi data ke set top box tidak optimal.

  • Pastikan kabel HDMI atau kabel RCA telah terpasang dengan benar dan coba buka lipatan atau ikatan kabel jika perlu.
  • Cek juga pada bagian ujung kabel. Bagian ini merupakan bagian yang rawan mengalami kerusakan seperti kulit kabel yang terkelupas, atau kabel terputus akibat terlalu sering di cabut-pasang.
  • Jika perlu, cek dengan menggunakan kabel HDMI atau kabel RCA lain untuk memastikan bahwa kabel tersebut masih layak pakai atau tidak.

5. Cek Setting Set Top Box

Beberapa setting atau pengaturan di set top box juga berpengaruh terhadap siaran TV Digital yang ditampilkan di layar TV.

Beberapa pengaturan set top box yang bisa dicek ketika di TV muncul pesan tidak ada sinyal adalah sebagai berikut.

Update Saluran TV

Saluran yang berpindah frekuensi juga bisa menyebabkan munculnya pesan "tidak ada sinyal" ketika ingin menonton TV.

Cobalah untuk mengupdate saluran TV dengan melakukan pemindaian secara manual atau jika perlu lakukan pemindaian secara otomatis untuk memindai semua saluran secara keseluruhan.

Cek Setting Resolusi Video di Set Top Box

Saat ini hampir semua set top box sudah support hingga resolusi Full HD 1080p, akan tetapi resolusi tersebut belum tentu cocok untuk TV dan metode output yang digunakan.

Setiap set top box sudah dilengkapi dengan pengaturan resolusi video yang bisa dipilih untuk mengoptimalkan tampilan video ke TV.

Tentunya setiap set top box pengaturan ini letaknya berbeda-beda. Misal jika pada stb Matrix Apple HD Merah pengaturan resolusi ini bisa dibuka di menu "Gambar" lalu pilih menu "Resolusi"

Di pilihan resolusi tersebut terlihat banyak pilihan dari mulai resolusi terendah hingga tertinggi.

  • Jika menggunakan kabel RCA sebagai output video ke TV, pastikan resolusi yang dipilih maksimal 570p
  • Jika menggunakan kabel HDMI sebagai output video ke TV, resolusi bisa dipilih hingga resolusi tertinggi seperti 1080p atau 1080i.

Tetapi disebagian TV ataupun set top box ada juga yang tetap tidak support menggunakan resolusi 1080p meskipun menggunakan kabel HDMI.

Jika seperti itu, coba ubah ke resolusi rendah selain 1080p agar tampilan siaran TV terlihat dan tidak lagi muncul pesan "Tidak ada sinyal" atau "No Signal".

Baca juga Cara Setting Menyambungkan Set Top Box Ke Internet Tanpa Wifi Dongle

6. Lakukan Factory Reset

Factory reset merupakan langkah untuk mengembalikan sistem set top box ke kondisi awal dimana belum dilakukan setting apapun.

Langkah ini bisa menjadi solusi permasalahan set top box karena bisa saja terdapat beberapa pengaturan yang telah dilakukan akan tetapi malah malah mengakibatkan malfungsi atau bug pada sistem set top box.

Untuk melakukan Factory Reset langkah-langkahnya tergantung dari pengaturan tiap merk set top box.

Umunya menu Factory Reset ini berada pada menu Sistem.

Perlu diingat bahwa langkah ini akan menghapus semua pengaturan termasuk semua saluran yang sebelumnya telah di scan dan disimpan.

7. Upgrade Software Set Top Box

Langkah terakhir untuk mengatasi masalah tidak ada sinyal di set top box adalah dengan cara melakukan upgrade software/firmware set top box.

Setiap set top box sudah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan upgrade software atau firmwarenya.

Metode upgrade ini biasanya tergantung dari tiap merk set top box, ada yang hanya mendukung upgrade secara offline dengan menggunakan file update, ada juga yang menyediakan fitur untuk mengupdate secara online dengan terhubung ke internet.

Demikian tips tentang Cara Mengatasi Set Top Box TV Digital Tidak Ada Sinyal. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya. 

Let's share this article with your friends!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Keep scrolling to see content
close