Cara Mengeluarkan Semut dari Laptop/Monitor/Printer/TV LED

Cara Mengeluarkan Semut dari Laptop, Monitor, Printer, dan TV LED - Semut yang masuk kedalam perangkat elektronik terkadang membuat kita kesal. Mungkin jika hanya satu atau dua semut saja tidak masalah. Tetapi kalau semutnya banyak dan berkumpul, ya mau gak mau kita harus mengeluarkan semut itu baik dari laptop, monitor, ataupun perangkat lainnya.

Karena selain mengganggu pemandangan, semut yang bersarang dalam perangkat seperti laptop, monitor, printer, maupun TV LED nyatanya bisa menimbulkan kerusakan yang serius jika dibiarkan terlalu lama. 

Semut sejatinya adalah serangga kecil yang hidup berkoloni dan menyukai makanan manis. Habitat asli semut biasanya dalam bentuk sarang dibawah tanah, dibawah batu, di pohon atau batang pohon berlubang, atapun di bawah bangunan yang terbuat dari pasir/kerikil.

Jika semut sudah betah bersarang di perangkat elektronik seperti layar monitor, layar laptop, MCB laptop, Printer, TV LCD atau LED sebaiknya sobat harus cepat mengeluarkan semut-semut tersebut dengan cara yang tepat agar perangkat tetap masih bisa berfungsi normal.

Penyebab Semut Masuk dan Bersarang di Laptop, Monitor, atau Perangkat Lain

  • Sumber Makanan

    Salah satu penyebab semut masuk ke laptop, monitor atau perangkat lainnya adalah adanya sumber makanan. Sumber makanan tersebut biasanya berupa sisa-sisa makanan yang berceceran di sekitar laptop, komputer, TV, atau perangkat lainnya.

    Sisa makanan ini memancing semut datang untuk memakannya lalu semut membawa makanan tersebut pindah ke benda lain didekatnya.

  • Terdapat Sarang Semut di Sekitar Perangkat

    Adanya sarang semut di sekitar perangkat juga bisa menjadi penyebab semut masuk ke laptop, monitor, atau TV LED. Semut merupakan serangga yang aktif mencari makanan dan menjelajahi area disekitarnya, termasuk jika laptop atau monitor sobat berada didekatnya

  • Relief Perangkat yang mirip dengan Sarang Semut

    Semut menyukai relief atau bentuk lingkungan yang berongga, sesuai dengan bentuk sarangnya. Relief pada bagian dalam laptop, monitor, TV LED dan perangkat elektronik lainnya yang mirip ini menjadi daya tarik tersendiri untuk semut hingga senang berada di dalamnya.

    Selain itu ada juga jenis semut tertentu seperti rasbery crazy ant yang memang menyukai alat listik dan elektronik. Kenapa semut ini suka barang eletronik? Sepertinya ini dikarenakan suhu didalam laptop yang hangat dan lingkungannya gelap, sehingga membuat semut merasa aman dan nyaman tinggal didalamnya.

Cara Mengeluarkan Semut dari Laptop, Monitor, Printer dan TV LCD/LED

Agar terhindar dari kerusakan, semut yang masuk kedalam PCB laptop, monitor atau perangkat elektronik lainnya harus segera dikeluarkan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi perangkat yang kemasukan semut ini.

  1. Nyalakan Perangkat Beberapa Lama

    Cara mengeluarkan semut yang paling mudah adalah dengan menyalakan laptop, monitor, printer, atau perangkat lainnya. Biarkan perangkat sobat menyala dalam waktu yang cukup lama hingga suhu pada perangkat menjadi lebih hangat atau sedikit panas.

    Biasanya semut akan merasa tidak nyaman jika suhu di area sekitarnya menjadi panas dan akan membuat semut keluar dari laptop dengan sendirinya.

    Sebagai tips tambahan jika menggunakan trik ini untuk mengeluarkan semut, matikan AC jika perangkat elektronik berada pada ruangan berpendingin/AC.

  2. Jemur di Terik Matahari

    Cara mudah berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan semut ini adalah dengan cara menjemur laptop, monitor, printer, atau TV LED yang kemasukan semut dibawah sinar matahari terik. Baca juga Cara Sharing Printer pada Windows 10

    • Letakkan perangkat dibawah sinar matahari terik selama 5-10 menit.
    • Ketuk-ketuk setiap sudut laptop atau monitor untuk menakuti semut agar keluar
    • Untuk laptop, disarankan untuk mengeluarkan atau mencabut baterainya terlebih dahulu untuk mengindari baterai meledak akibat suhu baterai yang panas
  3. Daftar Harga Laptop Murah Terbaru
  4. Gunakan Hair Dryer

    Untuk mengeluarkan semut dari layar monitor, laptop, atau TV LED, sobat dmiftah juga bisa menggunakan hair dryer. Tapi hati-hati, jika menggunakan hair dryer ini harus dilakukan dengan cara yang benar agar tidak menimbulkan kerusakan.

    Sobat dmiftah harus memastikan hawa panas dari Hair Dryer ini tidak langsung mengarah ke komponen elektronik. Untuk itu, gunakan kain sebagai penghalang dari hair dryer sebelum digunakan.

    Arahkan hair dryer ke tempat yang banyak di tempati semut. Untuk layar laptop, monitor, atau TV LED, arahkan hair dryer ke jalan masuk semut atau lubang belakang perangkat. Dmiftah tidak menyarankan di arahkan ke layar langsung.

    Menggunakan hair dryer tujuan utamanya adalah untuk membuat suhu didalamnya menjadi lebih hangat atau sedikit panas. Jadi dengan mengarahkan udara panas hair dryer ke lubang belakang perangkat saja sudah cukup membuat semut tidak betah dan keluar dengan sendirinya.

  5. Gunakan Kapur Pembasmi Serangga

    Jika semut masih berlalu-lalang di sekitar perangkat, cara ini cukup ampuh, murah, dan mudah dalam mengeluarkan semut.

    Goreskan kapur pembasmi serangga di jalan masuk semut agar semut yang melewatinya akan mati. Tetapi cara ini tidak begitu efektif untuk semut yang sudah betah bersarang di laptop, printer, monitor, atau perangkat lainnya.

    Jangan lupa untuk segera mencuci tangan setelah menggunakan kapur pembasmi serangga ini.

  6. Gunakan Kapur Barus

    Kapur barus atau yang lebih kita kenal dengan istilah kamper ini memiliki aroma yang khas dan kuat (menyengat). Sobat dmiftah juga bisa menggunakan kapur barus ini untuk mengeluarkan semut dari laptop, monitor atau TV LED sobat.

    Untuk mengeluarkan semut dari laptop, atau monitor dengan menggunakan kapur barus, ikuti langkah berikut.

    • Siapkan 2 sampai 4 butir kapur barus. 
    • Masukkan laptop, monitor, TV LED, atau printer yang didiami semut kedalam dus atau wadah tertutup lainnya lalu letakan kapur barus tersebut di dalamnya.
    • Tutup dan biarkan hingga semut keluar dengan sendirinya.
    • Jangan lupa untuk memberi lubang atau jalan keluar agar semut bisa keluar.

    Cara mengeluarkan semut dengan teknik ini biasanya hasilnya bervariatif, tergantung banyaknya semut yang besarang. Jika semutnya banyak biasanya perlu 2 atau 3 hari hingga semua semut telah keluar dari laptop atau monitor.

  7. Simpan Laptop, Monitor, atau Perangkat lainnya diatas Genangan Air

    Sebenarnya cara ini tidak begitu jelas teorinya seperti apa, tetapi pada sebagian kasus, menggunakan genangan air ini cukup ampuh untuk mengeluarkan semut dari laptop, atau monitor sobat.

    Seperti halnya menyimpan susu kaleng dalam mangkok yang berisi air, cara ini juga bisa dilakukan untuk monitor atau laptop yang dimasuki semut.

    • Siapkan wadah seperti baskom air atau yang lainnya yang cukup untuk menampung air dan cukup lebar untuk menyimpan perangkat elektronik.
    • Siapkan benda lain untuk dijadikan tatakan agar laptop, monitor, atau perangkat lain sobat tidak langsung menyentuh air
    • Letakan perangkat diatas tatakan
    • Berikan jalur atau jalan untuk semut keluar melewati air dalam wadah misal dengan menyimpan lidi atau benda lainnya.
    • Hati-hati! Pastikan agar perangkat tidak goyang yang bisa menyebakan bergeser dan jatuh ke air, karena jika perangkat malah jatuh ke genangan air, ambyaaar lah sudah 😂
    • Tunggu dan biarkan semut keluar dari laptop atau  monitor sobat.
    • Jika langkah ini masih belum berhasil juga untuk mengeluarkan si semut, coba lakukan tips selanjutnya.
  8. Buka atau Bongkar Perangkat

    Langkah terakhir untuk mengatasi semut masuk kedalam laptop, monitor, printer, dan TV LED ini adalah dengan cara membongkarnya.

    • Buka setiap baut atau pengunci perangkat seperti laptop, monitor, printer, maupun TV LED sobat hingga casingnya berhasil dibuka
    • Pastikan untuk mengingat posisi semua komponen perangkat yang dibuka. Jika perlu, foto dengan ponsel
    • Bersihkan komponen dari semut dengan cara menyapunya dengan kuas kecil.
    • Pastikan semua komponen telah dibersihkan termasuk di semua sisi komponen dan sudut-sudutnya.
  9. Mengeluarkan semut dari laptop atau monitor dengan cara ini, perangkat sobat akan aman dari semua semut yang bersarang termasuk semut yang sudah mati di dalam ataupun telur semut yang sudah mengering.

    Kekurangannya, cara ini hanya dilakukan jika sobat dmiftah benar-benar sudah bisa atau ahli untuk membongkar perangkat. Karena seperti membuka atau membersihkan CPU Fan, membuka komponen elektronik membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Baca juga Cara Mengatasi CPU Fan Error atau Rusak

    Alih-alih perangkat bersih dari semut, eh berujung rusak dan matot. Akhirnya ke tempat service juga. 😁

Tips dalam Mengeluarkan Semut dari Laptop, Monitor, Printer, atau TV LED

Hindari menabur makanan diluar perangkat dengan tujuan untuk memancing semut keluar dari laptop atau monitor. Walaupun cara seperti ini masuk logika, tetapi dengan menabur makanan tersebut sebenarnya hanya akan mengundang semut-semut lainnya datang sehingga jumlah semut malah semakin bertambah.

Hindari menaburkan garam ke bagian dalam laptop, monitor, printer atau perangkat sobat lainnya untuk mengusir semut. Faktanya, kristal garam yang dimasukkan tersebut lama kelamaan akan mencair, sehingga jika terkena komponen akan menimbulkan korosi atau timbulnya karat yang akan menyebabkan kerusakan pada perangkat

Cara Melakukan Pencegahan Agar Semut Tidak Masuk Ke Laptop dan Perangkat lainnya

Untuk menghalau atau mencegah masuknya semut kedalam perangkat elektronik, ada beberapa tips yang sebaiknya sobat dmiftah lakukan.
  • Hindari makan atau membawa makanan di sekitar laptop, monitor, komputer, printer atau TV LED. Sisa-sisa makanan yang berceceran akan mengundang semut untuk datang meskipun bukan makanan yang mengandung gula atau bersifat manis. Kebiasaan seperti ini biasanya dilakukan ketika sobat menonton film di laptop sambil ngemil 😛
  • Pastikan jari tangan sobat dalam keadaan bersih sebelum menggunakan perangkat, terutama dari bekas makanan yang manis
  • Jangan rekatkan atau tempelkan perangkat seperti komputer, printer, TV LED langsung ke tembok. Beri jarak agar meja atau tempat menyimpan perangkat tidak terlalu mepet atau menempel.
  • Goreskan kapur pembasmi serangga pada kaki meja. Tujuannya agar semut atau serangga lain yang akan mendekati perangkat akan mati.
  • Jagalah kebersihan. Ruangan yang kotor akan mengundang banyak serangga dan hewan-hewan lain untuk datang dan bersarang.
  • Cek sarang semut atau sarang serangga lainnya di sekitar perangkat, karena bukan tidak mungkin di area yang bersih sekalipun serangga akan tetap bersarang.

Demikian tutorial tentang  Cara Mengeluarkan Semut dari Laptop/Monitor/Printer/TV LED. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close