Rudy Salam: Aktor Senior Sekaligus Kakak Roy Marteen Meninggal Dunia

Rudy Salam: Aktor Senior Sekaligus Kakak Roy Marteen Meninggal Dunia - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan. Aktor senior Rudy Salam dikabarkan meninggal pada hari Jumat (18/11/2022) pagi.

Kabarnya, Rudy Salam meninggal akibat vertigo yang dideritanya. Menurut penuturan dari pihak keluarga, mereka sempat membawanya ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis, namun sayang Rudy Salam meninggal ketika masih dalam perjalanan.

Pihak keluarga juga menjelaskan bahwasanya Rudy Salam sebelumnya tidak mengalami sakit secara fisik.

Marina Gardena, istri Rudy Salam menjelaskan bahwa selama tujuh tahun terakhir Rudy Salam hari-harinya berkutat dengan permasalahan kesehatan mental. 

Baca juga Cara Setting Set Top Box Sanex TV Digital DVB-T2

Dia juga menyebutkan bahwa Rudy Salam ini mengalami depresi.

"Dia itu sebetulnya depresi sudah tujuh tahun. Sudah nggak bisa jalan, dia memang di rumah aja gitu. Kalau dibilang sakitnya apa ya nggak ada," ujar Marina Gardena di rumah duka, Jumat (18/11/2022).

Marina Gardena juga menambahkan, kondisi Rudy Salam sebetulnya baik-baik saja, bahkan hingga 2 hari sebelum meninggalpun begitu.

Tetapi memang ada perubahan intensitas aktivitasnya.

Rudy Salam lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dan beraktivitas kecil di rumah saja. Sudah sejak dua hari lalu pola makan Rudy Salam agak berbeda dari hari-hari sebelumnya.

Meskipun begitu dengan kepergian Rudy Salam secara tiba-tiba ini, pihak keluarga tidak mengklaim bahwa ini erat kaitannya dengan depresi yang dideritanya.

"Dibilang sakit ya nggak juga ya, kemarin-kemarin ya biasa aja. Dropnya dua hari yang lalu, mungkin sudah mulai nggak makan, tidur-tidur, ya tadi pagi tahu-tahu pergi gitu aja," imbuh Marina Gardena.

"Nggak ada yang tahu (pemicu depresi) karena Mas Rudy ini orangnya introvert. Jadi dia senang humor atau apa tapi kalau pribadinya sendiri sebenarnya dia introvert," ujar Chris Salam, salah satu anggota keluarga Rudy Salam.

Baca juga Cara Mengatasi Set Top Box Matrix, Evercoss, Pioline, Advance Tidak Ada Sinyal

Kronologi Meninggal Aktor Kawakan Rudy Salam

Chris Salam, selaku adik almarhum menyebutkan bahwa kakaknya itu sudah sakit selama tiga tahun terakhir, hanya bisa berbaring dan tidak ingin bergerak banyak melakukan aktivitas.

"Motoriknya, ya waktu itu kan vertigo. Dia [Rudy Salam] merasa lebih enak tidur," kata adik Rudy, Chris Salam, di rumah duka Cikini.

"Lama kelamaan masa ototnya hilang, kaku, dia sulit bergerak," lanjutnya.

Chris Salam juga mengatakan bahwa Rudy enggan untuk bergerak kemana-mana dan lebih banyak mengurung diri di rumah. 

Dalam kesehariannya, Rudy Salam masih terlihat berusaha ceria dan masih bisa tertawa. Tetapi keluarga memperhatikan bahwa kondisi Rudy terus menurun seiring berjalannya waktu.

Kondisi kesehatannya yang terus menurun tersebut juga membuat semangat hidup Rudy Salam kian memudar.

Terlebih lagi disebutkan bahwa Rudy Salam enggan terbuka dengan kondisinya kepada orang lain sehingga Chris pun tak mengetahui persis apa yang membuat Rudy "pesimis" untuk tetap bisa sehat.

Sementara itu, istri Rudy Salam, Marina Gardena mengatakan bahwa sang aktor senior tersebut kemarin sempat tidur seperti biasanya. Namun sesuatu yang berbeda terjadi di Jumat pagi.

Baca juga Cara Menyambungkan Set Top Box ke Internet Tanpa Dongle Wifi

"Kemarin dia tidur seperti biasa. Masih bisa makan, karena biasa begitu. Tadi pagi kok beda, matanya agak kosong. Aduh cepat-cepat kita bawa ke rumah sakit," kata Marina.

"Dibilang sakit ya enggak juga ya, kemarin-kemarin ya biasa aja. Dropnya dua hari yang lalu, mungkin sudah mulai enggak makan, tidur-tidur, ya tadi pagi tahu-tahu pergi gitu aja," tambah Marina Gardena.

"Pas di jalan ke RS, udah enggak ada. Padahal jarak antara rumah ke rumah sakit itu dekat sekali," timpal Chris.

Rudy Salam meninggal di usianya 73 tahun, pada Jumat (18/11). Menurut pengumuman duka, aktor tersebut meninggal pada pukul 06.04 pagi. 

Usai disemayamkan di rumah duka, jenazah akan diberangkatkan ke kampung Rudy di Salatiga.

Rencananya, penutupan peti jenazah akan dilakukan pada Sabtu (19/11) pukul 14.00 WIB di Salatiga yang kemudian akan dilanjutkan dengan kremasi.

"Tuhan yang memberkati, Tuhan pula yang mengambil. Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Suami/papa/opa dan saudara kami tercinta, Rudi Salam, pada Jumat 18 November 2022 jam 06.04 WIB di RS. Harum," tulis Runa Salam, anak Rudi Salam di akun Instagram miliknya, Jumat (18/11).

Baca juga Harga dan Fitur-fitur Kulkas Smart Inverter LG

Sosok Rudy Salam

Siapa sebenarnya Rudy Salam ini?

Rudy Salam atau yang memiliki nama lengkap Rudy Sutantio Abdul Salam ini lahir pada 3 Desember 1948 di Salatiga, Jawa Tengah.

Rudy Salam adalah seorang pendeta, aktor, model, dan penyanyi yang banyak berkiprah di dunia hiburan sejak 1977 hingga 2015-an.

Beliau merupakan kakak dari aktor senior pula, Roy Marten dan Chris Salam, serta merupakan paman dari Gading Marten dan Gibran Marten.

Karirnya dalam dunia hiburan sudah banyak sekali. Beberapa film yang dibintangin bahkan sangat populer di masanya.

Let's share this article with your friends!

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Keep scrolling to see content
close