Cara Menggunakan Fitur Find pada Microsoft Word

Dalam membuat suatu dokumen di Microsoft Word tentu saja sebuah kesalahan selalu saja ada. Salah mengetik, salah format penulisan, hingga diperlukannya penggantian terhadap teks tertentu yang dirasa tidak perlu. Untuk mengatasi hal ini kita tidak perlu bingung dan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perbaikan secara manual. 

Microsoft Word mempunyai fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan mengatasinya. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah Find.

Mengenal Apa Itu Find dalam Microsoft Word

Jika suatu saat ingin mencari kata-kata tertentu pada sebuah dokumen yang terdiri dari banyak halaman, bukanlah hal yang efektif jika dilakukan manual dengan cara scroll dari awal hingga akhir dokumen. Mencari kata-kata dengan cara ini hanya akan menghabiskan banyak waktu dan belum lagi memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.

Bayangkan saja jika dalam sebuah dokumen Microsoft Word terdapat 5000 kata, mata dan jari harus difokuskan mencari beberapa kata saja untuk diperbaiki, tentu ini sangat melelahkan.

Belum lagi setiap pencarian tidak hanya dilakukan sekali karena untuk meminimalkan human error, takutnya ada beberapa yang terlewat. Tentu ini sangat menguras waktu.

Dan disinilah fitur Find berperan. Find merupakan fitur dalam Microsoft Word untuk melakukan pencarian dalam dokumen secara menyeluruh.

Ada 2 cara yang bisa digunakan dalam memanfattkan fitur Find. Pertama Find digunakan untuk melakukan pencarian secara cepat, dan yang kedua adalah melakukan pencarian dalam tingkat lanjut atau disebut Advanced Find. 

Cara Membuka dan Menggunakan Find

Cara Menggunakan Fitur Find untuk Pencarian Cepat

Untuk membuka menu Find di Microsoft Word, ikuti langkah berikut

  • Klik menu Home
  • Klik icon Find pada toolbar grup Editing (icon berbentuk kaca pembesar). Atau sobat juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah yaitu dengan menekan shortcut keyboard CTRL+F. Baca juga: Daftar lengkap Shortcut Keyboard Microsoft Word 
  • Arahkan kursor pada kolom Search lalu masukkan kata atau kalimat yang ingin di cari. Selanjutnya hasil pencarian akan langsung terlihat tanpa perlu menekan tombol Enter.
  • Jika ditemukan, halaman akan lompat ke hasil pencarian pertama yang ditemukan dan kata hasil pencarian akan ditandai dengan blok berwarna kuning.
  • Klik hasil pencarian pada daftar hasil sehingga akan langsung dialihkan ke halaman yang mengandung kata yang dicari

Cara Menggunakan Fitur Find untuk Pencarian Lebih Lengkap (Advanced)

Fitur Advanced Find digunakan untuk melakukan pencarian kata atau kalimat dengan menerapkan kriteria tertentu untuk hasil yang lebih spesifik. Ini sangat berguna sekali jika dalam sebuah dokumen terdapat banyak hasil pencarian yang muncul, akan tetapi pencarian yang diinginkan hanya yang memiliki kriteria tertentu saja.

Untuk membuka menu Advanced Find di Microsoft Word, ikuti langkah berikut

  • Klik tombol tanda panah ke bawah pada icon Find pada Toolbar.
  • Pilih Advanced Find hingga kotak dialog Find and Replace muncul.
  • Masukkan kata yang ingin di cari pada kolom Find what.
  • Klik tombol More >> untuk menampilkan pilihan-pilihan tambahan pada fitur Find.
    • Pada kriteria Search terdapat 3 pilihan untuk menampilkan hasil pencarian kata, yaitu Down yang mengurutkan hasil pencarian dari atas ke bawah, Up yang mengurutkan hasil pencarian dari bawah ke atas, dan All yang mengurutkan hasil pencarian dari atas kebawah lalu jika sudah berada pada hasil pencarian di dokumen paling akhir, maka hasil pencarian akan diulangi dari atas, terus berulang.
    • Pilihan Match case bisa dipilih jika ingin mencari kata berdasarkan case sensitive atau berpengaruh pada penggunaan huruf kapital atau non kapital dari teks yang dicari
    • Pilihan Find whole words only bisa dipilih jika ingin menampilkan hasil pencarian dari kata atau kalimat yang sama persis dengan kata yang dimasukkan di kolom pencarian.
    • Pilihan Use wildcards digunakan untuk mencari dengan menggunakan karakter khusus atau simbol-simbol tertentu.
    • Pilihan Sounds like (English) digunakan untuk mencari kata yang pelafalan/pengucapan-nya sama dengan apa yang diketik. Pilihan ini hanya bisa mendukung kata yang berbahasa inggris saja.
    • Pilihan Find all word forms (English) digunakan untuk menampilkan semua bentuk kata kerja yang berkaitan dengan kata tersebut. Pilihan ini hanya mendukung bahasa inggris saja.
    • Pilihan Match prefix digunakan untuk menampilkan semua kata yang memiliki awalan huruf yang sesuai dengan kata yang dicari.
    • Pilihan Match suffix digunakan untuk menampilkan semua kata yang memiliki akhiran huruf yang sesuai dengan kata yang dicari.
    • Pilihan Ignore punctuation characters digunakan untuk tetap menampilkan kata yang dicari meskipun terdapat tanda baca seperti tanda kurung, koma, dll.
    • Pilihan Ignore white-space characters digunakan untuk menampilkan hasil pencarian meskipun ada jarak spasi maupun tab di antara kata tersebut.
    • Selain beberapa pilihan diatas, Advanced Find juga menyediakan pilihan kriteria lain untuk hasil yang lebih spesifik lainnya, yaitu pencarian yang disesuaikan dengan format atau pengaturan font, pengaturan paragraf, tabs, language, frame, style, highlight, serta beberapa pengaturan spesik lainnya pada tab special.
  • Klik tombol Find Next untuk mulai melakukan pencarian.

Demikian tutorial Cara Menggunakan Fitur Find pada Microsoft Word. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasannya terbaru lainnya.

Jika ada yang perlu ditanyakan atau perlu dikoreksi, silahkan tulis di kolom komentar.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close