Sejauh Apa Kamu Mengenal Laptop?

Halo sobat dmiftah! Apa kabar? Mudah-mudahan sehat ya.

Pada kesempatan kali ini dmiftah akan membagikan ulasan tentang Sejauh apa kamu mengenal Laptop? Simak ulasannya ya.

Laptop merupakan perangkat yang sudah sangat familiar di semua kalangan. Punya laptop atau tidak, hari gini gak kenal laptop pasti dianggap datang dari zaman batu 😁

Pengertian Laptop

Menurut Wikipedia, Komputer jinjing atau yang lebih dikenal dengan istilah laptop ini adalah komputer pribadi dengan ukuran yang relatif kecil dan ringan. Bobot laptop yang berkisar antara 1,5 - 3 kg ini memberikan kemudahan bagi pemiliknya agar perangkat ini bisa dibawa kemana-mana tanpa ribet. Laptop juga menggunakan baterai sebagai sumber dayanya sehingga penggunaanya tidak harus langsung disambungkan ke sumber listrik.

Sejarah Laptop

Berbicara soal sejarah, laptop memiliki cerita yang cukup unik. Kemunculan laptop sendiri merupakan sebuah proses panjang. Berawal dari sebuah gagasan Alan Key, seorang ilmuan komputer Amerika yang kemudian pada akhirnya laptop pertama kali dibuat oleh Adam Osborne pada tahun 1975.

Foto: wikipedia

Nama perangkat laptop yang pertama kali  diciptakan tidaklah begitu keren seperti yang banyak beredar sekarang ini. Perangkat tersebut dinamai IBM Portable PC 5100.  Dan memang bukanlah laptop sebutannya saati itu melainkan hanya Komputer Portabel.

Tapi tahukah kamu kalau bobot laptop pertama ini sampai 10x dari bobot laptop sekarang? Ya. Bobot IBM Portable PC 5100 ini sekitar 24 kg.  Kebayang dong bawanya gimana :D Dan lebih mengejutkannya lagi komputer portabel ini dihargai US$ 19,975 atau sekitar 284 juta pada saat itu. Fantastis sekali kan.

Jenis-jenis Laptop

Sebenarnya istilah laptop ini merupakan istilah dalam skala luas atau umum. Orang-orang khususnya orang Indonesia yang anti ribet, memukul rata istilah laptop untuk semua jenisnya. Padahal dalam kemunculannya di pasaran, laptop ini terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

Netbook

Netbook merupakan sebutan untuk laptop berukuran kecil. Lah tapi kan laptop memang kecil? Ya kecil disini maksudnya dengan desain dan perangkat yang lebih minimalis. 

Netbook biasanya berupa laptop yang memiliki layar dibawah 12", ya lebih mungil dari laptop biasanya. Netbook juga menggunakan Intel Atom atau yang setara untuk processornya. Selain itu, netbook tidak dilengkapi dengan DVD-ROM atau DVD-RW, ya walaupun sekarang-sekarang notebook pun sudah tidak lagi mementingkan ketersediaan perangkat ini.

Kelebihan Netbook secara umum adalah lebih praktis karena dengan ukuran yang mini, lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Menyimpannya di tas sekolah pun sudah cukup, dan lebih ringan tentunya jika dibandingkan dengan notebook.

Namun kekurangannya, karena netbook ini hanya dibekali dengan processor sekelas intel atom, penggunaannya pun tidak bisa untuk aplikasi dan pekerjaan yang lumayan berat. Ya kalo untuk sekedar ngetik dan mengerjakan tugas, lancar. Karena memang processor intel atom ini termasuk kelas low end (dalam hal pekerjaan/kecepatan) dan ditujukan agar lebih hemat daya.

Notebook

Sepertinya sudah tidak perlu banyak dijelaskan lagi, sobat dmiftah pasti seringnya ketemu dengan perangkat ini.

Ya. Notebook merupakan perangkat yang paling sering dijumpai dan digunakan. Saking familiarnya, istilah laptop pun merujuk kepada si notebook ini.

Notebook memiliki layar yang lebih besar dibandingkan dengan netbook. Saat ini, notebook banyak dijumpai dengan ukuran layar 14", bahkan sudah banyak pula dengan ukuran yang lebih besar. 

Dari segi processor, notebook dilengkapi dengan processor middle end bahkan high end. Middle end ini adalah processor sekelas intel celeron, dan sekarang sudah termasuk tipe laptop atau notebook jadul dan jarang diminati (kalaupun masih ada) 😀 

Tipe celeron ini dirancang untuk keperluan pekerjaan standar. Tidak begitu jauh jika dibandingkan dengan kelas intel atom dalam penggunaanya. Tidak begitu jauh apanya?

Ya, dengan mengandalkan intel celeron ini untuk penggunaan sekarang dirasa cukup berat. Karena aplikasi dan sistem operasi zaman sekarang ini sudah lebih canggih dan memiliki tampilan grafis yang lebih wah. Perlu setidaknya processor dengan kelas high end untuk dapat menjalankan sistem dengan baik dan tanpa gangguan.

Untuk processor dengan kelas high end, sepertinya ini sudah sangat lazim ya. Mengingat notebook yang sekarang beredar adalah notebook dengan processor yang memiliki lebih dari 2 inti (core) seperti intel core i3, core i5, core i7, dan seterusnya. 

Dari segi komponen lainnya, notebook dilengkapi dengan DVD-RW, ya walaupun seperti yang dmiftah jelaskan diatas, sekarang DVD-RW tidaklah menjadi prioritas seiring dengan menurunnya penggunaan DVD-RW ini.

Kelebihan dari notebook tentu saja karena performanya yang lebih baik dari netbook, ya karena itu tadi, dibekali dengan spesifikasi yang lebih mumpuni. Selain itu, dengan layar yang lebih besar, notebook lebih nyaman digunakan apalagi untuk keperluan multimedia seperti menonton film, photo dan video editing, dan sebagainya. 

Kekurangan dari notebook ini mungkin dari segi harganya yang memang lumayan. Coba saja sobat dmiftah cek di Marketplace favorit kalian. Walaupun memang sekarang-sekarang ini banyak sekali bermunculan produsen notebook yang memasarkan produknya dengan harga yang lebih murah.

Ultrabook

Ultrabook merupakan istilah untuk laptop generasi selanjutnya yang di desain lebih ramping atau tipis tapi memiliki performa yang lebih tinggi. Ultrabook biasanya dibekali dengan processor dengan spesifikasi yang memiliki kecepatan tinggi, tampilan grafis yang dilengkapi dengan kartu grafis yang terintegrasi, dan sederetan komponen lainnya yang menggunakan teknologi terbaru.

Ultrabook ini diciptakan untuk kelas bisnis yang memang penggunaannya lebih ke ranah itu.

Perbedaan Laptop dengan Personal Computer/Komputer biasa

Tidak begitu banyak perbedaan dari kedua perangkat ini,  karena laptop sendiri sebenarnya perangkat komputer yang disederhanakan. Laptop dan PC sama-sama terdiri dari komponen elektronik dan diisi dengan Sistem Operasi serta diinstall aplikasi-aplikasi yang diperlukan didalamnya. 

Tapi pada dasarnya laptop lebih simpel dan praktis dibawa kemana-mana, berbeda dengan PC yang hanya bisa disimpan, karena gak mungkin juga kan bawa PC kemana-mana lengkap dengan monitor dan colokan listriknya 😁

Dari segi oprak-oprek, PC lebih mudah di bongkar-pasang ataupun upgrade komponen. Berbeda dengan PC, untuk membuka casing laptop nya saja diperlukan kehati-hatian karena salah sedikit dan casing rusak, maka siap-siap membeli casing dengan harga yang lumayan (tergantung merk dan model)

Selain itu komponen-komponen dalam laptop yang di desain mini, seperti kipas dan komponen elektronik lainnya perlu ekstra hati-hati jika laptop sedang dibongkar. Gak lucu kan kalau komponen yang kecil gak sengaja ke tekan obeng terus laptop jadi mati total alias matot 😁

Lebih baik PC atau Laptop?

Sebenarnya tidak ada kata lebih baik pakai yang mana, karena untuk memilih laptop atau PC tergantung dari tujuan dipakainya buat apa.

Jika untuk tujuan penggunaan standar (tidak memerlukan pekerjaan perangkat yang berat) dan ingin  lebih mudah serta praktis dibawa kemana-mana, seperti untuk kuliah, pebisnis, blogger, atau pengguna dengan mobilitas tinggi lainnya, maka laptop menjadi pilihan yang tepat.

Tapi jika perangkat tersebut ditujukan untuk penggunaan tetap di ruangan seperti untuk penggunaan dirumah dan dikantor, ataupun membutuhkan kerja perangkat yang berat seperti photo design, video editing, bahkan game dengan performa yang baik, maka PC lebih baik menjadi pilihan kamu.

Tapi untuk game kan sekarang banyak laptop yang mendukung?

Percaya deh, untuk gaming lebih enak menggunakan PC karena berbagai alasan, diantaranya mudah di kostumisasi seperti tambahan kipas dan blower, LED agar tampak lebih elegan, tambahan layar monitor dengan ukuran layar yang lebih besar agar lebih puas :D dan dukungan untuk upgrade yang lebih luas, misal untuk upgrade RAM, upgrade VGA Card (video grafis), dan lain-lain. 

Merk Laptop yang beredar di Pasaran

Saat ini telah banyak sekali produsen-produsen yang menjual laptop di pasaran. Perusahaan lama yang masih terus eksis maupun perusahaan-perusahaan baru kian banyak bermunculan. 

Sobat dmiftah lihat saja di marketplace-marketplace atau di halaman pencarian google. Hampir tiap bulan banyak promo-promo penjualan laptop baru dengan diskon yang lumayan menggiurkan.

ASUS

Asus merupakan perusahaan bidang elektronik yang memproduksi Motherboard,VGA Card, Monitor, Tablet, Notebook, bahkan Smartphone yang berbasis di Taiwan.  Untuk produk laptop sendiri saat ini ASUS memiliki pengguna yang lumayan banyak, terutama di Indonesia. Harga yang bersahabat, serta jangka waktu garansi produk yang lebih panjang (2 tahun) masih menjadi alasan dalam memilih produk ini.

Produk Laptop ASUS juga terus dikembangkan. Terbukti dengan munculnya ASUS ROG, laptop kelas gaming yang dilengkapi dengan spesifikasi super dan dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong

Cek Harga Laptop Asus

Acer

Acer merupakan perusahaan yang memproduksi personal komputer dan termasuk kedalam lima perushaan terbesar didunia (menurut wikipedia).  Produk Acer diantaranya adalah Desktop Computer, notebook, Komputer Server, dan Monitor.  

Di Indonesia, pengguna laptop Acer yang juga dulunya bernama Multitech ini, lumayan banyak. 

Laptop Acer lebih populer dikalangan mahasiswa, apa sebab utamanya dmiftah pun tidak tahu pasti. Yang jelas, Laptop keluaran Acer banyak yang memang dibuat untuk tujuan standar penggunaan, seperti pembelajaran, kantoran, dan sebagainya.

Cek Harga Laptop Acer

Toshiba

Toshiba adalah perusahaan yang bergerak di bidang elektronik dan telah memproduksi banyak produk berteknologi tinggi yang berlokasi di Tokyo, Jepang.

Toshiba telah memproduksi banyak jenis laptop dan sejak tahun 90'n Toshiba menjadi Vendor teratas dalam penjualan produk laptop. 

Namun sayang, kini Toshiba telah resmi mengundurkan diri dari dunia laptop. Terbukti dengan perpindahan 80,1% sahamnya ke Sharp pada tahun 2018.  Meskipun begitu, Sharp masih melanjutkan produksi laptopnya dan produknya diberi nama Dynabook

Cek Harga Laptop Toshiba

Dell

Dell merupakan sebuah perusahaan perangkat keras yang sangat besar dan telah memasarkan produknya sejak tahun 1984. Dell memiliki sejarah yang cukup panjang dalam dunia elektronik khususnya komputer.

Di Indonesia, khususnya dalam segmen komputer personal, server, maupun laptop, Dell masih menjadi pilihan. Terutama untuk kalangan yang menargetkan penggunaan dalam jangka panjang.

Ya. Itu dikarenakan produk Dell terkenal handal dan bandel. Meskipun desain produk Dell berkonsep Simpel dan Elegan saja, tetapi review dari penggunanya mengatakan bahwa produk Dell lebih awet. Ya walaupun review-review itu sifatnya relatif yaa.

Namun menurut dmiftah, Dell ini pangsa pasarnya kelas menengah keatas. Jadi jangan heran kalau harga produk Dell lumayan tinggi jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Apa mungkin karena sebanding dengan kualitas? (Maybe)

Cek Harga Laptop Dell

Lenovo

Lenovo merupakan sebuah perusahaan teknologi multinasional yang berbasis di Beijing, Tiongkok. Selain Laptop, Lenovo juga memproduksi PC, Tab, Smarthphone, Server, dan masih banyak lagi. Lenovo menjadi pemasok PC dengan jumlah penjualan terbesar di dunia per Januari 2021 (Wikipedia)

Dalam produk Laptop nya, Lenovo menawarkan berbagai model dan menyasar tiap pangsa pasar. Lenovo membidik pasar kelas bawah sampai atas. Produk Lenovo terkenal handal namun dengan spesifikasi harga yang miring jika dibandingkan dengan produk sekelas dari pesaingnya.

Cek Harga Laptop Lenovo

Apple

Sudah jelas sekali, perusahaan ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Dmiftah yakin, meskipun kebanyakan tidak mempunyai produknya, tapi setidaknya tahu tentang perusahaan ini. 

Dalam produk Laptop, Apple juga mempunyai produk andalannya, Macbook. Untuk masalah kualitas dan harga, sudah tidak diragukan lagi. Produk Apple memang produk yang berkelas.

Cek Harga 

Spesifikasi Standar Laptop

Jika berbicara tentang spek dasar dari laptop, ini pasti akan kembali ke user nya. 

Laptop nya mau digunakan untuk apa?

Laptop yang digunakan untuk keperluan aktivitas belajar dan bisnis tentu saja akan berbeda. Ditambah lagi, perkembangan teknologi yang tiap saat semakin pesat membuat produsen laptop pun menyesuaikan dengan menghadirkan produk-produk nya yang selalu up to date. 

Tetapi, disini dmiftah akan mencoba memberikan rekomendasi spek minimal jika kalian akan membeli laptop ataupun PC

Processor

Untuk kebutuhan Processor ini jelas yang harus pertama dilihat. Mengingat processor ini merupakan komponen utama yang tidak bisa di upgrade kedepannya. Menurut dmiftah, setidaknya pilihlah laptop yang memiliki processor intel core i5 generasi 7 atau gen terbaru lebih baik, ataupun processor lain yang sekelas dengan itu

RAM

RAM atau Random Access Memory memiliki peranan penting dalam memproses data dan perintah. RAM ini bersinergi dengan processor, dengan kata lain RAM dan processor saling berkaitan dalam kinerja sebuah PC ataupun Laptop. Jika menggunakan pilihan processor core i5 tadi, maka dmiftah rekomendasikan untuk komponen RAM nya memiliki kapasitas 8 GB.

Selain untuk mengimbangi kinerja processor, kamu sadari atau tidak, program aplikasi yang berjalan sekarang ini semakin banyak diperbarui, baik dari segi grafis, maupun kinerja aplikasi itu sendiri. 

Cek Harga RAM Laptop

Kamu gak mau kan, pas sedang buka aplikasi favorit, tiba-tiba komputer hang. Kan gak lucu.

Sebenarnya jika untuk keperluan sebatas aktivitas belajar yang hanya menggunakan Ms Office saja sih, RAM dibawah 8 GB juga tidak jadi masalah. Masih cukup.

Dmiftah sarankan, setidaknya ada tersisa kapasitas 50% RAM saat Sistem Operasi idle atau nganggur alias tidak buka aplikasi apa-apa.

Storage atau Penyimpanan

Storage atau penyimpanan merupakan faktor penting berikutnya dalam memilih laptop.

To the point aja. Zaman sekarang ini sudah tidak musim lagi dengan Harddisk. Maksudnya harddisk yang digunakan untuk booting sistem operasi, jika untuk penyimpanan data, Its OK!

Dmiftah rekomendasikan, pilih laptop yang sudah menggunakan SSD (Solid State Drive). SSD terbukti memiliki efek yang signifikan dalam hal kecepatan penyimpanan data. Ya tentu saja dengan resiko harga yang diatas harga biasa.

Faktor lain

Dari segi faktor lain seperti ukuran layar, model keyboard (backlight atau tidak), slot multimedia, kapasitas baterai, dan lain-lain biasanya menyesuaikan dengan model produk yang ditawarkan.

Sobat dmiftah tinggal sesuaikan dengan style masing-masing.

Rekomendasi Terakhir

Bukan tentang spek sebenarnya, tetapi lebih ke after sales.

Pilihlah produk laptop yang sudah jelas produsennya, produsen yang mempunyai reputasi yang baik, kemudahan service, dan yang paling penting KEPASTIAN DAN KEMUDAHAN GARANSI

Kesimpulan

Laptop sebagai sarana penunjang keperluan kehidupan sehari-hari memiliki sejarah panjang dan unik. Sangat dmiftah rekomendasikan, dalam pemilihan Laptop jangan hanya memperhatikan merk saja, perhatikan juga spesifikasinya agar efisien dengan kebutuhan, serta pastikan layanan after sales-nya agar jika terjadi sesuatu dengan laptop yang dibeli mendapatkan penanganan yang baik dari seller maupun produsennya.

Demikian ulasan dmiftah tentang Sejauh Apa Kamu Mengenal Laptop?. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasannya terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close