WhatsApp Segera Hadirkan Fitur Input Pesan dari Smart Glasses

Teknologi terbukti membuat hidup kita serba praktis. Yang asalnya manual, bisa menjadi otomatis. Yang asalnya susah, bisa menjadi mudah.

Saat ini sudah banyak sekali kemudahan-kemudahan yang bisa dirasakan akibat adanya teknologi ini. Jika dulu hanya bisa berkirim pesan lewat surat, sekarang bisa langsung bertatap muka dengan ponsel.

Sekarang juga ada smartwatch yang bisa difungsikan untuk berbagai keperluan, seperti menjadi alat komunikasi, multimedia dan banyak lagi.

Pernahkah terpikir untuk berkirim pesan di WhatsApp tanpa menyentuh ponselnya sama sekali? Kalau pernah, sepertinya ini akan menjadi kabar yang menggembirakan. Pasalnya fitur seperti itu akan segera terwujud.

Saat ini beredar kabar bahwa WhatsApp sedang menggarap proyek yang melibatkan teknologi yang memungkinkan WhatsApp bisa digunakan dan dipersonalisasi melalui sebuah kacamata.

Seperti dilansir dari Androidpolice.com, hal tersebut diketahui setelah dilakukannya pembongkaran terhadap file apk WhatsApp terbaru untuk Android.

Pada WhatsApp beta terbaru versi 2.22.9.13 (melalui XDA Developers), telah ditemukan serangkaian data yang menunjukkan tentang adanya sebuah fitur untuk melakukan input pesan melalui Facebook Assistant. Akan tetapi, fitur ini ditujukan untuk sebuah perangkat yang 'dikenakan' atau dipakai (bukan perangkat mobile seperti smartphone).

Meskipun sebenarnya dalam data tersebut hanya ditemukan istilah 'Assistant' akan tetapi kemungkinan besarnya adalah Facebook Assistant, bukan Google Assistant, mengingat WhatsApp ini dibawah naungan Meta, sang pemilik Facebook.

Dalam pembongkaran tersebut, selain rangkaian kode, ditemukan juga grafik yang mengarah pada sebuah smart glasses dan logo WhatsApp.

Banyak kabar menyatakan bahwa perangkat yang dimaksud diyakini sebagai smart glasses Ray-Ban Stories.

Dengan fitur tersebut, diperkirakan nantinya pemilik Ray-Ban Stories bisa mendiktekan pesan ke mikrofon pada kacamata pintar ini. Setelah itu, suara diolah kemudian menginstruksikan Facebook Assistant untuk mengirimkannya dalam bentuk pesan ke kontak WhatsApp yang dituju.

Hal ini masih menjadi perhatian khusus mengingat Ray-Ban Stories hingga saat ini masih belum merevitalisasi pasarnya. Masuk akal pula jika Meta ingin menambahkan beberapa fitur tambahan WhatsApp kedalamnya dan mengintegrasikan Facebook Assistant ketimbang produk lain dari pihak ketiga yang memiliki fungsi yang sama. 

Seperti biasa hasil temuan dari pembongkaran apk ini tidak dijamin akurat. Fitur tersebut hanya terlihat dalam versi WhatsApp beta terbaru, dan hingga saat ini tidak ada kepastian bahwa fitur itu akan benar-benar ada di WhatsApp dalam apk versi stabil yang akan rilis selanjutnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close