TSMC Siap Produksi Masal Chip 3nm Apple Tahun Ini

Salah satu mitra Apple pembuat dan pemasok chip, TSMC,  baru-baru ini mengatakan bahwa mereka akan siap untuk mengubah alur pembuatan chip 3nm ke produksi masal pada paruh kedua di tahun ini. Hal ini memungkinkan Apple akan mendapat pasokan yang cukup untuk teknologi generasi berikutnya di tahun 2023 (DigiTimes).

"Kami berharap, jalur N3 didorong oleh HPC (High Performance Computing) dan aplikasi smartphone," kata Wei dalam Earning Conference Call pada 14 April 2022 lalu. "Kami terus melihat tingkat keterlibatan pelanggan yang tinggi di N3 dan mengharapkan lebih banyak tape-out baru untuk N3 di tahun pertama dibandingkan dengan N5 dan N7."

Foto: Line Today

Diawal produksinya, TSMC diharapkan mampu memproses sekitar 30.000-35.000 untuk teknologi 3nm itu dalam setiap bulannya.

Berdasarkan laporan Nikkei Asia pada Juli 2021 lalu, diklaim bahwa tahun ini Apple akan meluncurkan iPad yang dilengkapi prosesor berdasarkan proses 3nm TSMC. Laporan yang bersumber dari DigiTimes juga mengklaim proses tersebut pertama kali akan digunakan oleh Apple di iPad, meskipun tidak disebutkan secara pasti di model Apple mana atau kepastian tanggal peluncurannya.

Jika hal ini benar, ini akan menjadi yang kedua kalinya dalam beberapa tahun terakhir Apple meluncurkan teknologi chip baru di iPad‌ sebelum menggunakannya di smartphone andalannya. Sebagai pengingat, Apple pertama kali meluncurkan chip A14 Bionic, berdasarkan teknologi 5nm, pada iPad Air generasi keempat pada 2020.

Apple diperkirakan akan merilis sebagian besar perangkatnya dengan chip 3nm yang dibuat oleh TSMC pada tahun 2023, termasuk Mac dengan chip M3 dan model iPhone 15 dengan chip A17.

Perubahan ke proses yang lebih unggul ini secara khusus akan menciptakan peningkatan kinerja dan efisiensi daya, kecepatan perangkat yang lebih baik dan masa pakai baterai yang menjadi lebih lama untuk perangkat Mac dan iPhone mendatang.

TSMC menjelaskan, teknologi 3nm ini dapat meningkatkan kinerja atau proses pengolahan data 10% hingga 15% lebih baik jika dibandingkan dengan teknologi 5nm, dan sekaligus mampu mengurangi 25% hingga 30% konsumsi daya.

Chip M3 ini dikatakan berpotensi mampu menampung teknologi hingga 40-core CPU. Sebagai perbandingan, chip M1 Apple memiliki 8-core CPU, chip M1 Pro dan M1 Max memiliki 10-core CPU.

TSMC juga mengatakan bahwa pihaknya berada di jalur yang tepat untuk mengembangkan N3E, versi N3 yang disempurnakan, dan memproduksinya secara masal pada paruh kedua tahun 2022 ini. Wei mengatakan proses N3E TSMC ini "kedepannya akan lebih memperluas N3 family kami dengan peningkatan kinerja, tenaga, dan hasil."

Di masa mendatang, TSMC mengatakan pengembangan proses N2 (2nm) generasi berikutnya juga berjalan sesuai rencana, dan diharapkan mulai bersiap-siap untuk produksi di akhir tahun 2024 yang diikuti dengan produksi besar-besaran di tahun 2025.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close