AMD Persiapkan Smart Access Storage Untuk Mempercepat Kinerja SSD

AMD saat ini dikabarkan tengah mempersiapkan teknologi baru untuk prosesor Ryzen yang disebut Smart Access Storage. 

Konsep Smart Access Storage ini mirip dengan Smart Access Memory (SAM) hanya saja tujuannya adalah untuk mempercepat kinerja penyimpanan, bukan grafis.

Processor AMD Ryzen

Seperti yang kita ketahui, saat ini beberapa konsol Microsoft seperti Xbox X dan S Series yang memiliki akses dan loading yang sangat cepat merupakan dampak dari adanya DirectStorage. 

DirectStorage yang merupakan sebuah Applications Programming Interface (API) dan bagian dari DirectX ini kini sudah tersedia di PC. 

Microsoft sendiri menjelaskan bahwa teknologi DirectStorage ini dapat mengurangi kinerja CPU antara 20% hingga 40% saat dipasangkan dengan SSD NVMe dan Windows 11. Baca juga : Cara Merawat SSD Agar Awet

Pemberian nama Smart Access Storage ini merupakan penggantian istilah DirectStorage di AMD, sama seperti Smart Access Memory yang di istilahkan ke dalam PCI Express Resizable BAR.

Sayangnya, informasi lebih detail tentang Smart Access Storage ini masih sangat minim. Tidak tahu pasti sejauh apa teknologi Smart Access Storage ini diterapkan AMD dan bagaimana tingkat kesetaraannya dengan DirectStorage. 

Salah satu sumber, VideoCardz, menyebutkan bahwa fitur ini kemungkinan debut pertamanya di laptop gaming AMD Advantage-nya, Voyager Corsair. AMD Advantage sendiri adalah istilah yang mengacu pada perangkat yang memanfaatkan prosesor AMD Ryzen dan grafis Radeon

Publikasi tersebut menautkan Smart Access Storage dengan laptop gaming, jadi tidak diketahui pasti apakah itu fitur seluler eksklusif seperti AMD SmartShift. 

Mudah-mudahan saja tidak begitu, karena teknologi Smart Access Storage ini akan mampu melakukan banyak hal bagus dalam platform desktop.

Luminous Productions, sebuah pengembang di balik Forspoken, telah mendemonstrasikan the Power of DirectStorage di GDC 2022 dengan beberapa eksperimen kompleks yang terdiri dari hingga 20.000 file (4,5GB). 

Dalam sistem pengujian DirectStorage tersebut yang dilakukan dengan perangkat SSD M.2 dan SSD SATA memuat hasil adegan (scene) masing-masing dalam 1,9 detik dan 3,7 detik. Sedangkan untuk hard drive konvensional (Harddisk) membutuhkan waktu 21,5 detik. 

Jadi Smart Access Storage ini bisa menjadi pengubah permainan untuk AMD, dengan asumsi bahwa kinerjanya sama dengan DirectStorage. 

Corsair Voyager dikabarkan menggunakan chip Ryzen 9 6900HX dan kartu grafis Radeon RX 6800M. Sepertinya Corsair akan merilis laptop gaming pada bulan Juni ini yang berarti kita dapat mempelajari lebih lanjut tentang laptop dan teknologi di Computex 2022.

Dalam Computex 2022 tersebut juga dikabarkan bahwa pembicara utamanya adalah Dr. Lisa Su, CEO AMD.

Sumber

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close