Mengintip Harga dan Spesifikasi SSD Sabrent Rocket 4 Plus 8TB

SSD (Solid State Drive) kian hari pertumbuhannya semakin meningkat. Banyak sekali merk-merk SSD yang tersedia di pasaran.

Selain Samsung EVO, Adata, Sandisk, dan berbagai merk lainnya, ada juga merk Sabrent.

Sabrent sebagai produsen elektronik telah banyak memproduksi berbagai macam produk. Dan dalam hal SSD, Sabrent mempunyai produk andalannya yaitu Sabrent Rocket.

Sabrent Rocket 4 Plus 8TB

Sabrent Roket 4 8TB

Sabrent Roket, terutama Rocket 4 Plus family sudah lama menjadi favorit bagi pengguna komputer yang mengutamakan kinerja ssd yang cepat. 

Menariknya, SSD Rocket 4 Plus model baru ini memiliki kapasitas ekstrem hingga 8TB berkat flash BiCS5 112-lapisan. Tidak hanya penyimpanannya saja yang berkapasitas tinggi, dalam hal kinerjanya pun juga berbanding lurus.

Merk Sabrent sendiri terkenal karena kegemarannya dalam push kapasitas SSD seperti produknya yang diberi nama Rocket 4TB, Rocket Q 8TB, dan dock Thunderbolt 16TB yang mencakup dua SSD 8TB. Baca juga : Cara Merawat SSD Agar Awet

Sabrent Rocket Q Battleship juga menampung hingga delapan dari drive 8TB tersebut dengan pengontrol RAID HighPoint, menyediakan total penyimpanan flash 64TB.

Namun disisi lain banyak juga pengguna yang menuntut menginginkan kapasitas yang lebih tinggi tetapi tidak ingin berkompromi dengan flash QLC dengan daya tahan dan kinerja yang lebih rendah. 

Jadi, jika drive dapat menggunakan flash TLC dan masih mendorong batas teknologi PCIe 4.0, itu lebih baik. 

Beruntungnya, saat ini Sabrent menghadirkan versi 8TB dari Rocket 4 Plus yang berperforma tinggi. Rocket 4 Plus 8TB juga sudah dilengkapi dengan flash TLC BiCS5 112-lapisan yang tidak digunakan perusahaan dalam SKU asli.

Spesifikasi Sabrent Rocket 4 Plus 8TB

Sabrent rocket 4 plus 8TB spesification
Sabrent Rocket 4 Plus 8TB adalah drive standar M.2 2280, dan PCIe 4.0/NVMe 1.4. Rate-nya hingga 7/6 GBps throughput baca/tulis berurutan, yang sedikit lebih lambat 100/600 MBps daripada model 4TB. 

Peringkat SDD ini 700.000 IOPS untuk baca acak dan puncak nya 1.000.000 IOPS untuk penulisan acak.

SSD Sabrent Rocket 4 Plus 8TB ini memiliki garansi satu tahun dan dapat diperpanjang hingga lima tahun dengan melakukan pendaftaran. 

Daya tahan SSD ini hingga 6PBW (petabyte written). Maksudnya SSD ini dapat menyerap hingga 6 petabyte data tulis.

SSD Sabrent Rocket 4 Plus 8TB ini dijual dengan harga $1,999.99, sebuah harga yang cukup fantastis. Tetapi harga ini sepadan dengan teknologi TLC yang ditanam kedalam SSD M2 ini. 

Perangkat Lunak dan Aksesori

Sabrent Rocket 4 Plus 8TB price accessories
Sabrent Roket ini dilengkapi dengan software. Software yang dimaksud ini mencakup tiga item yaitu Acronis True Image, The Rocket Control Panel, dan Rocket Sector Size Converter. Baca juga : Cara Backup Data dan Sistem dengan Acronis

Fungsi dari Acronis ini adalah untuk  mengkloning drive, sedangkan Rocket Control Panel ini berisi beberapa tools SSD seperti informasi cycling SSD atau update firmware, mirip seperti software bawaan pada SSD merk lain.

Dan untuk Rocket Sector Size Converter ini bisa difungsikan untuk memformat drive dalam 512e atau 4Kn.

Sumber

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close