Cara Membuat Live Wallpaper Pada Windows 10 dan Android

Wallpaper dalam media komputer, laptop, atau ponsel dapat diartikan sebagai gambar utama yang digunakan sebagai latar. Penggunaan wallpaper ini biasanya dikaitkan dengan kepribadian penggunanya, misal ada yang suka nuansa alam, kendaraan mewah, anime, dan lain sebagainya.

Saat ini wallpaper desktop maupun ponsel dapat menggunakan wallpaper yang hidup. Live wallpaper, istilah tepatnya seperti itu, adalah wallpaper yang tidak hanya berbentuk gambar dua dimensi atau tiga dimensi yang hanya diam, akan tetapi bergerak seperti video yang sedang diputar.

Untuk membuat live wallpaper ini caranya sangat mudah lho sobat. Hanya diperlukan beberapa langkah saja kok.

Cara Membuat Live Wallpaper pada Komputer dan Laptop

Sebelum set desktop wallpaper menjadi wallpaper hidup yang dapat bergerak, pastikan komputer dan laptop telah memenuhi persyaratan berikut.

  • Sistem Operasi : Windows 8.1, Windows 10
  • Processor : 1 GHz or faster 32-bit (x86) or 64-bit (x64)
  • RAM : 2 GB atau lebih
  • DirectX 9 atau lebih

Jadi untuk Windows 7 dan generasi sebelumnya, cara yang akan dmiftah ini tidak akan work.

Oh iya, untuk membuat live wallpaper ini dmiftah akan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu My Live Wallpaper. Aplikasi ini merupakan aplikasi free ware, jadi sobat bisa bebas menggunakannya tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Untuk membuat live wallpaper pada Komputer dan Laptop, ikuti langkah berikut

  1. Siapkan video yang akan dijadikan sebagai live wallpaper. Usahakan agar resolusi videonya sama dengan resolusi layar yang sedang digunakan, atau setidaknya mendekati agar tampilan wallpaper tidak pecah atau patah-patah.

    Untuk mengecek resolusi layar caranya adalah klik kanan pada area desktop, lalu klik Display settings, lalu klik Advanced display settings.

  2. Siapkan software untuk membuat Live Wallpaper: MLWapp
  3. Ekstrak dengan Winrar atau 7zip
  4. Double klik file untuk mulai Install aplikasi
  5. Jalankan Aplikasi.
  6. Klik Add Video lalu klik Browse dan arahkan ke lokasi tempat menyimpan video yang akan dijadikan wallpaper lalu klik Open
  7. Wallpaper Komputer atau Laptop telah berubah menjadi live wallpaper.
Dan hasilnya seperti berikut

Beberapa Pengaturan pada My Live Wallpaper

Sebenarnya aplikasi ini cukup sederhana, tidak perlu banyak pengaturan yang harus di set. Tetapi sebagai gambaran, dmiftah akan menjelaskan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

Quick Start

Fitur ini merupakan pilihan paling mudah. Fitur ini digunakan untuk set beberapa live wallpaper sekaligus.

Jika sobat mempunyai beberapa file live wallpaper atau video yang ingin di set di desktop komputer atau laptop secara bergantian, fitur inilah yang harus sobat gunakan.

Cukup dengan klik Browse lalu arahkan ke folder yang berisi video untuk live wallpaper, dan aplikasi MLWapp akan menampilkan secara otomatis.

Sobat juga bisa mengatur durasi tayang tiap live wallpaper pada pengaturan Change every.

Jika video yang dipilih memiliki suara, sobat dmiftah bisa mengatur volume nya untuk maksimal, bahkan mute (bisu)

Jangan lupa, klik tombol Activate Quick Start untuk mulai menjalankan.

Add Video

Secara umum fitur ini sudah dijelaskan diatas yaitu untuk memilih video mana yang akan dijadikan live wallpaper.

Sedangkan untuk pengaturannya, terdapat Video size untuk memposisikan video dalam layar, apakah full, ditengah, atau sebagian. Lalu ada juga Vertical dan Horizontal Position untuk mengatur posisi vertical dan horizontal video dalam layar.

Kemudian ada Black overlay yang berfungsi untuk memberikan tingkat redup live wallpaper. Dan tentu saja ada pengaturan volume untuk video yang memiliki suara.

Add Music

Fitur ini digunakan untuk membuat musik agar terdengar ketika live wallpaper di aktifkan. Fitur ini hanya mengizinkan satu file mp3 atau wav yang bisa diputar berulang.

Pada fitur ini juga tersedia pilihan untuk menonaktifkan musik bawaan video jika terdapat file musik yang dipilih di fitur ini.

Playlist

Fitur ini merupakan versi advance dari pemilihan Video untuk wallpaper dan musiknya secara terpisah. Jadi jika sobat ingin custom tiap wallpaper dan musiknya, bisa dilakukan dalam fitur ini.

Settings

Launch app and play live wallpaper on PC start : pilihan untuk menambahkan aplikasi MLWapp ke start up Windows agar ketika komputer atau laptop di restart, aplikasi MLWapp akan berjalan otomatis (recomended di aktifkan)

Pause wallpaper when other app windows are maximised : setting untuk mengatur agar menjeda live wallpaper ketika ada aplikasi lain dalam kondisi Maximised atau memenuhi layar (opsional)

Mute music when other audio from other apps are detected : setting untuk mengatur suara dari live wallpaper MLWapp agar dijeda ketika ada audio lain yang terdeteksi dibuka, misal sedang streaming youtube, memutar mp3, dan sebagainya. (opsional)

Cara Membuat Live Wallpaper pada Android

Selain pada Komputer dan Laptop, live wallpaper juga bisa dibuat pada ponsel Android. Untuk membuat live wallpaper pada ponsel Android, ikuti langkah berikut

  1. Siapkan video yang akan dijadikan wallpaper. Pastikan video dalam orientasi tegak atau potrait.
  2. Buka Playstore lalu cari dan Install Video Live Wallpaper Maker
  3. Buka Aplikasi Video Live Wallpaper Maker
  4. Klik menu pada sebelah kiri layar lalu pilih Video Lokal
  5. Akan terlihat galeri dari video dalam ponsel
  6. Pilih video yang telah disiapkan tadi
  7. Sobat bisa mengaktifkan atau menonaktifkan suara video pada pilihan nyalakan audio (opsional)
  8. Untuk Skala sesuai, biarkan dalam posisi aktif agar video di sesuaikan otomatis
  9. Pilih Tetapkan sebagai wallpaper peluncur lalu pilih Wallpaper dinamis
Dan hasilnya adalah sebagai berikut

Jika sobat belum sempat menyiapkan video untuk live wallpaper, tenang di aplikasi ini juga terdapat pilihan untuk mendapatkan videonya secara online, gratis.

  1. Pada menu, pilih Wallpaper video online
  2. Cari video yang akan dijadikan wallpaper 
  3. Sesuaikan pilihan pengaturan audio lalu pilih Tetapkan sebagai wallpaper peluncur dan pilih Wallpaper dinamis

Website Penyedia Video Wallpaper Gratis

Jika sobat memerlukan referensi website penyedia video untuk wallpaper gratis, berikut dmiftah sertakan nama website yang bisa sobat kunjungi

1. Pexels

Pexels merupakan website terpopuler yang menyediakan gambar atau foto dalam resolusi tinggi yang gratis, bahkan tidak diperlukan atribusi apapun untuk menggunakannya.

Dalam website pexels ini juga tidak hanya gambar yang bisa didapatkan, terdapat banyak sekali video durasi pendek yang bisa digunakan untuk membuat konten ataupun untuk dijadikan live wallpaper.

2. Pixabay

Pixabay merupakan website lain yang fungsinya sama dengan Pexels. Pixabay juga menyediakan ribuan video yang bisa dijadikan sebagai live wallpaper.

Baik Pexels maupun Pixabay, keduanya menyediakan gambar dan video dalam orientasi tegak maupun mendatar yang bisa digunakan sebagai live wallpaper desktop dan ponsel.

3. My Live Wallpaper

Ini merupakan website dari pemilik aplikasi yang kita gunakan diatas. Selain menyediakan aplikasi MLWapp, website ini juga menyediakan berbagai macam video live wallpaper yang bisa didapatkan gratis.

Dalam website ini juga terdapat 2 pilihan live wallpaper, yaitu untuk desktop wallpaper (orientasi datar) dan untuk ponsel (orientasi tegak). Pastikan sobat memilih wallpaper yang tepat yaa.

Demikian trik  Cara Membuat Live Wallpaper Pada Windows 10 dan Android. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasannya terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close