Cara Mengatasi Laptop Mati Total Karena Cabut RAM

RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sementara ketika proses pengolahan data dalam komputer atau laptop. Laptop juga bisa tidak bisa berjalan atau running jika RAM tidak terpasang.

Tetapi dalam kasus kali ini Laptop jadi mati ketika RAM terpasang. Bagaimana cara mengatasinya? Dan apa penyebab Laptop bisa menjadi mati? Simak terus ulasannya ya.

Studi kasus : Laptop Mati dan Susah Hidup Lagi Karena RAM Dicabut

Mungkin hal ini terdengar aneh dan memang terjadi karena kecerobohan.

Kasus bermula ketika laptop sedang dibongkar. Laptop dicoba dinyalakan masih dalam posisi case belum terpasang alias naked.

laptop asus mati ketika dibongkar
Foto: Facebook/Njemm

Lalu laptop ditinggal sebentar karena suatu keperluan. Ketika kembali, karena ingin memeriksa kondisi RAM, RAM dicabut dari laptop lalau tiba-tiba laptop mati.

Penyebabnya tentu saja karena laptop yang masih dalam keadaan menyala dan lupa tidak dimatikan karena pas kembali layar laptop dalam keadaan padam. Padahal padamnya layar monitor bukan karena laptop nya Off melainkan dalam keadaan sleep.

Apa yang terjadi dengan Laptopnya?

Ya tentu saja laptop langsung mati dengan perlakuan seperti itu. Dinyalakan kembali beberapa kali pun tidak bisa. Laptop tetap tidak merespon, mesin laptop tidak terdengar menyala, cpu fan pun tidak berputar. Baca juga: Cara Mengatasi CPU Fan Laptop Error

Layar laptop tetap hitam tanpa ada reaksi apa-apa meskipun telah di restart beberapa kali. Lalu apa yang harus dilakukan jika terjadi hal seperti ini?

Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Karena RAM Langsung dicabut

Untuk mengatasi hal seperti ini, sobat dmiftah bisa ikuti langkah berikut.
  1. Putuskan semua aliran listrik yang terhubung ke motherboard. Aliran listrik ini termasuk Charger (jika sedang cas), baterai (cabut atau lepaskan baterai dari motherboard), dan cabut baterai CMOS.
  2. Lepaskan juga Harddisk dan RAM.
  3. Tekan tombol Power untuk menguras sisa arus listrik yang masih tersisa dalam kapasitor.
  4. Diamkan selama 30 menit atau lebih. 
  5. Cek dan bersihkan socket RAM dan Harddisk. Jika perlu gunakan cleaner.
  6. Setelah 30 menit, pasang semua komponen yang dicabut tadi, lalu coba nyalakan.

Untuk kasus seperti yang telah dmiftah jelaskan, cara seperti ini cukup efektif dan berhasil (solved). Akan tetapi tidak menutup kemungkinan dengan kasus yang sama persis pun hasilnya akan berbeda.

Untuk itu jika sobat telah melakukan langkah-langkah diatas tetapi masih belum berhasil, ada baiknya lanjutkan dengan cara berikut.

Periksa socket RAM dari kemungkinan adanya pin yang rusak atau patah. Atau kemungkinan yang lebih parah yaitu terjadinya short yang mungkin saja menyebabkan socket RAM terbakar.

Meskipun yang menjadi penyebabnya adalah RAM, akan tetapi periksa juga komponen lainnya dari kemungkinan terjadinya short. Gunakan alat pendeteksi short seperti PC Analyzer.

Jika sobat malah bingung, sebaiknya lakukan langkah terakhir yaitu perbaiki ke tempat service komputer atau laptop. Dan akan lebih tepat jika ke spesialis troubleshooting motherboard.

Tips Ketika Bongkar Laptop Agar Terhindar dari Kerusakan

Jika sobat dmiftah belum benar-benar ahli dalam melakukan perbaikan hardware laptop, sebaiknya ingatlah selalu untuk lebih teliti dan hati-hati.

Jika membuka komponen hardware alias membongkar laptop, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan agar motherboard sudah tidak dialiri listrik, baik langsung dari charger maupun baterai.

Mencabut komponen langsung dengan aliran listrik yang masih berjalan kedalam motherboard laptop maupun komputer bisa menyebabkan short, entah itu pada komponen yang dicabutnya, socketnya, ataupun komponen elektronika yang lainnya seperti kapasitor, dan lain-lain.

Demikian trik Cara Mengatasi Laptop Mati Total Karena Cabut RAM / Memory. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasannya terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close