Google Diam-diam Meluncurkan Aplikasi Switch to Android di IOS

Tahun lalu, tersiar kabar bahwa Google sedang mengembangkan aplikasi Switch to Android untuk pengguna iOS yang ingin beralih dari iPhone ke smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Dan sekarang aplikasi itu sudah ada. 

Pada hari senin waktu setempat, Google secara diam-diam meluncurkan aplikasi Switch to Android ini di App Store pada sejumlah pasar global, termasuk Amerika. Fitur utama dari aplikasi ini adalah untuk memberikan kemudahan proses transisi antar platform seluler dengan cara membantu pengguna mengimpor kontak, kalender, foto, dan video ke ponsel Android.

Aplikasi ini juga berisi petunjuk bagi pengguna bagaimana cara mematikan iMessage Apple sehingga pesan teks akan masuk ke perangkat Android nya yang baru. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menghubungkan iCloud ke Android agar dapat digunakan untuk memindahkan galeri foto dan video.

Meskipun begitu, saat ini situs web Switch to Android milik Google belum memberitakan rilis apapun yang menyatakan bahwa aplikasi baru ini sudah tersedia dan perusahaan (Google) belum secara resmi mengumumkan peluncurannya. Aplikasi ini juga tidak muncul di halaman pengembang Google di App Store ataupun di hasil pencarian. Aplikasi ini hanya bisa di temukan melalui direct link saja.

Dilansir dari techcrunch.com, saat ini website Switch to Android menyediakan layanan pemanduan pengguna dengan proses standar untuk pindah ke Android, seperti mencadangkan kontak, kalender, foto, dan video melalui aplikasi Google Drive iOS sebelum akhirnya mengganti perangkat.

Rencana Google untuk mengembangkan aplikasi mandiri sebagai pengalih iPhone ke Android ini pertama kali terungkap tahun lalu, ketika situs web 9to5Google menggali kode di dalam Data Restore Tool resmi milik Android. Ketika itu,  9to5Google mengungkapkan melihat referensi ke aplikasi Switch to Android  yang dikembangkan Google untuk iOS

Bulan lalu, situs tersebut mencatat bahwa tampaknya aplikasi tersebut telah memperoleh kemampuan untuk secara otomatis melakukan migrasi data seperti foto dan video pengguna dari iCloud ke Google Foto.

Selain itu ada juga petunjuk lain yang mengungkapkan bahwa Google sedang berusaha untuk memudahkan pengguna memindahkan konten media ke platform dan layanannya sendiri melalui pengembangan backend. Google juga baru-baru ini mengumumkan pembaruan untuk aplikasi Google Foto yang menawarkan cara bagi pemilik ponsel untuk menyalin foto dari layanan penyimpanan cloud saingannya, termasuk iCloud , Facebook, dan lainnya. 

Sebelumnya untuk melakukan transfer data hanya bisa dilakukan dari Facebook atau iCloud ke Google, bukan sebaliknya.

Sayangnya, ada satu hal dari aplikasi iOS Switch to Android ini yang tidak cukup membantu pengguna yaitu memigrasikan aplikasi pengguna. Kemungkinan hal ini terjadi karena adanya keterbatasan aplikasi pihak ketiga untuk dapat mengakses perangkat pengguna. Aplikasi kan tidak seharusnya bisa memindai iPhone pengguna untuk mengekstrak daftar semua aplikasi lain yang telah diinstal.

Dalam deskripsi App Store-nya, aplikasi baru ini mempromosikan kemampuannya untuk menangani pemindahan konten pengguna antar perangkat tanpa menggunakan kabel, yang berarti kedua ponsel tidak harus dihubungkan secara fisik untuk melakukan proses pemindahan.

Ngomong-ngomong, aplikasi Google ini baru hadir bertahun-tahun sejak aplikasi Apple dapat membantu pengguna mengalihkan data Androidnya ke iPhone. Jika kita merunut kembali ke bulan September 2015, saat itu Apple meluncurkan aplikasi Pindah ke iOS untuk pengguna Android yang merupakan aplikasi pertamanya di Google Play. Aplikasinya itu juga membantu memigrasikan data pengguna Android termasuk Rol Kamera, Pesan, Akun Google, Kontak, hingga Bookmark.

Aplikasi tersebut tersedia untuk umum dari URL berikut: https://apps.apple.com/us/app/id1581816143.

Google belum memberikan komentar apapun sebelum publikasi resmi dari aplikasi ini, akan tetapi faktanya aplikasi Switch to Android tersebut saat ini memang belum tersedia untuk diunduh di App Store iOS.

=== Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya. ===

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close