Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Find My Device

Google Find My Device - Kehilangan smartphone kesayangan tentu membuat panik, apalagi didalamnya terdapat data-data penting, file pribadi, atau catatan lainnya. Mencari dan mengingat-ngingat kembali memang menjadi pilihan utama.

Akan tetapi, perangkat canggih seperti smartphone android sekarang ini telah dilengkapi dengan fitur khusus yang tujuannya memang digunakan untuk saat-saat seperti itu.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, sobat tidak perlu panik berlebihan. Sobat hanya perlu melakukan beberapa langkah cepat agar smartphone bisa segera ditemukan.

Fitur tersebut adalah Android Device Manager.

Pernah dengar istilah ini? Jangan sampai belum pernah dengar sama sekali ya sobat. Karena jika suatu saat dibutuhkan, setidaknya sobat sudah paham dan tahu cara cepat menggunakannya.

Apa itu Android Device Manager?

Sesuai dengan namanya, Android Device Manager adalah sebuah applet di Panel Operasi sistem operasi Android yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengontrol semua peralatan yang terhubung ke kerangka kerja dan Sistem Android.

Singkatnya, dengan Android Device Manager sobat dapat mengaktifkan/menonaktifkan perangkat, menyediakan driver perangkat, mengevaluasi properti teknis lainnya, dan lain sebagainya termasuk menemukan smartphone android sobat yang hilang.

Istilah Android Device Manager ini sebenarnya merupakan istilah lama, dan Google telah menggantinya dengan nama Google Find My Device pada tahun 2017 silam.

Jadi jika sobat mencari dimana letak fitur Android Device Manager pada smartphone android? Kenapa saya tidak menemukannya?

Jawabannya ya tentu tidak tidak akan ditemukan karena telah berganti nama menjadi Google Find My Device.

Google Find My Device ini berfungsi untuk semua perangkat yang menggunakan android, seperti smartphone, tablet, ataupun smartwatch.

Fungsi dan Kegunaan Fitur Google Find My Device

Fitur Find My Device ini memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya:

1. Melacak Lokasi Perangkat Android

Fungsi ini merupakan fungsi yang bisa dikatakan paling penting dari Find My Device, yang mana smartphone android yang hilang bisa dilacak dengan Find My Device ini.

Proses pencariannya tidak susah karena bisa diakses dari mana saja selama terkoneksi ke internet dan hanya memerlukan akun Google.

Fitur ini bekerja dengan dukungan dari teknologi GPS smartphone sobat, oleh karena GPS di smartphone sobat harus benar-benar berfungsi. Semakin akurat teknologi GPS yang digunakan maka hasilnya pun akan semakin baik, dan Find My Device akan melacak posisi terakhir smartphone dengan  GPS tersebut.

2. Mengganti Kunci Layar

Dengan Find My Device ini sobat dapat mengganti kunci layar smartphone. Fitur ini sangat berguna sekali terutama jika smartphone sobat hilang.

Setelah smartphone hilang, tidak menutup kemungkinan seseorang yang mungkin pernah sobat kenal tahu kunci layar smartphone sobat.

Nah hal semacam ini dapat diatasi dengan Find My Device, yang nantinya sobat bisa langsung cepat ubah ke kode atau pin pengunci layar yang baru.

3. Menghapus dan Mengunci Data

Selanjutnya Find My Device juga bisa digunakan untuk menghapus dan mengunci semua data-data pribadi sobat yang tersimpan di dalam perangkat atau smartphone. Dengan penguncian atau penghapusan data ini, data-data di smartphone sobat yang  hilang sangat minim untuk disalahgunakan.

4. Membunyikan Smartphone

Ketika smartphone sobat hilang yang mungkin lokasinya tidak terlalu jauh, atau hanya sekedar lupa menyimpan, Android Device Manager bisa difungsikan untuk membunyikan smartphone sobat. 

Smartphone android sobat juga akan tetap berbunyi meskipun dalam silent mode. 

Kekurangan Google Find My Device

Dengan beberapa fitur yang menguntungkan diatas, Find My Device memiliki kekurangan. Kekurangan ini ada yang memang diluar fungsi atau tujuan dari fitur Find My Device ini, dan ada pula yang terjadi jika di kondisi tertentu.

  1. Tidak bisa melacak lokasi smartphone android saat sistem telah di reset/factory reset, atau flash.

    Find My Device akan terhubung ke akun google yang sedang digunakan dalam smartphone android. Jadi jika di smartphone android sudah tidak login menggunakan akun google yang digunakan sebelumnya, misal sudah di reset, wipe data, atau flash sistem operasi, maka fitur pelacakan lokasi ini tidak bisa berfungsi.

  2. Tidak bisa mendeteksi atau melacak smartphone yang dalam keadaan mati/tidak menyala.

    Find My Device mengontrol sistem operasi Android jarak jauh yang tentu saja Android tersebut harus dalam keadaan running atau berjalan atau tepatnya smartphone nya sedang menyala, tidak sedang mati total (karena rusak) ataupun lowbatt.

  3. Tidak bisa digunakan untuk mengambil data dari smartphone yang hilang.

    Memang benar data di smartphone android yang hilang bisa di kunci atau dihapus, akan tetapi data tersebut tidak bisa ditransfer atau dipindahkan jarak jauh saat melakukan pelacakan smartphone yang hilang. Jadi untuk data, hanya sebatas meminimalisir dari penyalahgunaannya saja, tidak melakukan backup datanya. Baca juga: Cara Backup Sistem Operasi Windows dengan Acronis Cyber Protect

  4. Tidak bisa digunakan untuk mengendalikan smartphone dari jarak jauh.

    Tidak seperti aplikasi remote smartphone/pc yang bisa mengendalikan smartphone sepenuhnya, Find My Device tidak memiliki fungsi tersebut.

Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang dengan Google Find My Device

Cara menggunakan Fitur Find My Device untuk melacak smartphone android sobat yang hilang ini sangat mudah. Tetapi sebelum melakukan pelacakan smartphone yang hilang, pastikan hal berikut:

  • Smartphone android dalam keadaan menyala
  • Smartphone terhubung ke internet dan GPS nya aktif
  • Sobat sebelumnya telah mengaktifkan Fitur Find My Device di smartphone

Cara Mengaktifkan Find My Phone di Smartphone Android (Samsung, Oppo, Vivo, dan lain-lain)

  • Buka Pengaturan atau Settings di smartphone
  • Pilih Keamanan (atau bisa juga dari Pengaturan Tambahan - Keamanan & Privasi, tergantung dari smartphone yang digunakan)
  • Pilih Administrator Perangkat
  • Pastikan fitur Find my Device telah aktif yang ditandai dengan tanda centang 

Cara Melacak Smartphone Android yang hilang dengan Find My Device melalui Web Browser (Google Chrome/Mozilla Firefox/Microsoft Edge, dll)

  1. Buka halaman Find My Device
  2. Login dengan akun google yang digunakan di smartphone android yang hilang
  3. Setelah berhasil login lalu akan muncul jendela persetujuan. Klik Terima.
  4. Setelah itu disisi layar akan terlihat status perangkat sobat.
  5. Jika GPS aktif maka secara otomatis lokasi terakhir dari smartphone android sobat yang hilang akan terlihat di Maps yang ditandai dengan tanda hijau.
    • Jika lokasi smartphone masih dekat dan ingin mencari dengan mudah, sobat bisa memilih opsi Putar Suara untuk membunyikan smartphone android agar terdengar dan mudah dicari. Suara yang dibunyikan adalah suara yang di set sebagai ringtone atau nada dering panggilan di smartphone android sobat. 
    • Jika lokasi sudah mulai jauh dan menginginkan smartphone android sobat lebih aman, pilih opsi kedua: Amankan Perangkat. Nantinya sobat bisa memunculkan pesan di layar smartphone sobat lalu menampilkan nomor telepon yang bisa dihubungi jika smartphone sobat ditemukan orang lain.
    • Dan di smartphone nantinya akan terlihat seperti berikut 
    • Jika smartphone android tidak memiliki pengunci layar (lock screen) maka akan di opsi ini akan di rekomendasikan untuk set lock screen dengan pin
    • Jika smartphone android sobat sedang offline (tidak terhubung ke internet), pembuatan pesan di layar, no telepon, dan lock screen baru akan tetap dijalankan jika suatu saat smartphone android sobat terkoneksi internet (online)
    • Opsi terakhir, jika memang sudah merasa tidak memungkinkan smartphone akan didapat kembali, sobat bisa menghapus semua data di dalam smartphone tersebut.
    • Tapi ingat, setelah semua data smartphone android sobat terhapus maka nantinya sudah tidak bisa dilacak lagi.
  6. Jika GPS di smartphone yang hilang sudah tidak aktif, maka biasanya hanya akan ditampilkan lokasi terakhir ketika aktif atau lokasi teraakhir yang terlacak. Sobat tidak bisa melacak secara realtime posisi smartphone tersebut, tetapi masih bisa melakukan 3 opsi diatas (Bunyikan suara, amankan perangkat, hapus data) selama smartphone terhubung ke internet.
  7. Di Google Find My Device juga bisa melihat IMEI smartphone android jika suatu saat diperlukan. Untuk melihatnya IMEI nya, cukup klik icon i

Cara Melacak Smartphone Android yang hilang dengan Google Find My Device melalui Aplikasi Find My Device dari Playstore

  1. Gunakan smartphone lain untuk mendownload dan menginstall aplikasi Find My Device
  2. Buka aplikasi Find My Device
  3. Login dengan menggunakan akun google yang digunakan di smartphone android sobat yang hilang
  4. Setelah berhasil login maka akan terlihat opsi dan maps seperti yang terlihat jika mengakses Google Find My Device via web browser
  5. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan (Putar Suara, Amankan Perangkat, atau Hapus Data) seperti yang telah dmiftah jelaskan diatas.

Demikian tutorial Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Find My Device. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close