Huawei: Ponsel Pertama yang Bisa Mengirim Pesan Lewat Satelit

Sehari sebelum acara "Apple September", Huawei mengumumkan rilis produk barunya, seri Mate 50. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur yang ditunggu-tunggu hadir di iPhone 14, yaitu fitur untuk mengirim teks melalui komunikasi satelit. 

Huawei Mate 50 Pro

Mate 50 dan Mate 50 Pro diklaim Huawei akan dapat mengirim teks pendek berupa SMS dan memanfaatkan navigasi berkat jaringan satelit global BeiDou China. Dengan memanfaatkan satelit tersebut, dapat diartikan ponsel Huawei tersebut mampu berkomunikasi di area yang tidak tercover sinyal seluler. Baca juga Review Samsung Galaxy Z Fold 4

Seri unggulan dari ponsel Huawei Mate 50 ini hanya menyertakan versi 4G saja dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan dibekali RAM 8GB. Sedangkan Huawei Mate 50 Pro hadir dengan layar OLED 6,74 inci yang sedikit lebih besar dari saudaranya (Mate 50) yang hanya 6,7 inci saja dengan kecepatan refresh 120Hz.

Tetapi keduanya kompak dalam hal kamera. Baik Huawei Mate 50 maupun Mate 50 Pro, sudah dilengkapi dengan kamera belakang (kamera utama) 50 megapiksel dengan lensa aperture variabel dengan stop dari f/1.4 hingga f/4. 

Yaa di sebagian besar kamera smartphone memang menggunakan aperture tetap, jadi aperture yang bergerak rapi, tetapi lensa itu sendiri sangat kecil sehingga tidak mungkin menimbulkan beberapa perbedaan yang berarti dalam kedalaman bidang di sebagian besar situasi.

Kedua model memiliki 13-megapiksel f/2.2 ultrawide, tetapi meskipun masing-masing memiliki lensa telefoto, Huawei 50 Pro memiliki kamera 64-megapiksel yang ditingkatkan yang mampu melakukan zoom digital hingga 200x . Sedangkan Huawei Mate 50 standar menawarkan zoom digital hingga 100x dengan resolusi lebih rendah, yaitu 12- sensor megapiksel.

Jika kita ingat-ingat, akhir-akhir ini memang banyak tersiar kabar tentang komunikasi berbasis satelit. T-Mobile dan SpaceX pun baru saja mengumumkan kemitraan mereka yang bertujuan untuk menghadirkan fitur ini kepada pelanggan T-Mobile melalui satelit Starlink. Sedangkan fitur pesan satelit Apple telah menjadi rumor yang tidak berujung sejak tahun lalu.

Dilansir dari theverge.com, dalam hal pengembangan jalur komunikasi berbasis satelit ini, kemungkinan besar teknologi yang bisa dinikmatinya masih terbatas, apalagi diawal kemunculannya ini. T-Mobile sendiri mengatakan sistemnya akan memungkinkan pengiriman pesan teks dan bahkan gambar, tetapi panggilan suara dan data tidak akan ada hingga waktu yang belum ditentukan.

Dan berdasarkan deskripsi sistem Huawei, sepertinya ponsel Huawei Mate 50 ini hanya akan dapat mengirim teks melalui satelit saja, tidak akan dapat digunakan untuk menerima balasannya. 

Dalam hal ini, SMS berbasis satelit dari ponsel Huawei ini memang ditujukan untuk menyediakan koneksi darurat di tempat-tempat tanpa sinyal untuk mengirimkan pesan mendesak, bukan untuk melakukan chatting seperti pada jaringan seluler.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close