iPhone 14 untuk Indonesia Kabarnya akan Dilengkapi Slot SIM Card


Setelah iPhone 14 resmi dirilis pada Kamis, 8 September lalu saat ini ramai pecinta gadget Indonesia yang menanti kedatangannya di Indonesia. Dan bahkan sebagian sudah mulai membeli langsung diluar negeri sana.

Tetapi ada sedikit kekhawatiran tentang iPhone 14 ini yaitu tentang e-SIM yang saat ini masih belum didukung di Indonesia.

iPhone 14 untuk Indonesia Kabarnya akan Dilengkapi Slot SIM Card

Seperti kita tahu bahwa di Indonesia saat ini masih menggunakan SIM Card tipe nano-SIM dan belum mendukung e-SIM.

Tetapi baru-baru ini ada kabar baik tentang layanan SIM Card khususnya untuk iPhone 14 ini. Baca juga Apple Akan Umumkan Produk Berikut di Bulan Oktober

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, iPhone 14 yang akan dipasarkan di Indonesia ini juga akan dilengkapi dengan slot kartu SIM.

"Untuk sementara ini, konfirmasi yang telah kami terima dari Apple bahwa varian iPhone 14 yang akan dipasarkan di Indonesia nantinya tersedia dengan spesifikasi slot SIM card dan eSIM," ujar Saki dalam peluncuran Program NexDev 2022.

Namun demikian, imbuh Saki, pihaknya sampai saat ini masih menunggu konfirmasi mutakhir tentang kepastian adanya slot kartu SIM di iPhone 14.

"Kami akan menunggu konfirmasi resmi lebih lanjut dari Apple," imbuhnya.

Di Indonesia sendiri, untuk implementasi teknologi e-SIM tersebut saat ini masih terus diulas, terutama untuk memastikan kesiapan ekosistem industri yang mengadopsi perkembangan teknologi terbaru tersebut.

Dalam perkembangannya, pihak Telkomsel, kata Saki juga akan mematuhi regulasi atau kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah nantinya.

Sebagai informasi tambahan, Kartu Subscriber Identity Module (SIM) Elektronik atau e-SIM ini mulai dikenal di Indonesia sejak 2018 silam.

Baik Apple maupun Samsung sebelumnya sudah pernah meminta kepada asosiasi penyelenggara GSM (GSMA) untuk mendukung rencana implementasi e-SIM Card tersebut.

Apple dan Samsung sama-sama ingin menciptakan standar SIM baru atau e-SIM yang nantinya bisa digunakan ke dalam perangkat dan bisa diprogram untuk berganti-ganti operator. Baca juga Review Samsung Galaxy Z Fold 4 : Ponsel Premium Samsung yang Sedang Hits

Teknologi eSIM ini merupakan teknologi kartu SIM digital yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengaktifkan paket seluler dari operator telekomunikasi tanpa harus menggunakan nano-SIM seperti yang saat ini masih banyak digunakan di Indonesia.

eSIM nantinya di aktivasi secara jarak jauh dengan profil berlangganan (subcribe) yang tersedia di operator lokal di mana perangkat akan digunakan.

Di Indonesia sendiri, saat ini Smartfren merupakan satu-satunya operator telekomunikasi yang baru menyediakan teknologi eSIM.

Di tahun 2019 lalu, Smartfren resmi mengenalkan layanan e-SIM untuk digunakan pengguna smartphone di Indonesia. Baca juga Cara Setting Set Top Box Matrix Apple HD

Sedangkan untuk layanan operator lainnya seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata hingga saat ini belum resmi merilis eSIM.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close