Usai Apple September, Apple akan Mengumumkan Rilis Produk Berikut di bulan Oktober

Setiap tahunnya Apple selalu giat mengadakan event peluncuran produknya di bulan September, atau yang lebih dikenal dengan istilah Apple September.

Apple akan Mengumumkan Rilis Produk Berikut di bulan Oktober

Di acara Apple September ini saja contohnya. Apple akan merilis produk barunya yaitu iPhone 14, Apple Watch 8, AirPods Pro 2, Mixed Reality Headset, dan bahkan produk lainnya (mungkin).

Akan tetapi, setelah acara Apple September ini rumornya Apple juga sudah mempersiapkan untuk pengumuman produk-produk Apple lainnya.

Penasaran apa saja produk-produk yang akan dirilis Apple selanjutnya? Simak terus ulasannya yaa.

Produk-produk Apple yang Akan Diumumkan di Bulan Oktober 

Ya, bulan September memang baru memasuki minggu pertama, dan acara Apple September pun belum usai. Akan tetapi, meskipun masih 3 mingguan lagi menuju bulan Oktober, telah beredar kabar daftar dari beberapa produk Apple yang akan diumumkan di bulan tersebut.

Dilansir dari Macrumors, beberapa produk Apple yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. iPad Pro Dengan Chip M2

iPad Pro Dengan Chip M2
iPad Pro Dengan Chip M2 - foto: Macrumors

Kabar pertama mengenai produk Apple yang akan di umumkan pada Oktober ini adalah dari seri iPad.

Apple berencana untuk merilis model iPad Pro baru yang dibekali chip M2 dan dilengkapi dengan dukungan pengisian daya nirkabel MagSafe

Kedua model iPad Pro, baik untuk yang 11 inci maupun 12,9 inci ini di ekspektasikan akan di update, meskipun untuk yang model 11 inci masih belum begitu yakin tentang penyematan layar mini LED nya. Baca juga Apple Watch Series 8: Dilengkapi Sensor Suhu dan Pendeteksi Kecelakaan

Model iPad Pro baru tersebut akan memiliki desain sasis yang serupa dengan model iPad saat ini, akan tetapi akan ada tambahan berupa konektor empat pin di tepi atas dan bawah. Hingga saat ini masih belum jelas fungsi dari adanya konektor tersebut, apakah untuk menggantikan Smart Connector tiga pin yang sudah ada atau bukan.

Terakhir kali iPad Pro yang di update pada April 2021 silam, Apple menambahkan fitur baru termasuk chip M1, port Thunderbolt, dukungan jaringan 5G, layar mini-LED untuk model 12,9 inci, serta kamera depan 12 megapiksel yang ditingkatkan dengan dukungan fitur Center Stage Apple.

2. iPad Generasi ke-10

iPad Generasi ke-10
foto: Macrumors

Selanjutnya Apple juga diperkirakan akan merilis iPad entry-level yang didesain ulang dengan layar 10,5 inci yang lebih besar dari versi sebelumnya, port USB-C, dan sasis bertepi datar dengan tonjolan kamera belakang.

Sisi lainnya, dikabarkan iPad Generasi ke-10 ini akan dibekali chip A14 Bionic dengan dukungan jaringan 5G. Meskipun jack audio/headphone akan ditiadakan, tombol beranda Touch ID kabarnya akan tetap disematkan.

Dalam sebuah questionable report dari Mac Otakara, diklaim bahwa iPad generasi ke-10 ini benar-benar akan menampilkan tombol daya Touch ID di tepi atas sasis, seperti iPad Air dan iPad mini terbaru. Dari laporan tersebut juga diklaim bahwa kamera FaceTime bisa diposisikan di bezel kanan perangkat untuk penggunaan landscape.

Sebelumnya iPad generasi ke-9 dirilis Apple pada bulan September 2021 dengan fitur-fitur utama seperti layar 10,2 inci, chip A13 Bionic, kamera depan 12 megapiksel dengan dukungan fitur Center Stage, True Tone, dan menggandakan penyimpanan internal. 

3. Lebih Banyak Mac Dengan Chip M2-nya

Di akhir Agustus silam, Gurman mengatakan bahwa Apple tengah mengerjakan model Mac mini, MacBook Pro, dan Mac Pro yang berbasis Chip M2. Dia juga menambahkan bahwa kemungkinan produknya tersebut akan dapat dijumpai sekitar dua bulan dari sekarang (bulan Oktober). Tapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa pengumuman resminya akan dilakukan pada akhir tahun atau bahkan tahun depan.

⇨ Mac mini Dengan Chip M2 dan M2 Pro

Mac mini Dengan Chip M2 dan M2 Pro
foto: Macrumors

Pada bulan November 2020 lalu Apple telah merilis Mac mini dengan chip M1 sebagai salah satu dari tiga Apple silicon Mac pertamanya. Ditahun ini, setelah hampir dua tahun kemudian, versi baru Mac mini dengan chip M2 akhirnya sudah sangat dekat.

Saat ini Apple masih menjual Mac mini dengan harga lebih tinggi yang disematkan prosesor Intel di dalamnya, tetapi menurut Gurman prosesor tersebut akan segera digantikan oleh model dengan chip M2 Pro.

⇨ MacBook Pro Dengan Chip M2 Pro dan M2 Max

MacBook Pro 14 inci dan 16 inci generasi berikutnya dari Apple dengan chip M2 Pro dan M2 Max saat ini sedang dalam pengembangan dan pengujian dan direncanakan untuk dirilis di awal musim gugur ini. 

Meskipun beberapa kabar menunjukkan bahwa chip M2 Pro dan M2 Max mungkin merupakan chip 3nm pertama Apple, tetapi tampaknya akan semakin besar juga kemungkinannya bahwa chip tersebut akan tetap 5nm. Chip akan memiliki peningkatan kinerja dari chip M1 Pro dan M1 Max, serta adanya peningkatan jumlah inti GPU dan memori (RAM).

⇨ Mac Pro Dengan Chip M2 Ultra dan M2 Extreme

Setelah mengumumkan Mac Studio di acara Maret 2022 lalu, Apple mengatakan bahwa Mac Pro Tower versi Apple Silicon akan ada di kemudian hari.

Mac Pro Dengan Chip M2 Ultra dan M2 Extreme
Mac Pro Dengan Chip M2 Ultra dan M2 Extreme - foto: Macrumors

Jika kita mengingat kembali ke tahun 2022 lalu, Apple mengatakan akan ada transisi perangkatnya dari prosesor Intel ke chip Silikon Apple di seluruh jajaran Mac dan akan memakan waktu sekitar dua tahun. Untuk itu, di akhir tahun ini diharapkan Mac Pro diumumkan Apple dengan upgrade teknologi tersebut.

Kabarnya Mac Pro baru akan dilengkapi dengan chip "M2 Ultra" dan "M2 Extreme". Ada kemungkinan juga Mac Pro baru akan dirilis dalam bentuk yang lebih kecil karena peralihan ke Apple Silicon. Baca juga Huawei: Ponsel Pertama yang Bisa Mengirim Pesan Lewat Satelit

Sedangkan untuk pc Apple sendiri saat ini masih belum jelas, apakah akan mengalami perubahan desain besar-besaran atau tidak.

Dari sisi pengguna, banyak yang menilai bahwa Mac Pro baru ini akan menjadi Mac tercepat yang pernah ada, memuncaki Mac Studio dengan chip M1 Ultra-nya tersebut.

4. Apple TV dengan Chip A14?

Apple TV dengan Chip A14
Apple TV - Foto: Macrumors

Dari segi produk non-gadget, menurut analis Ming-Chi Kuo, Apple berencana untuk meluncurkan Apple TV baru dengan "struktur biaya yang lebih baik" pada paruh kedua tahun 2022 ini. Ya walaupun memang belum ada kejelasan tentang pengumuman resminya, entah di bulan Oktober ini atau bukan.

Memang, Apple mengakui bahwa saat ini tengah mengembangkan Apple TV yang baru dengan Chip A14 dan RAM 4GB, tetapi tidak jelas apakah model ini sama dengan yang dimaksud Kuo atau bukan. Bagaimanapun juga, peningkatan internal akan menghasilkan kinerja yang lebih cepat jika dibandingkan dengan Apple TV 4K saat ini yang sudah dilengkapi dengan chip A12 dan RAM 3GB.

Dirilis pada April 2021 silam, Apple TV 4K saat ini dijual mulai dari Rp 2,6 jutaan dengan penyimpanan 32 GB, sementara Apple TV HD tetap tersedia dengan kisaran harga $149 atau sekitar Rp 2,2 jutaan. Baca juga Cara Setting Set Top Box Matrix HD untuk Siaran TV Digital

Sebagai perbandingan, sebenarnya ada banyak sekali streaming stick dari merek lain seperti Chromecast dan Roku yang tersedia dengan harga yang lebih murah yaitu antara Rp 350 ribu hingga Rp 1,5 juta.

5. Tanggal Rilis iPadOS 16 dan macOS Ventura

Apple mengatakan bahwa iPadOS 16 dan macOS Ventura akan dirilis pada bulan Oktober, dan tanggal tepat perilisannya kemungkinan akan diumumkan pada acara tersebut.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close