11 Tips Penting Sebelum Membeli Laptop Bekas

Bagaimana caranya untuk membeli laptop bekas agar tidak tertipu?
Apa saja tips untuk membeli laptop bekas agar mendapatkan laptop bekas yang berkualitas

Halo sobat dmiftah! Apa kabar? Mudah-mudahan sehat semua ya.

Kebutuhan laptop di zaman sekarang terus mengalami peningkatan. Yang tadinya laptop hanya digunakan untuk kalangan tertentu saja, sekarang telah bergeser ke hampir semua ranah profesi ataupun usia.

Tren penggunaan laptop juga akhir-akhir ini meningkat pesat seiring dengan adanya program pembelajaran daring yang disebabkan oleh pandemi.

Meskipun tidak wajib, tapi laptop menjadi kebutuhan tambahan untuk siswa karena dalam proses pembelajaran daring ini siswa tersebut lebih sering menerima tugas yang harus dikerjakan masing-masing khususnya tugas yang sekolah yang dikerjakan dengan komputer atau laptop.

Dikalangan masyarakat kelas ekonomi kebawah, laptop termasuk kebutuhan tersier yang artinya hanya akan dibeli jika memang sudah sangat diperlukan. Tetapi sekarang ini untuk memiliki Laptop tidak harus dengan harga yang mahal. Sudah banyak laptop bekas yang bisa didapat dengan harga yang murah tetapi cukup berkualitas bahkan mempunyai spesifikasi yang wah.

Apa itu Laptop Bekas?

Dari istilahnya sudah jelas ya, yang pasti bukan laptop baru dan bersegel. Laptop bekas yang dimaksud adalah laptop yang dibeli bukan dari produsen atau toko dan sudah pernah dipakai oleh pemilik sebelumnya, terlepas sang pemilik menggunakannya sebentar atau lama.

Jenis-jenis Laptop Bekas

Saat ini untuk laptop bekas yang banyak tersedia di pasaran ada dua macam.

Laptop Bekas dari User/Perorangan

Laptop ini adalah laptop bekas yang memang sebelumnya digunakan oleh perorangan atau pribadi seperti pada umumnya. Laptop bekas ini biasanya dijual di toko-toko lokal karena toko-toko laptop tersebut menerima pembelian laptop pengguna di sekitar daerah tersebut.

Kondisi dari laptop seperti ini sangat bergantung pada penggunaan user sebelumnya. Jika user sebelumnya apik, tentu laptopnya pun akan mulus. Jika ada minus pun biasanya hanya minus pemakaian wajar.

Tetapi jangan khawatir, jika sudah masuk toko untuk kondisi hardware dan software laptop biasanya  sudah dilakukan perbaikan sehingga kembali menjadi layak pakai. Tidak jarang pula oleh toko langsung di upgrade agar performa laptop menjadi lebih baik.

Laptop bekas seperti ini juga biasanya berupa spek dan seri yang sangat umum beredar, jadi lebih mudah dikenali.

Laptop Bekas dari Lelang/Kantoran/Build Up/Impor

Laptop bekas jenis ini adalah laptop yang merupakan hasil lelang suatu vendor atau perusahaan. Vendor tersebut melelang atau memborong laptop dalam jumlah besar dari suatu perusahaan.

Perlu sobat dmiftah ketahui, biasanya suatu perusahaan hanya menargetkan penggunaan laptop dalam jangka waktu tertentu saja, misal 1 tahun. Setelah 1 tahun, maka perusahaan akan melakukan pengadaan barang yang baru, dan laptop tersebut tentu saja di jual dengan sistem lelang tersebut.

Laptop hasil lelang inilah yang akhir-akhir ini marak dijual dipasaran.

Ada juga yang disebut dengan istilah Laptop Build Up atau Impor.

Lah tapi kan laptop emang build up, bukan rakitan! 

Iya betul. Sejauh yang dmiftah ketahui, laptop build up yang dimaksud disini adalah laptop model tertentu yang di produksi untuk wilayah tertentu saja. Misal hanya di produksi untuk wilayah Tiongkok atau Jepang saja, dan sebagainya. 

Laptop build up ini memiliki ciri model atau seri nya yang tidak umum karena memang hanya dipasarkan untuk wilayah tertentu saja. Pada layout keyboard laptop ini juga biasanya terdapat tulisan bahasa atau huruf negara target penjualannya, misal ada tulisan China, Jepang, dan seterusnya.

Tempat Jual Laptop Bekas

Saat ini banyak sekali toko fisik maupun online yang menjual laptop bekas. Sobat dmiftah hanya perlu mencari referensi baik dari teman dekat ataupun melakukan pencarian di google atau marketplace.

Dmiftah sendiri tidak bisa merekomendasikan toko tertentu untuk pembelian laptop bekas ini, karena setiap toko punya kelebihan masing-masing. Baca juga Membeli Laptop itu Lebih Baik Toko Online atau Toko Offline?

11 Tips Penting Sebelum Membeli Laptop Bekas Agar Berkualitas

Ada beberapa Tips Penting untuk sobat dmiftah jika ingin membeli laptop bekas, diantaranya

  1. Perhatikan Spesifikasi Laptop
  2. Spesifikasi laptop yang akan dibeli adalah hal pertama yang harus sobat dmiftah perhatikan. Sebaiknya tentukan spesifikasi laptop yang diinginkan sebelum melakukan review atau melihat laptop ke toko agar lebih mudah mendapatkan laptop yang diinginkan.

    Jangan sungkan untuk menyampaikan spek laptop yang diinginkan kepada penjual atau toko. Toko biasanya akan menunjukkan laptop yang sesuai dengan keinginan untuk selanjutnya kamu pilih atau lihat-lihat.

    Setelah toko menunjukkan laptop sesuai dengan spek yang sobat inginkan, jangan lupa kesesuaian spesifikasi laptop tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa laptop yang akan kamu beli memang benar memiliki spesifikasi sesuai yang ditawarkan.

    Tapi cara seperti ini berlaku jika kamu melakukan pembelian langsung ke toko ya sobat. Untuk melakukan pengecekan spesifikasi laptop atau Komputer, sobat dmiftah bisa baca Cara Cek Spesifikasi Laptop atau Komputer

  3. Cek Kondisi Fisik Laptop
  4. Kondisi fisik laptop ini adalah hal berikutnya yang harus sobat dmiftah cek. Bukan hanya tentang goresan, kondisi fisik pada laptop juga menandakan apik atau tidaknya pengguna laptop itu sebelumnya. Jika memang tidak apik, bukan tidak mungkin laptop tersebut sebelumnya sering terbentur atau terjatuh yang bisa berpengaruh pada komponen laptop yang lain.

    Jangan lupa untuk mengecek engsel laptop. Jika pemakaian sebelumnya sangat sering, engsel ini bisa jadi sudah mulai kaku yang akhirnya rawan patah. Engsel laptop yang kaku juga akan mengakibatkan kerusakan pada casing laptop.

  5. Cek setiap Permukaan, Sisi, dan Sudut Laptop
  6. Lakukan pengecekan pada setiap permukaan laptop dari goresan atau bekas benturan. Bekas benturan pada body atau permukaan laptop biasanya jelas terlihat atau teraba. Sebaiknya sobat dmiftah memilih laptop lain jika memang terdapat bekas benturan pada laptop yang di cek.

  7. Cek Permukaan Layar atau LED Laptop
  8. Sobat dmiftah, permukaan layar laptop juga penting untuk di cek. Jika penggunaan sebelumnya tidak apik, pada permukaan layar ini biasanya terdapat bekas coretan pulpen, atau garis horizontal bekas debu yang mengering.

    Noda-noda tersebut umumnya masih bisa dibersihkan, tetapi jika tidak bisa dibersihkan mungkin sobat dmiftah akan merasa kurang nyaman saat laptop tersebut digunakan walaupun tidak mengganggu fungsi dari layar tersebut.

  9. Perhatikan Core dan Generasi Processor
  10. Processor merupakan otak dari laptop. Ini penting diperhatikan karena semua proses pengolahan data berpusat di processor ini.

    Cari dan pilihlah processor yang memiliki jumlah core dan generasi yang baru. Jika memang tidak ada processor dengan jumlah core dan generasi terbaru, sobat dmiftah bisa mempertimbangkan generasi dibawahnya yang penting jangan terlalu jadul.

    Perlu diingat juga, processor merupakan komponen laptop atau komputer yang tidak bisa di upgrade, jadi pilih dengan baik ya sobat.

  11. Perhatikan Kapasitas RAM
  12. RAM berfungsi sebagai media penyimpanan sementara saat proses pengolahan data di laptop atau komputer. Untuk mendapatkan performa laptop yang baik, kapasitas RAM ini harus balance dengan kinerja processor dan target penggunaan laptop.

    Dmiftah rekomendasikan carilah laptop bekas yang setidaknya sudah mempunyai RAM 4 GB.

    Lebih baik lagi kalau di laptop tersebut baru 1 slot RAM saja yang terpakai, untuk persiapan kedepannya jika ingin melakukan penambahan RAM atau upgrade.

  13. Perhatikan Storage atau Penyimpanan
  14. Penyimpanan merupakan hal yang harus sobat dmiftah perhatikan jika ingin membeli laptop, terutama laptop bekas. Dengan semakin up to date nya Sistem Operasi dan Program Aplikasi, saat ini diperlukan kapasitas penyimpanan yang besar untuk laptop.

    Belum lagi data pribadi yang akan disimpan. Data foto, musik, video dan dokumen pun saat ini cukup besar karena perkembangan kualitas dokumen yang semakin meningkat.

    Dmiftah rekomendasikan pilih laptop yang mempunyai kapasitas penyimpan setidaknya 320 GB (lebih besar lebih baik). Lebih baik lagi kalau penyimpanannya sudah menggunakan SSD.

    SSD terbukti mempunyai kecepatan yang jauh lebih baik dari Harddisk dalam membaca dan menulis data. Dengan menggunakan SSD, Booting, Loading Sistem Operasi dan program aplikasi akan semakin wuss.

    Tapi tenang, laptop seri lama yang belum pakai SSD juga bisa kok nantinya diganti atau ditambah jadi dual storage dengan SSD, cuma harus siapin budget tambahan aja.

  15. Lakukan Pengecekan Fungsi dari Setiap Komponen Laptop
  16. Seperti halnya komputer, laptop juga terdiri dari berbagai macam komponen. Lakukan pengecekan terhadap performa dan kesehatan tiap komponen laptop agar sobat dmiftah terhindar dari biaya extra setelah laptop dibeli. Baca juga Cara Melakukan Pengecekan Komponen Laptop Bekas.

  17. Cari Toko atau Penjual Laptop yang Terpercaya
  18. Toko atau penjual bukan hanya sekedar harga saja yang harus di seleksi, tapi kualitas laptop yang ditawarkan juga harus sesuai.

    Carilah toko yang sudah memiliki reputasi yang baik atau carilah rekomendasi toko dari teman atau orang lain yang dapat dipercaya.

  19. Pastikan Laptop Memiliki Garansi
  20. Setiap barang elektronik bukan hal yang tidak mungkin akan adanya kerusakan, baik itu cacat produksi atau karena hal lainnya.

    Pastikan laptop yang dibeli memiliki garansi perbaikan atau penggantian hardware. Perlu sobat dmiftah ingat, laptop bekas pun biasanya ada jaminan atau garansi dari toko, walaupun hanya satu atau dua bulan saja.

  21. Tips yang terakhir, sebagai pengingat saja. Jangan berharap lebih dengan Laptop Bekas.
  22. Yang namanya produk bekas tentu saja performa dan ketahanannya tidak akan se kencang laptop baru. Sobat dmiftah harus siap jika suatu saat laptop bekas yang dibeli perlu di service atau penggantian komponen. Tapi jika digunakan dengan baik dan mendapat sedikit 'keberuntungan' laptop bekas pun bisa bertahan lama.

Kesimpulan

Untuk memenuhi kebutuhan laptop tidak harus dengan membeli laptop baru, apalagi jika dengan budget yang tidak terlalu besar. Laptop bekas bisa menjadi pilihan.

Selama selektif dalam memilih laptop, kualitas dan ketahanan laptop bekas masih layak diperhitungkan. Jangan lupa untuk memastikan ketersediaan Garansi Toko terutama untuk garansi Hardware.

Demikian ulasan dmiftah tentang  11 Tips Penting Sebelum Membeli Laptop Bekas. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close