4 Tips Memilih Laptop Yang Tepat

Halo sobat dmiftah! Apa kabar? Mudah-mudahan sehat ya.

Setelah di artikel sebelumnya dmiftah mengulas seluk beluk Laptop pada Sejauh apa kamu mengenal Laptop?, nah kali ini masih melanjutkan tentang laptop,

dmiftah akan membagikan 4 Tips Memilih Laptop Yang Tepat Agar Efisien Penggunaan dan Budgetnya.

cara-memilih-laptop-yang-tepat

Laptop secara umum termasuk kedalam kebutuhan tersier karena tidak semua orang memerlukannya dan lagi Laptop merupakan salah satu barang yang mewah, meskipun bagi beberapa orang persepsi mewah tidak sama. Pemilihan Laptop sendiri, menurut dmiftah merupakan hal yang penting.

Kenapa? Karena dmiftah yakin para pengguna laptop berharap agar laptop yang dimilikinya bisa awet atau tahan lama. Ataupun setidaknya tidak bolak-balik service center untuk melakukan perbaikan. 

Kenali Dulu Alasan Kenapa Harus Memilih Laptop Yang Tepat

Mempunyai laptop yang sering ngadat bukan hanya tentang budget saja yang kebobolan, tapi tenaga dan waktu pun ikut terbuang. Belum lagi buat kamu yang memang sedang ada pekerjaan tertarget atau deadline, pasti puyeng kan kalo laptop lagi butuh-butuhnya tapi malah manja luar biasa (ngadat melulu) 😃

Selain itu salah beli laptop akan terasa pusing luar biasa ketika misalnya laptop itu akan kamu gunakan untuk keperluan pekerjaan, tetapi pas mau dipakai malah gak bisa, mentok, kalaupun bisa memakan waktu yang lama (lemot).

laptop-yang-tepat

Untuk itu pemilihan Laptop yang tepat jangan sampai kamu sepelekan ya sobat dmiftah.

Pilih Tempat Membeli Laptop yang Tepat

Dimana sih toko terbaik untuk membeli Laptop?

Bicara tentang penjual laptop, di era Society 5.0 ini sudah banyak sekali bertebaran toko-toko yang menawarkan produk-produknya, dari mulai toko fisik atau toko yang mempunyai lokasi (saja) ataupun toko online yang menjajakan produknya di Marketplace, Website, dan Akun sosial media. 

Untuk rekomendasi toko tertentu, dmiftah tidak bisa menunjuk satu atau dua toko-toko tertentu saja karena setiap penjual memiliki best service nya masing masing. Ada yang lebih mendalam dalam menjelaskan produk, ada yang lebih banyak memberikan saran terkait produk, ada yang lebih meyakinkan dengan keunggulan garansi, dan lain-lain.

Selain itu, menunujuk toko tertentu tidak begitu penting dikarenakan lokasi yang mungkin tidaklah dekat dengan sobat dmiftah yang sedang memerlukan misalnya, dan lagi dmiftah tidak mempunyai perjanjian kerja sama dengan toko tertentu untuk membantu memasarkan tokonya 😛

Toko fisik atau Online?
membeli-laptop-ke-toko-atau-online

Ini pertanyaan yang sering dmiftah dengar dari pembeli khususnya pengguna yang baru terjun dalam dunia teknologi.

Sebenarnya lebih baik beli dari mana? Toko fisik atau toko online? 

Sebelum dmiftah menjawab pertanyaan itu, sepertinya lebih baik kalau kita ulas dulu kedua jenis toko tersebut 

Toko Fisik (Offline)

Yang dimaksud dengan Toko Fisik (Offline) adalah toko konvensional atau toko-toko biasa yang menjual produk di lokasi tetap dan menjalankan transaksi jual belinya hanya di toko tersebut. Di toko seperti ini, pembeli datang ke toko, memilih dan menawar barang, kemudian bertransaksi dan membawa barangnya jika semua proses transaksi selesai.

Kelebihan dari toko fisik ini adalah pembeli dapat secara langsung melihat produk yang diinginkan. Dalam beberapa produk, bahkan pembeli dapat melakukan short tes sebelum barang idamannya dibawa pulang.

Hal ini memberikan nilai lebih bagi pembeli karena setidaknya produk yang dibeli sudah dipastikan Oke atau tidak cacat. 

Di toko fisik ini juga segala bentuk transaksi dilakukan secara face to face. Penting? Ya walau bagaimanapun transaksi pembayaran dengan cara berhadap-hadapan langsung lebih memberikan nilai kepercayaan kepada pembeli. Pembeli setidaknya tahu, yang menerima pembayarannya itu orangnya yang mana, tempatnya dimana, dan seterusnya. 

Pembelian dengan langsung datang ke toko juga memungkinkan calon pembeli lebih nyaman dalam berdiskusi khususnya mengenai barang yang akan dibeli. Disinilah letak service excellent yang diharapkan pembeli. Pembeli mengharapkan kepuasan dari berbagai pertanyaan yang bahkan mungkin sudah disiapkan semenjak dari rumah sebelum berangkat ke toko 😄

Selain itu diskusi produk di toko kadang kala menyelesaikan beberapa masalah yang tidak diduga sebelumnya, misalkan produk yang rencana dibeli ternyata tidak ada dan malah mendapat penawaran produk yang lebih baik, atau tak jarang mendapat kesempatan untuk membandingkan beberapa produk secara langsung untuk mendapatkan pilihan terbaik.

Dan yang paling best, tawaran harga. 

Proses tawar menawar harga secara langsung dengan pemilik toko memiliki nilai atau rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan proses tawar menawar secara online. Sobat dmiftah yang sering melakukan tawar menawar di toko pasti lebih paham :D

Namun kekurangan dari toko fisik seperti ini, mungkin bagi sebagian orang yang menginginkan hal praktis untuk membeli barang tanpa datang ke tempat akan jadi masalah. Zaman ini musimnya orang-orang anti ribet, apalagi orang-orang dengan kesibukan tinggi. Maunya Cari-Bayar-Antarkan. Pembeli tinggal menunggu di rumah tanpa harus menghabiskan waktu dan tenaga. 

Toko Online

Toko online dapat diartikan toko atau penjual yang memiliki fisik toko (tempat jual beli tetap) ataupun tidak, yang menawarkan produknya di media online seperti marketplace, website, atau akun sosial media dan melakukan transaksi jual beli secara online (biasanya dalam bentuk transfer uang atau bayar di tempat setelah barang di terima).

Toko online ini memiliki keunggulan dalam hal transaksi pembayaran yang lebih fleksibel, mudah, dan praktis. Pembayaran bisa lewat transfer bank, kartu kredit, dompet digital, bahkan akun pembayaran global seperti paypal, dan lain-lain.

Proses transaksi seperti ini merupakan cara modern dan sangat mudah dilakukan, tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga, bahkan biaya (untuk ongkos keliling kesana kemari)

Transaksi di toko online juga tidak terbatas area atau wilayah. Beda kota, beda provinsi, beda pulau bahkan beda negara pun tidak menjadi masalah. Makanya tidak jarang pembeli zaman sekarang yang membeli langsung produk nya dari luar negeri.

Satu hal yang mendasar dari produk yang dijual di toko online ini. Harga. Ya, produk yang dijual di toko online banyak sekali yang harganya murah, bahkan tak jarang harganya dibawah harga pasaran atau harga jual di toko-toko offline/toko biasa.

Namun kekurangan dari transaksi secara online ini diantaranya pembeli harus lebih jeli terhadap produk yang dijual. Deskripsi produk yang ditawarkan harus benar-benar diketahui sebelum proses transaksi dilakukan. Karena pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung, foto dan video produk juga harus benar-benar diperhatikan agar produk yang akan dibeli sesuai dengan keinginan. Review dari pembeli yang lain juga bisa menjadi acuan. Jika memang meragukan, sebaiknya mencari toko lain saja. 

Nah setelah membaca penjelasan diatas, gimana nih sobat dmiftah, mau di toko offline atau Online? 

Sobat dmiftah bisa pertimbangkan mana pilihan terbaik, ditambah dengan beberapa kondisi tambahan yang mempengaruhi, misal urgensi kebutuhan (buru-buru atau tidak), ketersediaan produknya, dan lain sebagainya.

Lakukan Persiapan dan Perencanaan

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Membeli Laptop
siapkan-budget-yang-sesuai

Tetapkan Tujuan

Ini salah satu hal yang sangat penting. Menurut dmiftah, tujuan dari membeli laptop ini adalah hal utama.

Laptop itu mau dipakai untuk apa. 

Karena dengan tujuan yang jelas, kamu bisa lebih mudah menentukan spesifikasi Laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu tersebut.

Misal, jika kamu mau menggunakan laptop untuk keperluan kuliah jurusan Teknik Sipil, maka diperlukan laptop yang setidaknya bisa menjalankan program aplikasi menggambar seperti AutoCAD, Sketchup atau 3D Max.

Siapkan Budget

Selanjutnya budget. Menentukan budget akan lebih mudah jika kamu sudah menentukan tujuan yang dmiftah jelaskan diatas. Memang laptop dengan spesifikasi yang sama memiliki variasi harga yang berbeda sesuai dengan produsen atau merk nya. 

Tapi perbedaan harganya tidak begitu jauh sih biasanya. Sobat dmiftah tinggal atur-atur mana yang lebih sesuai dan pas di hati. Aaa cieee 😍

Cari Referensi Harga dan Spesifikasi Laptop

Mencari referensi yang dimaksud disini adalah mengenai referensi harga dan spesifikasi laptop yang diperlukan seperti yang telah sedikit dmiftah sebutkan di poin pertama tadi.

Untuk referensi harga, sekarang banyak sekali acuan harga yang bisa kamu cari di internet. Bahkan produsen laptopnya pun sudah memiliki Official Store atau toko resmi secara online, baik yang berupa website, ataupun di marketplace. Referensi harga berguna agar laptop yang dibeli sesuai dan terhindar dari penipuan. 

Kita menginginkan laptop yang murah tapi asli dan berkualitas. Itu sudah pasti, semua pembeli maunya seperti itu. 😝 

Tapi kita juga patut curiga jika harga yang ditawarkan turun drastis dari harga pasaran. 

Selanjutnya carilah spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan di internet atau komunitas yang lebih spesifik, seperti forum, atau grup di akun media sosial. 

Akan lebih enak lagi kalau bertanya langsung kepada teman atau orang lain yang memang lebih tahu tentang hal itu. Kalau gak ada? Tenang. Jalan terakhir tanya langsung ke penjualnya.

Jadilah Smart Buyer

Smart buyer bukan hanya berarti banyak nawar kemudian dapat diskon yang banyak ya sobat dmiftah. Tapi menjadi Smart Buyer lebih ke efisiensi transaksi pembelian, keaslian produk yang di dapat, dan after sales produk yang dapat dipastikan.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Laptop

Sebenarnya ada banyak faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan atau memilih laptop yang tepat. Tapi agar tidak terlalu ribet, dmiftah akan menyederhanakannya saja menjadi beberapa bagian.

Merk atau Brand

Walaupun Merk atau Brand bukanlah hal utama, tapi setidaknya carilah brand atau merk yang memang sudah terpercaya, eksis sejak lama, dan mempunyai review yang bagus tentang produknya. Sudah hal biasa bahwa suatu produk itu ada yang gagal atau cacat, tapi setidaknya carilah brand yang memiliki reputasi baik atau riwayat cacat produk yang rendah.

Service Center

perbaikan-laptop
Pusat Layanan juga menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Pastikan laptop yang dibeli mempunyai pusat layanan yang jelas agar jika suatu saat laptop tersebut mengalami kendala, kamu bisa lebih mudah menanganinya.

Menurut dmiftah, akan lebih baik jika Service Center nya sudah tersedia di kota mu. Selain lebih hemat biaya, service center yang dekat akan memberikan kemudahan lebih karena kendala atau kerusakan apapun pastinya ingin segera diperbaiki, kan? 

Garansi

Ini faktor terpenting. Laptop itu produk elektronik yang suatu saat bisa mengalami kendala atau kerusakan komponen. Meskipun beli baru, tidak menutup kemungkinan kerusakan akan terjadi. 

Garansi atau Jaminan Produk harus benar-benar dipastikan agar Laptop yang dibeli terjamin dari segala bentuk kegagalan atau cacat produksi dari produsen. Garansi yang dimaksud disini adalah garansi resmi dari Perusahaan, bukan garansi toko, jadi sobat dmiftah harus pahami yaa.

Garansi resmi ini juga menunjukkan bahwa Laptop yang kamu beli adalah laptop asli / original, bukan rakitan, imitasi, rekondisi, bahkan kaleng-kaleng 😄

Kesimpulan

Pembelian laptop sebenarnya bebas, mau tipe dan spek apapun tidak masalah. Hanya saja, pemilihan laptop yang tepat akan lebih efisien, baik dalam segi kegunaan maupun biaya yang dikeluarkan. Laptop termasuk barang mahal, dan pembelian nya sudah pasti tidak bisa ditukar atau dikembalikan. Tanpa perencanaan yang tepat, pembelian laptop hanya akan menimbulkan dilema dan permasalahan dalam penggunaan.

Demikian ulasan dmiftah tentang 4 Tips Memilih Laptop Yang Tepat Agar Efisien Penggunaan dan Budgetnya. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close