Cara Cek Fungsi dan Kondisi Laptop Bekas

Halo semuanya! Apa kabar? Mudah-mudahan sehat semua ya. Pada kesempatan kali ini dmiftah akan mengulas tentang Pentingnya Mengecek Fungsi dan Kondisi Komponen Laptop Bekas Sebelum Dibeli.

Laptop bekas mulai banyak dilirik di pasaran. Selain karena harganya yang murah, laptop bekas yang beredar di pasaran masih termasuk dalam kategori yang layak pakai.

Ini dikarenakan kebanyakan laptop yang dijual adalah laptop lelangan dari vendor yang mereka beli dari perusahaan. Baca juga Laptop Bekas Build Up/Impor

Di tahun ini laptop bekas memiliki kenaikan pasar yang cukup signifikan. Bahkan salah satu toko penjual laptop bekas mengklaim berhasil menjual produk laptop bekasnya hingga ratusan unit.

Seberapa Penting Mengecek Fungsi dan Kondisi Komponen Laptop Bekas?

Sebenarnya kalau dibilang seberapa penting, jawabannya jelas Penting Sekali.

Karena tentu saja membeli laptop bekas berbeda jauh dengan membeli laptop baru yang masih clean and fresh keluar dari pabrikan.

Diperlukan langkah-langkah ekstra agar laptop bekas yang didapatkan benar-benar dalam kondisi yang masih baik. Selain itu, tidak sedikit para penjual yang 'nakal' dan lepas tanggung jawab terhadap laptop bekas yang mereka jual.

Untuk itu, sobat dmiftah setidaknya harus tau cara mengecek setiap komponen laptop baik fungsi maupun kondisinya sebelum laptop tersebut deal dibeli.

Bagaimana cara mengecek komponen laptop jika membelinya secara online?

Ya memang sekarang ini era nya sudah berbeda. Sudah serba digital dan online.

Untuk pengecekan fungsi komponen laptop yang dibeli secara online, mau gak mau sobat dmiftah melakukannya setelah laptop deal diterima. Untuk itu pastikan bahwa toko atau penjual benar-benar memberikan jaminan atau garansi apabila laptop yang dibeli tidak sesuai, ada cacat atau terjadi error/kerusakan pada komponennya.

Cara Mengecek Fungsi dan Kondisi Komponen Laptop

Sebelum sobat dmiftah melakukan pengecekan terhadap fungsi dari komponen laptop, sebaiknya lakukan pengecekan spesifikasi latopnya terlebih dahulu. Pengecekan ini bermanfaat untuk lebih memudahkan dalam pengecekan setiap komponen lebih spesifik nantinya.

Cara Cek Kondisi Baterai Laptop

Baterai merupakan komponen penting dalam laptop karena tujuan utama penggunaan laptop sendiri adalah agar bisa mobile atau dibawa kemana-mana. Jika baterai  sudah jelek dan laptop harus di nyalakan dengan di cas ketika digunakan, ya gak jauh beda dong dengan pakai komputer

Cek Kondisi atau Performa Baterai Laptop dengan Aplikasi

Untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi baterai, langkah awal sobat dmiftah bisa menggunakan software Battery InfoView dengan cara seperti dibawah ini

  1. Siapkan aplikasi Battery InfoView
  2. Aplikasi ini hanya berukuran 2 MB dan merupakan software portable, jadi tidak perlu diinstall
  3. Ekstrak file dengan Winrar atau 7zip
  4. Selanjutnya klik Battery InfoView
  5. Pada info baterai yang ditampilkan, lihat pada Battery Health
  6. Persentase Battery Health menunjukkan tingkat kesehatan baterai laptop
  7. Meskipun bisa saja tidak sepenuhnya akurat, tetapi tingkat kesehatan baterai ini bisa jadi acuan dalam melihat atau mengecek kondisi baterai laptop

Cek Kondisi Baterai Dengan Penggunaan Laptop Secara Langsung

Sobat dmiftah, sebagai informasi saja baterai laptop bekas yang dikategorikan masih bagus dan layak pakai adalah baterai yang setidaknya masih bertahan selama 1 jam jika laptop digunakan (running aplikasi).

Untuk itu dalam mengecek performa baterainya, sobat dmiftah coba nyalakan laptop tanpa menghubungkan ke arus listrik atau cas dan bukalah berbagai aplikasi secara bersamaan. Misal dengan melakukan streaming video YouTube di browser, menonton video HD di media player, memutar musik, membuka aplikasi Office, dan lain-lain.

Baterai yang memiliki performa yang tidak baik biasanya dayanya akan langsung turun drastis bahkan lowbatt.

Cara Cek Fungsi Keyboard Laptop

Untuk melakukan pengecekan keyboard ini sobat dmiftah bisa menggunakan aplikasi atau secara online.

Cek Keyboard dengan Aplikasi atau Software

  1. Siapkan Keyboard Test Portable
  2. Ekstrak dengan Winrar atau 7zip
  3. Jalankan aplikasi Keyboard Test hingga muncul layout keyboard
  4. Tekan tombol keyboard satu persatu
  5. Jika tombol yang ditekan berfungsi normal maka akan muncul pop-up atau tombol keyboard pada aplikasi berubah warna
  6. Jika tidak muncul pop up berarti tombol keyboard tersebut tidak berfungsi atau bermasalah

Cek Keyboard Online

  1. Buka Key-Test - keyboard test online
  2. Tekan tombol keyboard satu persatu
  3. Jika Tombol keyboard berfungsi normal, maka setelah ditekan layout keyboard pada website tersebut akan berubah warna menjadi biru

Cara Cek Dead Pixel LED atau Layar Laptop

Dead pixel adalah bagian layar berupa titik-titik atau pixel kecil yang mati atau tidak menampilkan output secara normal. Dead pixel ini kadang melebar ke pixel yang lain dan ini sangat menggangu tentunya.

Walaupun begitu, Dead pixel berbeda dengan LED yang berjamur. Jamur pada layar laptop biasanya terjadi jika laptop dibiarkan dalam waktu lama untuk disimpan/tidak digunakan hingga menyebabkan layar menjadi lembab dan berjamur.

Untuk melakukan pengecekan Dead Pixel bisa dilakukan ada beberapa cara.

Cek Dead Pixel dengan Software Dead Pixel Tester (DPT)

  • Siapkan aplikasi Dead Pixel Tester
  • Jalankan DPT dengan cara double klik hingga muncul tampilan seperti berikut
  • Klik pada bagian luar jendela aplikasi untuk berganti-ganti warna
  • Cek setiap sudut dan bagian layar laptop. Jika terdapat Dead Pixel biasanya akan langsung terlihat
  • Sobat dmiftah juga bisa menggunakan tipe yang lain saat melakukan pengecekan yaitu dengan cara klik pada Pattern dan pilih pattern sesuai kebutuhan

Cek Dead Pixel secara Online

  • Buka Dead-pixel check (lcdtech.info)
  • Klik tombol Start Test
  • Layar akan menjadi solid (satu warna) dan masuk mode fullscreen
  • Klik dimana saja untuk mengganti warna
  • Amati setiap titik atau sudut layar laptop
  • Tekan ESC untuk keluar

Cara Cek Kinerja Processor dan RAM

Pengecekan Kinerja Processor dan RAM intinya bertujuan untuk mengecek performa laptop. Untuk mengecek performa laptop ini sobat dmiftah bisa menggunakan Task Manager (Windows). Dalam tab performa bisa terlihat berapa persen penggunaan CPU (processor) dan RAM.

Perlu sobat dmiftah perhatikan, jika dalam kondisi idle atau nganggur setidaknya penggunaan RAM maksimal 50%. Dan untuk penggunaan CPU atau processor biasanya malah lebih rendah yaitu bisa dibawah 15%.

Jika pada kondisi idle penggunaan RAM sudah 70% atau lebih, kemungkinannya laptop akan lemot ketika digunakan untuk membuka program aplikasi, dan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Baca juga Penyebab Kinerja RAM 100% pada Windows 10

Cara Cek Performa dan Kondisi Harddisk

Untuk melakukan pengecekan Harddisk, sobat dmiftah bisa menggunakan software HDSentinel

  • Siapkan aplikasi HDSentinel. Untuk memudahkan, pilih yang versi portable.
  • Ekstrak dengan Winrar atau 7Zip
  • Jalankan HDSentinel dengan cara double klik pada file HDSentinel.exe
  • Saat dijalankan, biasanya HDSentinel akan langsung melakukan scan kemudian menampilkan hasilnya

Jika performa dan kesehatan Harddisk sangat bagus biasanya result akan centang hijau dan terdapat keterangan no action needed. Dan pada bagian bawah result, akan ditampilkan juga perkiraan umur harddisk

Perlu sobat dmiftah perhatikan, pengujian ini tidak sepenuhnya akurat. Meskipun terdapat perkiraan umur harddisk, tapi sebaiknya sobat dmiftah melakukan backup data secara rutin jika Harddisk telah digunakan selama 3 tahun atau lebih. Baca juga: Cara Backup Data dan Sistem Operasi Windows dengan Acronis

Untuk laptop yang sudah menggunakan SSD, saat ini belum ada program aplikasi yang sangat cocok untuk mengetahui kondisi SSD. Beberapa aplikasi yang digunakan untuk pengecekan harddisk belum tentu sesuai karena sistem kerja harddisk dan SSD yang berbeda.

Tapi sobat dmiftah bisa mencoba mengecek performa SSD dengan aplikasi seperti CrystalDisk ataupun HDTune.

Untuk kondisi harddisk bisa dilakukan pengecekan tambahan dengan cara mengidentifikasi bunyi. Jika laptop dalam kondisi idle, cobalah untuk mengarahkan telinga ke bagian bawah laptop atau kurang lebih sekitar harddisk disimpan. Jika terdengar bunyi kletek-kletek biasanya ini menandakan performa harddisk yang sudah berkurang atau bahkan harddisk tersebut perlu diganti.

Cara Cek Performa Fan atau Kipas Laptop

Meskipun bukan faktor utama, tetapi kinerja kipas atau Fan harus tetap dicek.

Kinerja yang berat pada fan menandakan laptop juga sedang running berat. Meskipun bisa saja dikarenakan kipas yang kotor atau tersumbat, sebaiknya pilih saja laptop yang memiliki kinerja kipas yang normal untuk menghindari overheating.

Kesimpulan

Untuk melakukan pengecekan terhadap komponen laptop itu sebenarnya sangat mudah, tidak memerlukan skill tertentu, tinggal ikuti langkah-langkah seperti diatas saja. Tetapi ingat, meskipun sudah dilakukan pengecekan seperti diatas bukan berarti laptop yang dibeli akan awet selamanya karena kerusakan komponen bisa terjadi kapan saja, tergantung bagaimana penggunaanya juga 

Demikian ulasan dmiftah tentang  Pentingnya Mengecek Fungsi dan Kondisi Komponen Laptop Bekas Sebelum Dibeli.. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close