Cara Membuat Sekali Copy Berkali-kali Paste di Windows 10

Halo semuanya! Apa kabar? Mudah-mudahan sehat ya. Kali ini dmiftah akan membagikan tips tentang Cara Mudah Membuat Sekali Copy Berkali-kali Paste pada Windows 10. Simak terus ya.

Tentang Copy-Paste

Teknik copy-paste merupakan teknik sejuta umat dari pengguna komputer atau laptop. Dengan cara ini pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat, terutama dalam pekerjaan menulis (mengetik).

Bayangkan saja jika sobat dmiftah harus mengetik ulang makalah yang berisi 10 halaman saja, pegel kan! Belum lagi jika proposal atau bahkan jurnal yang jumlah halamannya lebih banyak.

Nah adanya teknik copy-paste ini merupakan temuan yang luar biasa menurut dmiftah. Sobat hanya perlu blok teks yang akan disalin, tekan Ctrl+C, pindah ke lokasi baru yang diinginkan, tekan Ctrl+V, daaan.. jadi deh.

Fitur Clipboard History

Sebelumnya dmiftah tertarik sekali saat menggunakan keyboard Swiftkey (sebelum di akuisisi oleh Microsoft) pada ponsel Android. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah adanya fitur menyimpan riwayat papan klip (clipboard history) yang sangat memudahkan terutama dalam proses penawaran atau penjualan produk.

Aktivitas chat selama penawaran dan penjualan produk yang dmiftah lakukan sebagaimana pada umumnya, memerlukan ketelitian dalam menyampaikan info produk misal deskripsi atapun harga jual. Sedangkan pada saat yang bersamaan tidak hanya satu dua orang pelanggan saja yang harus dijawab pertanyaannya, tapi banyak. Belum lagi yang ditanyakan masing-masing itu berbeda.

Bolak-balik copy-paste itu tetap menyita waktu

Nah dengan adanya fitur ini di aplikasi keyboard tadi, dmiftah hanya perlu membuka clipboard history dan memilih saja teks mana yang sudah pernah di copy atau salin sebelumnya dan dengan sekali klik... langsung ada teksnya

Dan harus diakui sepertinya dmiftah ini tertinggal alias kudet ūüė≠ karena ternyata fitur seperti ini sudah tersedia pada Windows 10.

Kelebihan Fitur Clipboard History

Seperti yang dmiftah katakan diatas, dengan adanya fitur ini kita akan lebih praktis lagi dalam proses salin-tempel teks yang diinginkan. Cukup dengan sekali salin atau copy, nantinya akan bisa di paste berkali-kali.

Tapi tenang saja, pada fitur ini juga tersedia pilihan untuk menghapus tiap item yang telah di salin, sehingga jika sobat memperbarui item yang disalin, item sebelumnya bisa dihapus untuk menghindari salah pilih item untuk ditempel atau paste.

Cara Mengaktifkan Clipboard History pada Windows 10

Perlu sobat dmiftah tahu bahwa fitur ini tidak tersedia pada semua versi Windows. Pada Windows 10 pun mulai dari versi 20h2 yang dapat mengaktifkan fitur ini.

Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, silahkan ikuti langkah berikut

  • Klik Start atau tekan tombol Windows pada keyboard
  • Ketik Clipboard Settings¬†hingga terlihat di pencarian, kemudian klik hingga muncul jendela Control Panel Clipboard History

  • Gulir tombol menjadi On untuk mengaktifkan Clipboard History


Cara Menggunakan Clipboard History pada Windows 10

Setelah sobat dmiftah mengaktifkan fitur clipboard history seperti langkah diatas, sekarang setiap sobat dmiftah melakukan copy teks melalui Ctrl+C atapun klik kanan teks kemudian klik Copy, maka secara otomatis akan tersimpan.

Untuk menggunakannya pun mudah sekali. Sobat dmiftah cukup menggunakan Clipboard History shortcut yaitu dengan cara menekan tombol Windows + V untuk menampilkan teks yang telah di copy sebelumnya dan nantinya akan muncul semua riwayat teks yang disalin.

Klik salah satu teks yang diinginkan dan ...jadilah, teks berhasil di tempel.

Gampang kan?

Sebagai contoh dmiftah akan menyalin teks-teks sebagai berikut:

Dan saat akan menggunakannya dengan menekan Windows+V maka hasilnya adalah seperti ini

  • Perlu sobat dmiftah tahu, urutan pada clipboard history adalah sesuai dengan salinan terbaru artinya yang terakhir sobat salin berada paling atas.
  • Untuk melihat semua item yang disalin, sobat dmiftah tinggal scrool dengan mouse seperti scrool halaman biasa.
  • Sobat dmiftah juga bisa menghapus semua history. Caranya buka Clipboard Settings dan scroll ke bagian paling bawah kemudian klik Clear

Demikian ulasan dmiftah tentang Cara Mudah Membuat Sekali Copy Berkali-kali Paste pada Windows 10. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close