Cara Menambahkan Subtitle Film di Laptop, Komputer, dan Android

Halo sobat dmiftah! Apa kabar? Mudah-mudahan sehat ya. Pada tutorial kali ini dmiftah akan membahas tentang Cara Menambahkan Subtitle Film Saat Nonton di Laptop, Komputer, atau Android.

Menonton film merupkan sebuah hobi yang kini banyak diminati banyak orang. Selain dapat menghilangkan stres atau penat setelah seharian bekerja, menonton film juga bisa membantu self healing.

Tak jarang setidaknya sekali dalam seminggu para movie lovers atau pecinta film meluangkan waktunya untuk menonton film kesayangannya ke bioskop, streaming di layanan berlangganan, ataupun menonton film secara offline di komputer atau laptop. Baca juga : Sejauh apa kamu mengenal laptop?

Menonton film secara offline di komputer atau laptop cukup mudah dilakukan. Sobat dmiftah hanya perlu mendapatkan file film yang akan di tonton, kemudian memainkannya dengan media player yang mendukung. Tetapi jangan lupa, untuk film yang bukan berbahasa Indonesia sertakan juga file subtitle nya agar tidak bingung saat menonton.

Pengertian Subtitle

Subtitle dalam istilah film berarti sebuah file yang berisi dialog lengkap dari sebuah film. Dialog-dialog ini biasanya ditulis dalam bentuk teks yang muncul ketika seorang aktris mengucapkan atau melafalkan diaglognya.

Sederhanya, jika aktris berkata "A" maka akan terlihat tulisan A pada video atau film tersebut. 

Manfaat Subtitle

Seiring dengan kepopulerannya, subtitle sekarang ini sering digunakan sebagai media terjemahan dari dialog film. Film-film yang berasal dari negara asing tetap bisa dinikmati tanpa kebingungan karena adanya subtitle ini.

Subtitle film juga bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus seperti tuna rungu agar mereka tetap dapat menikmati film yang disukainya.

Selain kedua hal di atas, subtitle juga sering digunakan pada media streaming, seperti youtube, vimeo atau yang lainnya. Menambahkan subtitle kedalam video streaming akan menambah popularitas video karena para streamer tidak sepenuhnya menguasai bahasa asing.

Jenis-jenis Subtitle

Subtitle terdiri dari banyak format, tetapi yang populer atau sering digunakan adalah subtitle dengan format Subrip Text (.srt), SubStation Alpha (.ssa) dan Advanced SubStation (.ass). Perbedaan dan penjelasan dari subtitle .srt, .ssa, dan .ass adalah sebagai berikut

  1. Subtitle Subrip Text (.srt)

    Subtitle Subrip Text (.srt) adalah format file subtitle dasar yang didukung oleh hampir semua media player dari berbagai platform, baik media player di Windows, Linux, MAC OS, TV, dan lain-lain.

    Subtitle dalam format .srt ini terdiri dari 3 elemen yaitu no urut dialog atau text, rentan waktu, kemudian teks atau isi dialog.

    Dalam format .srt ini sebenarnya dialog atau teks yang ditampilkan hanya dalam bentuk sederhana, tidak ada pengaturan khusus. Teks secara default berwarna putih, dan ukuran teks menyesuaikan otomatis dengan ukuran atau resolusi video.

    Format .srt ini cocok untuk berbagai resolusi video, hanya saja dalam penempatannya secara default terletak di bawah saja, tidak diatur lebih lanjut.

    Meskipun secara default file .srt ini begitu danya, tetapi sekarang format ini sudah dilengkapi dengan dukungan warna. Dmiftah sendiri tidak tahu persis bagaimana itu bisa dibuat. Tetapi mungkin saja pembuatan subtitle nya menggunakan software khusus kemudian di eksport ke dalam file berformat .srt

  2. Subtitle SubStation Alpha (.ssa)

    Subtitle dengan format ini adalah subtitle dengan format yang lebih kompleks dari .srt. Format .ssa mendukung warna huruf, ukuran, cetak tebal, cetak miring, efek animasi, efek karaoke, dan lain-lain.

    Posisi penempatannya pun bisa diatur, bisa di bawah, tengah atas, dan seterusnya.

  3. Subtitle Advanced SubStation (.ass)

    Subtitle ini merupakan subtitle tingkat lanjut atau advance dari subtitle .ssa. Fiturnya sudah jelas. Semua fitur dari format subtitle .ssa berlaku juga pada subtitle ini.

    Subtitle format .ass ini biasanya dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan software khusus seperti Aegisub, dan lain sebagainya.

    Sayangnya untuk subtitle format .ssa maupun .ass saat ini belum semua perangkat atau platform yang bisa mendukung. Seperti TV, hanya Smart TV saja yang sudah mendukung untuk tipe subtitle ini.

Sedangkan dalam penggunaannya di file video, subtitle ini terdapat 2 jenis.

  1. Hardsub

    Hardsub merupakan video atau film sudah yang disertakan langsung subtitle di dalamnya. Kelebihannya, video ini sudah ada subtitle, tidak perlu repot-repot menambahkan file subtitle ketika diputar di media player.

    Kekurangannya, subtile tidak bisa di edit ataupun diganti, karena sudah di encode kedalam file video.

  2. Softsub

    Softsub merupakan istilah yang menjelaskan bahwa video atau film tersebut sudah ada subtitle nya, hanya saja dalam bentuk file terpisah seperti file .srt, dan .ass di atas.

    Kelebihannya, sobat dmiftah bisa bebas memilih subtitle baik itu subtitle bahasa Indonesia, Inggris, dan lainnya, karena video tersebut masih utuh, tidak termasuk video di dalamnya.

    Kekurangannya, subtitle harus sudah di disimpan di laptop kemudian ditambahkan ke media player saat film diputar.

    Tetapi tenang, caranya gampang kok. Baca terus tutorialnya sampai selesai ya..

Website Penyedia Subtitle Gratis

Saat ini terdapat banyak website yang menyediakan subtitle film secara gratis. Sebut saja subscene, opensubtitle, indexsubtitle, yifysubtitle, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, di Indonesia website subtitle ini banyak yang aksesnya ditutup atau diblokir. Entahlah, dmiftah juga gak tau pasti.

Media Player yang Mendukung Subtitle

Media Player kini terus dikembangkan, terutama untuk pemutar musik dan video. Baik media player bawaan maupun eksternal yang perlu diinstal, saat ini sudah banyak sekali.

Beberapa media player yang mendukung penambahan subtitle yang paling populer diantaranya ada Media Player Classic, VLC Media Player, GOM Player, dan QuickTime. Selebihnya masih banyak software yang mendukung, dan tentunya software tersebut gratis.

Cara Menambahkan Subtitle ke Video atau Film

Untuk menambahkan subtitle ke media player, ada dua cara yaitu dengan menambahkannya secara otomatis dan manual.

Cara otomatis ini maksudnya melakukan pengaturan tertentu agar ketika video atau film di putar dengan media player, maka subtitle nya pun akan terbaca otomatis.

Sedangkan untuk cara manual yaitu melakukan langkah-langkah tertentu agar subtitle bisa di load atau dimuat sehingga muncul ketika video atau film diputar.

Cara Membuat Subtitle terbaca Otomatis

Agar subtitle terbaca otomatis ketika video atau film diputar, ikuti langkah berikut

  • Pastikan file video atau film dan subtitle nya terletak di folder yang sama
  • Sesuaikan nama subtitle. Edit nama file subtitle sehingga sama dengan nama file video atau film, dengan cara menekan tombol F2 atau dengan cara klik kanan kemudian rename dan tekan Enter jika telah selesai
  • Buka atau mainkan video dengan media player
  • Subtitle akan otomatis terbaca dan muncul ketika video diputar

Cara Menambahkan Subtitle Secara Manual

Meskipun istilahnya manual, tetapi sebenarnya cara ini juga tidak sulit

File video atau film dan file subtitle penempatannya bebas, bisa dalam satu folder yang sama, bisa beda folder, beda partisi bahkan beda media misalkan file video tersimpan di Harddisk sedangkan subtitle tersimpan pada flashdrive

  1. Menambahkan Subtitle dengan Cara Drag & Drop
    • Buka atau putar video dengan media player
    • Klik file subtitle kemudian drag ke media player dan lepaskan
    • Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi bahwa subtitle telah berhasil dimuat dan subtitle akan langsung terlihat di video
    • Cara ini berfungsi di semua media player yang support penggunaan subtitle
  2. Menambahkan Subtitle dengan Cara Load Subtitle
    • Buka atau putar video dengan media player
    • Ketika video sedang diputar, klik kanan pada player
    • Klik Subtitle track atau terjemahan
    • Arahkan ke lokasi penyimpanan file subtitle
    • Pilih subtitle kemudian klik Open
    • Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi bahwa subtitle telah berhasil dimuat dan subtitle akan langsung terlihat di video

Cara Menambahkan Subtitle Film atau Video di Media Player Android

Untuk menambahkan subtitle video atau film ketika dimainkan di smartphone seperti Android, caranya mudah.

Gunakan Media Player yang mendukung seperti MX Player atau VLC for Android.

Jika ingin subtitle terbaca otomatis, sobat dmiftah bisa melakukannya seperti cara di atas, yaitu membuat nama file subtile sama dengan file video atau filmnya.

Jika melakukan penambahan subtitle secara manual, ikuti langkah berikut

  • Buka MX Player
  • Pilih dan mainkan video
  • Setelah video mulai diputar, klik tanda tiga titik pada bagian kanan atas layar smartphone
  • Pilih subtitle, lalu pilih Open atau Buka
  • Cari file subtile pada folder tempat file tersebut disimpan. Jika file subtitle disimpan satu folder dengan file videonya, maka akan langsung terlihat dan bisa langsung dipilih. Jika file subtitle tidak disimpan pada folder yang sama, lakukan pencarian dengan cara klik root folder atau folder indukan untuk melihat folder induk atau folder di atasnya.
  • Setelah file subtitle ditemukan, klik nama file tersebut.
  • Jika berhasil, maka subtitle akan langsung terlihat seperti pada gambar berikut.

Kesimpulan

Menonton film memang menyenangkan, apalagi jika film yang sedang populer ataupun film seri yang sedang hits.

Jika sobat berniat menonton film secara offline dengan menggunakan laptop, komputer, ataupun Smartphone android, menambahkan subtitle atau terjemahan film sangat mudah. Hanya perlu mencari file subtitle kemudian menambahkannya dengan cara drag & drop, load subtitle, bahkan dengan cara melakukan rename dahulu nama file nya agar subtitle terbaca otomatis.

Demikian ulasan dmiftah tentang  Cara Menambahkan Subtitle Film Saat Nonton di Laptop, Komputer, atau Android. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close