Cara Menonton Film +Subtitle dari Flashdisk pada STB Indihome

Jaringan indihome merupakan salah satu jaringan yang jangkauannya paling luas di Indonesia saat ini. Indihome sebagai pengganti speedy, kini terus mengalami perkembangan diantaranya penggunaan jaringan fiber optik yang selama beberapa tahun silam terus digencarkan.

Selain layanan internet, indihome juga menyediakan layanan TV Interaktif. Agar dapat menikmati Layanan TV Interaktif indihome, maka diperlukan perangkat tambahan berupa satu buah Set Top Box yang berbasis Android.

Tenang saja. Untuk penambahan Set top box ini tidak diperlukan biaya tambahan. Jika berlangganan paket yang sudah include Layanan TV Interaktif, maka pemasangan set top box ini sudah termasuk didalamnya.

Fungsi Lain Set Top Box Indihome

Ngomong-ngomong, tahukah kamu bahwa set top box ini juga bisa digunakan untuk menonton film dari file video yang tersimpan dalam flashdisk? Baca juga: Cara Mengatasi File to Large pada Flashdisk

Ya, seperti halnya ponsel Android yang mempunyai fitur USB OTG (On The Go), set top box indihome ini juga memiliki fitur USB input yang salah satu fungsinya yaitu untuk membuka file multimedia dari flashdisk pada Interface Indihome.

Singkatnya, fitur  ini seperti halnya memutar atau membuka file multimedia seperti foto, musik, dan video atau film yang ada pada flashdisk pada TV LED atau Smart TV.

Selain itu, fungsi usb pada set top box indihome juga biasanya untuk media flash sistem operasi android di stb indihome.

Format File yang di Dukung Set Top Box Indihome

Tidak ada petunjuk atau keterangan yang jelas bahwa Set Box Android Indihome ini mendukung file multimedia dengan format apa saja, tetapi pada perangkat indihome dengan seri yang dmiftah coba ini, format file yang di dukung adalah file gambar (.JPG, .BMP), file audio (.MP3, .AAC) dan file video (.MP4, .MKV dengan encode H264)

Oh iya, untuk memutar video sobat bisa menikmati video dengan resolusi miniHD, Full HD, hingga 4K. Tetapi harus disesuaikan juga dengan dukungan TV LED yang sobat gunakan.

Cara Menonton Film dari Flashdisk pada STB Indihome

Untuk dapat menikmati film yang kamu miliki di flashdisk dengan menggunakan set top box Indihome, ikuti langkah berikut

  1. Siapkan file video atau film
  2. Siapkan juga file terjemahan atau subtitle nya. Buatlah nama yang sama untuk file subtitle dengan nama file videonya. Misal jika nama file videonya The Ice Age Adventures of Buck Wild 2022.mkv maka nama file subtitlenya The Ice Age Adventures of Buck Wild 2022.srt Baca juga : Cara Menambahkan Subtitle Film di Laptop dan Android
  3. Pastikan format video sesuai dengan format file yang di dukung seperti yang telah dijelaskan diatas
  4. Masukkan flashdisk ke port USB pada Set Box Indihome
  5. Untuk navigasi atau memindahkan pilihan pada indihome, sobat dmiftah bisa menggunakan remote set top box atau dengan mouse. Jika menggunakan remote, gunakan tombol panah kiri-kanan-atas-bawah untuk memindahkan pilihan dan tombol OK untuk memilih atau konfirmasi pilihan.
  6. Pada tutorial ini, Dmiftah menggunakan remote set top box, jadi jika kalian menggunakan mouse silahkan disesuaikan saja.
  7. Berbeda dengan komputer atau laptop yang akan tampil pop up atau notifikasi ketika flashdisk berhasil dimasukkan atau terbaca, pada set top box indihome ini sobat harus membuka atau mengeksplorer isi flashdisk nya secara manual dengan aplikasi 
  8. Pada Home Screen indihome, Pilih Aplikasi
  9. Pilih Beranda Media lalu tunggu beberapa saat hingga flashdisk terbaca.

    Jika flashdisk tidak terbaca di set top box indihome lakukan hal berikut:

    • Cek posisi flashdisk apakah sudah terpasang dengan benar atau belum.
    • Atau sobat bisa mencoba ke port USB lain yang disediakan (di set top box indihome biasanya tersedia 2 port USB).
    • Cek apakah File Sistem flashdisk support atau tidak. Biasanya file sistem FAT32 sudah support, tetapi pada sebagian perangkat stb indihome, file sistem NTFS belum di dukung.
    • Update sistem operasi set top box (Android) agar konfigurasi diperbarui. Update OS ini bisa dilakukan secara otomatis dengan cara menghidupkan ulang set top box ataupun dengan manual dengan cara membuka pengaturan di menu Account.

  10. Pilih Nama Flashdisk sobat lalu tekan OK pada remote. Nama flashdisk ini biasnya bukan nama di Volume partisi seperti yang terlihat di Windows explorer, tetapi nama defaultnya atau nama vendor dari flashdisk tersebut, seperti Sandisk, dan lain-lain.
  11. Pilih video atau film yang akan diputar dengan menggunakan tombol panah lalu tekan OK untuk mulai memainkan film
  12. Jika pada file video terdapat softsub atau subtitle bawaan maka subtitle tersebutlah yang pertama kali terbaca otomatis. Subtitle bawaan ini biasanya subtitle dalam bahasa inggris.
  13. Untuk memilih subtitle lain yang sudah disimpan di dalam flashdisk tadi, tekan tombol Menu pada remote
  14. Geser dengan tombol panah kiri atau kanan untuk memilih subtitle yang sesuai
  15. Setelah subtitle dipilih, Arahkan dengan tombol panah kebawah ke tombol Konfirm lalu tekan OK pada remote

Selesai. Sekarang kamu bisa menikmati film dengan subtitle bahasa Indonesia dari flashdisk dengan menggunakan set box indihome

Cara Memutar Lagu atau File MP3 pada Set Top Box Indihome

Seperti yang dmiftah jelaskan diatas, set box indihome juga mendukung pemutaran file multimedia lainnya selain film, diantaranya yaitu file lagu atau mp3.

Untuk memutar atau memainkan lagu pada set box indihome, caranya mudah

  1. Setelah flashdisk dimasukkan ke port USB dan terbaca di Set Top Box Indihome seperti diatas, selanjutnya sobat dmiftah hanya perlu mengarahkan ke folder (jika disimpan dalam folder) atau cari file dengan format mp3. Sobat juga bisa memilih file mp3 ini berdasarkan kategori Musik pada tampilan awal saat flashdisk dibaca di set top box
  2. Pilih lagu yang akan diputar dengan menekan tombol panah kebawah atau keatas pada remote, lalu tekan OK untuk mulai memainkan lagu
  3. Seperti pada pemutar lagu di ponsel Android pada umumnya, pada Set Top Box juga terdapat pilihan Shuffle (acak) dan Loop (berulang)
  4. Pilih dan tekan OK pada remote jika sobat ingin mengaktifkan fiturnya

Catatan

Semua langkah-langkah diatas bisa sobat lakukan dengan mudah di Set Top Box Indihome dan tidak diperlukan ROOT device

Demikian tutorial tentang  Cara Menonton Film Subtitle Indonesia dari Flashdisk pada Set top Box Indihome. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close