Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF

File dalam format PDF sudah begitu populer saat ini. Apalagi semenjak adanya pandemi Covid-19 dalam 3 tahun terakhir ini, semua pekerjaan berbasis daring dan pembuatan laporan atau berkas lainnya dikirimkan dalam format pdf saja.

Selain itu, berbagai instansi yang sudah melayani register dengan sistem elektronik atau e-register seperti pendaftaran sekolah, universitas, lamaran pekerjaan, juga menjadikan format pdf sebagai syarat untuk tipe file atau berkasnya.

Tetapi format pdf saja tidak cukup. Biasanya terdapat syarat tambahan yaitu file pdf yang menjadi lampiran berkas harus memiliki ukuran yang kecil.

Jika sobat ingin mengecilkan ukuran file pdf, tenang pada tutorial kali ini dmiftah akan memberikan tips tentang Cara Paling Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF

Kenapa File dalam Format PDF Harus Berukuran Kecil?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang mengkompress atau mengecilkan ukuran file pdf ada baiknya sobat tahu, kenapa sih file pdf harus dikompres.

Ada berbagai alasan kenapa file pdf harus diperkecil. Sebagian diantaranya adalah karena alasan server. Server yang digunakan untuk mengolah database berupa data yang di upload harus selalu mempunyai performa yang baik dan stabil.

Jika banyak file yang di upload dalam ukuran bersar secara bersamaan tentu saja akan membebani performa server. Jika hanya 50-100 file yang di upload secara bersamaan mungkin masih tidak masalah, tetapi bagaimana jika mencapai ribuan seperti pada proses pendaftaran CPNS? Tentu saja akan membuat server down.

Selain itu, file pdf dalam ukuran besar juga akan menghabiskan resource yang besar ketika dibuka dan bisa menyebabkan komputer atau laptop lemot. Baca juga 10+ Cara Mengatasi Laptop atau Komputer Lemot

Tentu saja hal ini mengganggu produktivitas pekerjaan karena tidak efisien.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran file pdf ini. Dibawah ini dmiftah akan merangkumnya menjadi 5 cara yang mudah dilakukan saja.

1. Cara Mengecilkan Ukuran File PDF via Smallpdf

Cara berikut ini merupakan cara yang paling mudah yaitu dengan layanan online di website smallpdf.com

  1. Buka Smallpdf.com
  2. Klik Choose file lalu arahkan ke lokasi file pdf yang akan di kompress
  3. Pilih file lalu klik Open
  4. Atau bisa juga dengan drag/seret langsung file dari Windows Explorer ke area kotak merah
  5. Tunggu hingga file pdf berhasil di upload
  6. Pilih Basic Compression lalu klik Compress

    Metode Basic compression ini akan mengkompress atau mengecilkan file pdf hingga 40% dari ukuran file sebelumnya. Sedangkan metode Strong Compression bisa mengecilkan file pdf nya hingga 75%. Tetapi Strong Compression ini merupakan versi pro atau berbayar.

  7. Tunggu hingga proses kompresi selesai.
  8. Setelah selesai di kompres klik Save to device untuk menyimpan file.
Sayangnya dalam mode gratis di website smallpdf ini, kompres file pdf nya hanya bisa dilakukan satu file saja dalam satu kali proses. Artinya jika sobat mempunyai 5 file untuk di kompres, maka harus di kompres satu per satu.

2. Cara Mengecilkan Ukuran File PDF via ilovepdf

Masih dengan menggunakan metode online, berikutnya alternatif selain Smallpdf yaitu ilovepdf.

Berbeda dengan smallpdf, jika menggunakan website ilovepdf ini sobat dmiftah bisa mengecilkan ukuran file pdf hingga 3 file sekaligus dalam mode gratis. Untuk melakukan kompres file pdf di website ini ikuti langkah berikut

  1. Buka ilovepdf
  2. Klik Select PDF File lalu arahkan ke lokasi file pdf yang akan di kompres. Atau bisa juga dengan cara drag file pdf dari Windows Explorer lalu lepaskan di area halaman ilovepdf
  3. Tunggu hingga file selesai di upload
  4. Lalu akan terlihat 3 pilihan metode kompresi
    • Extreme Compression : Metode untuk mengkompress atau mengecilkan ukuran pdf dengan hasil kompresi tinggi, hanya saja kualitas file pdfnya akan kurang bagus bahkan jelek.
    • Recomended Compression : Metode kompresi standar. Metode ini akan mengkompres file pdf dan kualitas filenya akan tetap baik.
    • Less Compression : Metode ini akan sedikit mengkompres file karena lebih mempertahankan kualitas file pdf
  5. Pilih sesuai kebutuhan. Dmiftah sarankan pilih yang Recomended Compression saja.
  6. Klik Compress PDF lalu tunggu hingga proses kompresi file selesai

3. Cara Mengecilkan Ukuran File PDF via pdf2go

Selanjutnya ada juga website pdf2go yang bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan ukuran file pdf. Sama seperti website ilovepdf, pdf2go juga membatasi sampai 3 file saja untuk di kompres sekaligus.

Jika ingin mengkonversi lebih banyak sobat bisa register sebagai free user yang bisa melakukan kompress hingga 5 file pdf sekaligus. Jika ingin lebih banyak lagi, sobat bisa mengupgrade nya ke versi premium.

Untuk mengecilkan ukuran file pdf di website pdf2go, ikuti langkah berikut

  1. Buka pdf2go.com
  2. Klik Choose file lalu arahkan ke lokasi file PDF yang akan di kompres
  3. Atau bisa juga dengan cara drag file pdf lalu lepaskan di area kotak merah
  4. Atau jika sobat punya direct link file pdf, sobat juga bisa langsung mengkompresnya dengan cara klik Enter url, masukan link file pdf lalu klik Add
  5. Gulir layar kebawah dan proses upload file akan terlihat
  6. Pilih Metode Kompresi
    • Basic Compression : Metode kompresi standar yang akan menghasilkan ukuran file kecil tetapi kualitas kontennya tetap baik
    • Strong Compression : Metode kompresi yang akan menghasilkan ukuran file lebih kecil tetapi kualitas kontennya sedikit berkurang
    • Choose form preset : Beberapa tambahan yang bisa dipilih. Jika sobat sudah ahli, bisa pilih metode yang lebih spesifik di menu ini.
    • Jika isi atau konten file ingin di ubah sekalian ke dalam format grayscale atau hitam putih, ceklis pada Additional compression : All pages in Grayscale
  7. Pilih saja Strong Compression
  8. Klik Start lalu tunggu proses kompresi
  9. Hasil kompresi akan tersimpan otomatis ke komputer atau laptop

4. Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Menggunakan Ms Word

Untuk sobat yang tidak terkoneksi dengan internet dan ingin mengompres file PDF, tenang karena cara berikutnya bisa dilakukan walaupun offline, yaitu dengan memanfaatkan Microsoft Word.

  1. Buka file PDF dengan Microsoft Word
  2. Jika ada pop up Word will now convert your PDF to an editable Word Document... klik OK
  3. Klik Enable Editing lalu klik OK
  4. Tunggu hingga proses convert selesai dan file PDF berhasil dibuka
  5. Klik File lalu pilih Save As. Atau sobat bisa menekan tombol
    F12
    pada keyboard
  6. Pada Save as Type pilih PDF
  7. Pada Optimize for pilih Minimum Size (publishing online)
  8. Klik Save

5. Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Menggunakan Adobe Acrobat Reader

Cara mengkompress ukuran file PDF secara offline lainnya yang cukup mudah dilakukan yaitu dengan menggunakan Adobe Acrobat Reader.

Aplikasi ini sudah sangat familiar karenanya aplikasi ini selalu menjadi aplikasi yang wajib ada pada laptop atau komputer setelah Microsoft Office. Baca juga 10 Tips Penting Membeli Laptop Bekas

Untuk mengompres file PDF dengan Adobe Acrobat Reader ikuti langkah berikut

  1. Buka file PDF dengan Adobe Acrobat Reader
  2. Klik File lalu pilih Save as Other dan pilih Reduce Size PDF
  3. Muncul pop pilihan Compability mode. Sobat dmiftah bisa mengaturnya jika diperlukan. Compability ini maksudnya file pdf ini ingin dibuat compatible atau cocok untuk Adobe Acrobat Reader versi berapa. Jika tidak, klik saja OK
  4. Tentukan nama file PDF baru lalu klik Save
  5. Tunggu hingga proses selesai.

Atau jika ingin lebih spesifik pengaturan kompress file nya, sobat bisa memilih menu Optimize PDF.

Atur jenis kompresi pada tiap-tiap jenis dokumen sesuai keperluan, lalu klik OK.

Hasil Pengujian

Dari semua cara diatas, dmiftah telah menguji mengecilkan ukuran file PDF yang berukuran 1.018 kb dan  hasilnya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan smallpdf menjadi 205 kb
  • Menggunakan ilovepdf menjadi 200 kb
  • Menggunakan pdf2go menjadi 192 kb
  • Menggunakan Ms Word menjadi 464 kb
  • Menggunakan Adobe Acrobat Reader menjadi 251 kb

Demikian tutorial tentang Cara Paling Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasannya terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close