Ukuran dan Spesifikasi Kertas A4

Ukuran kertas A4 merupakan salah satu ukuran kertas yang banyak digunakan. Entah itu untuk keperluan pembuatan dokumen perkantoran, piagam, fotokopi, maupun pencetakan, biasanya menggunakan ukuran ini sebagai patokan. 

Kertas A4 sudah sangat familiar di Indonesia. Saking familiarnya, jika masyarakat di Indonesia diminta untuk membuat dokumen ataupun membeli kertas, pasti yang dituju adalah ukuran kertas A4 ini.

Ukuran kertas ini memang tidak hanya menjadi standar di Indonesia, di negara lainpun ukuran kertas ini banyak digunakan.

Meskipun mungkin dalam beberapa setting atau pengaturan pencetakan ukuran kertas defaultnya adalah letter, tetapi dalam penggunaan kertasnya tetap mengguanakan A4.

Perbedaan Kertas HVS dan A4

Salah satu yang kelucuan di negri kita ini, masih ada yang beranggapan bahwa yang dimaksud kertas HVS itu adalah kertas dengan ukuran A4, sehingga jika ada permintaan untuk membeli kertas ke toko buku yang disampaikan adalah kebutuhan kertas HVS padahal keperluannya kertas ukuran A4.

Lalu apa bedanya?

Kertas HVS merupakan jenis kertas tulis yang bebas serat kayu. Kertas HVS mempunyai karakter kertasnya yang putih bersih. Kertas HVS umumnya digunakan untuk keperluan pencetakan dokumen dan menulis sehingga tidak ditambahkan pelapis yang membuat kertas menjadi licin dan berkilau seperti kertas glossy.

Kertas HVS ini di produksi dalam berbagai ukuran yang bisa digunakan, seperti B5,Q4 (kuarto), A4, F4 dan lain-lain.

Jadi sudah jelas ya sobat. Kertas HVS adalah jenis kertasnya, sedangkan kertas A4 adalah ukuran kertasnya.

Ukuran Kertas A4

Standarisasi ukuran kertas A4 ini ditetapkan dalam sertifikasi ISO 216. Dalam standar tersebut ukuran kertas telah diatur dan berlaku secara Internasional. Meskipun dalam berbagai pengaturan seperti pengaturan printer dan aplikasi Microsoft Word ukuran kertas A4 ini sudah otomatis di set, akan tetapi tidak ada salahnya sobat dmiftah mengetahui ukuran sebenarnya dari A4 ini.

Spesifikasi Ukuran Kertas A4
Dalam centimeter21 x 29,7 cm
Dalam Milimeter210 x 297 mm
Dalam Inchi8.27 x 11.69 in
Dalam Pixel (300 dpi)2480 x 3508
Gramatur (bobot)70 gram dan 80 gram

Skala ukuran diatas adalah untuk satuan lebar dikali panjang. Jadi jika ukuran dalam centimeter 21 x 29,7 maka ini berarti ukuran kertas A4 memiliki lebar 21 cm dan panjang 29,7 cm.

Ukuran kertas dalam satuan centimeter biasanya digunakan di berbagai macam pengaturan program aplikasi seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, dan lain-lain. Baca juga : Cara Menampilkan dan Menghilangkan Kembali Gambar di Ms Power Point

Sedangkan untuk ukuran kertas dalam satuan milimeter biasanya digunakan di aplikasi yang lembar kerjanya memerlukan akurasi yang tinggi seperti dalam aplikasi pembuatan gambar berbasis vektor seperti Coreldraw, Adobe Illustrator, dan sebagainya.

Jika pengaturan bahasa dan regional dalam program aplikasi di set default (English) biasanya ukuran di set dalam satuan inchi, termasuk untuk ukuran kertas A4 ini. Dan ukuran kertas A4 dalam inchi diatas bisa sobat gunakan di pengaturan kertasnya.

Sedangkan untuk ukuran kertas dalam pixel, biasanya ini digunakan dalam pembuatan dokumen editing gambar seperti Adobe Photoshop, dan lain-lain.

Cara Set Ukuran Kertas A4

Sebenarnya ukuran kertas sudah otomatis ditambahkan ketika sobat menginstall driver printer, apalagi untuk ukuran A4 ini. Hampir semua jenis printer mendukung ukuran ini.

Akan tetapi jika komputer atau laptop sobat belum diinstall printer ataupun pengaturan pada aplikasi yang digunakan belum di set ukuran kertas A4, maka sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan setting atau pengaturannya.

Cara Mengatur Ukuran Kertas A4 Pada Microsoft Word

Untuk mengatur ukuran kertas A4 pada Microsoft Word, ikuti langkah berikut

  1. Buka Microsoft Word
  2. Klik menu Layout
  3. Klik Size lalu pilih A4
  4. Jika ukuran kertas A4 tidak terlihat, berarti ukuran kertas belum di setting.
  5. Klik tanda panah pada bagian Page Setup
  6. Klik tab Paper di bagian atas
  7. Klik nama ukuran kertas lalu pilih Custom size (paling bawah)
  8. Masukkan ukuran kertas. Pada width isi dengan 21 cm dan Height diisi dengan 29,7
  9. Klik OK

Cara Mengatur Kertas A4 pada Aplikasi Photoshop

Untuk mengatur ukuran kertas A4 pada aplikas Adobe Photoshop, ikuti langkah berikut

    1. Buka Adobe Photoshop
    2. Buat file baru dengan cara klik File lalu pilih New atau dengan menekan Ctrl+N di keyboard
    3. Masukkan 2480 pada Width lalu ganti satuan menjadi pixels
    4. Masukkan 3508 pada Height.
    5. Masukkan 300 pada Resolution dan set satuannya dalam Pixels/Inch.
    6. Klik OK.

    Perlu sobat ketahui bahwa cara diatas adalah untuk setting ukuran gambar dalam orientasi tegak atau potrait. Jika ingin disetting dalam orientasi landscape, sobat tinggal menukar nilai width dan height nya.

    Untuk aplikasi pembuat gambar berbasis vektor seperti Coreldraw dan Adobe Illustrator setting ini tidak perlu dilakukan karena memang ketika membuat dokumen baru telah disediakan ukuran kertas A4 sebagai ukuran default.

    Penggunaan Ukuran A4 dalam Pencetakan

    Karena ukuran kertas A4 ini merupakan standar Internasional, maka penggunaannya pun cukup luas dan tidak terbatas pada dokumen saja. Ukuran A4 ini banyak diaplikasikan untuk keperluan seperti berikut.

    1. Pembuatan Dokumen Resmi

    Pembuatan dokumen resmi seperti surat menyurat, rekap laporan, makalah, proposal, skripsi, atau jurnal masih di syaratkan untuk menggunakan ukuran kertas A4. Termasuk untuk membuat dokumen salinannya, baik itu untuk dokumen yang di fotokopi maupun dalam bentuk dokumen eletronik, seperti softcopy file Microsoft Word, PDF, dan lain-lain. Baca juga Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Online dan Offline Gratis

    2. Keperluan Cetak Foto

    Selain dokumen, ukuran A4 juga tak jarang dijadikan standar dalam pembuatan cetak foto. Meskipun kertas yang digunakan adalah kertas khusus untuk mencetak foto (kertas glossy), tetapi ukurannya secara umum menggunakan ukuran A4 sebagai acuan.

    3. Pembuatan Piagam atau Sertifikat


    Pembuatan Piagam penghargaan ataupun Sertifikat umumnya menggunakan ukuran kertas A4. Meskipun begitu tak jarang juga yang menggunakan ukuran legal atau F4, sesuai dengan tipe sertifikat yang diterbitkan.

    Walaupun menggunakan jenis kertas yang berbeda (lebih tebal) tetapi untuk ukuran yang digunakan masih banyak menggunakan ukuran A4.

    Demikian tutorial Ukuran dan Spesifikasi Kertas A4.  Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasannya terbaru lainnya.

    Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
    Next Post Previous Post
    No Comment
    Add Comment
    comment url

    Mungkin sobat perlu baca ini :

    close