Cara Mengatasi Siaran TV Digital Tidak Ada Sinyal

Cara Mengatasi Siaran TV Digital Tidak Ada Sinyal - Siaran TV Digital saat ini sedang gencar-gencarnya dikembangkan di Indonesia. Pemerintah secara resmi mengumumkan akan melakukan Analog Switch Off (ASO) atau mematikan siaran TV analog per November 2022.

Sebenarnya transisi atau perpindahan ini tidak terlalu masalah karena televisi yang dijual dipasaran saat ini sudah banyak mendukung siaran Digital. 

Akan tetapi karena mungkin masih dalam pembenahan, terkadang permasalah siaran TV Digital masih sering ditemukan, seperti tidak ada sinyal, video atau gambar TV masih patah-patah, sinyal lemah, audio atau suara hilang, dan lain sebagainya.

Nah di artikel ini, dmiftah akan membagikan tips bagaimana caranya Mengatasi Siaran Tv Digital Tidak Ada Sinyal. Simak terus tipsnya yaa.

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal atau Sinyalnya Lemah

Kenapa antena tv tidak ada sinyal?
Hilangnya sinyal TV Digital tidak serta merta begitu saja. Biasanya terdapat beberapa hal yang menyebabkan terjadinya hal tersebut.

a) Cuaca Buruk

Cuaca buruk yang terjadi pada suatu wilayah merupakan hal yang sangat umum yang bisa menyebabkan siaran TV termasuk TV Digital menjadi hilang atau tidak ada sinyal.

Akibat cuaca buruk ini biasanya siaran TV Digital menjadi terputus-putus atau patah-patah. Tak jarang juga siaran TV digitalnya menjadi hilang sama sekali.

b) Terjadi Perubahan Arah atau Posisi Antena

Selain akibat cuaca yang buruk, arah atau posisi antena TV yang berubah bisa juga mengakibatkan kenapa siaran tv digital tidak ada sinyal.

Perubahan arah dan posisi antena ini biasanya terjadi karena angin kencang atau penempatan tiang antena yang kurang kokoh.

c) Sinyal Terhalang atau Terganggu

Penerimaan sinyal ke TV Digital juga terganggu oleh beberapa hal, seperti adanya bangunan atau gedung dengan dinding yang tebal, daerah berada di posisi lembah atau terhalang oleh bukit-bukit, ataupun berada di zona yang mengalami netralisir sinyal seperti area bandara, area khusus pemerintahan tertentu dan sebagainya.

d) Jarak Pemancar TV dan Penerima Siaran Terlalu Jauh

Saat ini siaran TV Digital di Indonesia masih terus berkembang dan tentunya pemancar TV atau relay hanya ditempatkan di beberapa wilayah saja.

Untuk wilayah yang posisinya jauh dengan relay siaran TV Digital tersebut tentu saja ini akan menjadi permasalahan yang menjadikan sinyal TV Digital menjadi lemah bahkan hilang sama sekali.

e) Posisi Antena Tidak Tinggi

Tinggi rendahnya penempatan antena juga bisa berpengaruh terhadap kuantitas sinyal siaran TV Digital yang di dapat, terutama untuk wilayah pedalaman/pedesaan yang jaraknya jauh dari relay atau pemancar TV.

Pada kebanyakan kasus, penempatan antena TV yang rendah akan membuat kesulitan dalam menangkap sinyal siaran TV.

f) Kabel Antena TV Rusak atau Terputus

Hilangnya sinyal TV Digital juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada perangkat yang digunakan, seperti kabel. Kabel yang mulai rapuh atau terputus akan membuat loss signal dan TV menjadi buram.

g) Jack dari Antena TV atau STB Rusak

Jack Coaxial merupakan connector antena ke set top box maupun TV. Jika jack ini rusak, tentu saja sinyal siaran TV tidak akan optimal. Baca juga: Cara Menonton Film +subtitle Indonesia dari Flashdisk di STB Indihome

h) Kualitas Antena yang Kurang Baik

Mungkin tidak semua orang menyadari, akan tetapi kualitas antena dalam menerima sinyal juga penting agar siaran TV Digital dapat diterima dengan baik.

Antena TV yang menggunakan teknologi lama tentu saja belum tentu mendukung untuk menerima siaran TV Digital.

i) Sinyal TV Digital Tidak Stabil Karena Area Belum Dijangkau

Ini juga hal yang tak kalah penting. Jika berbagai penyebab teknis di penerima siaran tidak bermasalah, mungkin siaran Digital di daerah tersebutlah yang memang bermasalah.

Masalah yang dimaksud seperti belum adanya layanan siaran TV Digital yang tersedia. Jika memang benar ini terjadi, maka mau ganti antena, ganti kabel, atau ganti TV pun tidak akan berpengaruh.

Mau Set Top Box TV Digital Matrix Terlaris ini?

Untuk mengecek apakah suatu lokasi sudah mendapatkan layanan siaran TV Digital atau belum, sobat dmiftah bisa melakukannya dengan 2 cara berikut.

Cara Cek Sinyal TV Digital

Untuk mengecek kualitas dan lokasi sinyal TV Digital terdapat 2 pilihan, yaitu dengan cara online dan melalui aplikasi

1. Cara Cek Sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi atau Online

  • Buka https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran
  • Pada MASTERPLAN TV SIARAN DIGITAL TERESTRIAL PITA UHF terdapat peta sinyal TV Digital di seluruh wilayah Indonesia
  • Pada bagian bawah peta juga terdapat keterangan titik-titik tertentu di masing-masing kota di seluruh Indonesia yang sudah tersedia layanan TV Digital.
  • Cek sesuai wilayah sobat, apakah sudah tersedia layanan siaran tv digital atau belum

2. Cara Cek Sinyal TV Digital Melalui Aplikasi SinyalTVDigital

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan layanan aplikasi SinyalTVDigital apk. Kelebihan menggunakan aplikasi ini adalah tidak hanya membantu mengetahui apakah suatu lokasi sudah support TV Digital atau belum. 

Tetapi juga dapat digunakan untuk mengecek apakah sinyal TV Digital tersebut bagus, lemah, jelek, bahkan tidak ada sama sekali. 

Penggunaan aplikasi ini juga sangat tepat sebelum sobat dmiftah memutuskan untuk membeli perangkat TV Digital TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.

Untuk mengecek sinyal tv digital dengan aplikasi SinyalTVDigital di Android, ikuti langkah berikut.

  • Download aplikasi sinyalTVdigital
  • Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi (nyalakan GPS di ponsel)
  • Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi
  • Tap ikon layer atau kotak bertumpuk di kanan atas, dekat ikon zoom in dan zoom out
  • Cek warna yang muncul pada peta.
  • Sinyal terkuat ditandai dengan warna merah, sedangkan warna putih menandakan sinyal tersebut lemah.

j) Terdapat kerusakan pada komponen Tuner TV

k) Terdapat kerusakan pada IC Program

Cara Mengatasi Tidak Ada Sinyal pada Siaran TV Digital

Bagaimana cara memperbaiki TV yang tidak ada sinyal? Berikut beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk mengatasinya.

1. Gunakan Antena TV Berkualitas

Sebelum mengatasi berbagai masalah sinyal TV Digital hilang ataupun yang lainnya, pastikan sobat dmiftah telah menggunakan antena TV yang berkualitas.

Kualitas antena tentunya menjadi penentu dalam kuantitas atau banyaknya sinyal TV Digital yang bisa diterima dan kemudian diolah menjadi audio visual pada TV.

Antena TV berkualitas ini tidak bisa ditentukan spesifik dari bentuknya saja, karena rata-rata antena mempunyai bentuk yang sama.

Catatan kecilnya, kualitas biasanya berbanding lurus dengan harga. 😁

Sebaiknya sobat juga memilih antena yang berukuran lebih besar. Semakin panjang dan banyak aluminium pada antena maka akan meningkatkan potensi gain dari spektrum UHF tersebut.

Pastikan memilih antena outdoor yang berukuran setidaknya 30 cm meskipun jarak dari rumah ke pemancar TV cukup dekat.

Antena TV Digital ini sudah laku lebih dari 3,7 ribu pcs !!!

2. Ubah Posisi Antena ke Arah yang Tepat

Cara kedua yang bisa sobat dmiftah lakukan untuk mengatasi sinyal hilang pada saluran TV Digital adalah dengan mengubah posisi antena. 

Ubah posisi antena ke arah yang tepat. Ingat ya sobat, ke arah yang tepat, bukan ikut-ikutan arah antena tetangga karena arah antena tetanggapun siapa tahu juga mengikuti arah antena tetangga lainnya yang bisa saja tidak tepat. 🙊

Untuk mengetahui arah pemancar TV yang tepat, sobat bisa mengeceknya seperti cara diatas.

Sebagai contoh, untuk arah antena tv digital daerah tasikmalaya, ciamis dan sekitarnya, maka sebaiknya di arahkan ke lokasi pemancar atau relay tv yang berada di sekitar Gunung Cikuray Garut.

Lokasi ini pemancar ini juga menjadi jalur atau track para pendaki tepatnya di Pos 2.

Untuk mengarahkan antena tv digital dari daerah tasikmalaya, bisa menggunakan kompas di arahkan ke koordinat diatas ke arah 290 derjat . Atau jika dengan cara manual, sobat dmifah bisa mengarahkan antena tv tepat ke arah barat lalu menggesernya 20 derajt ke kanan.

3. Arahkan Antena TV dengan benar

Hal spele seperti ini biasanya sering terjadi. Posisi antena juga menjadi dasar dalam penerimaan sinyal TV yang baik.

Antena TV yang sebagian besar memiliki bentuk memanjang seperti anak panah biasanya penempatan arah antena ini yang malah salah.

Posisi yang benar adalah ujung antena yang panjang berada di depan atau lebih dekat ke arah pemancar atau relay siaran TV. Sedangkan ujung antena lain yang memiliki lekukan seperti anak panah berada di belakang. 

Dengan arah antena yang benar, maka cara mendapatkan siaran tv digital indonesia juga akan menjadi lebih mudah.

Setelah pemasangan posisi dan arah antena TV sudah tepat, jangan lupa untuk mengikat antena dengan kencang dengan kawat, sekrup, dan lain-lain.

Cuaca buruk yang mengakibatkan hujan disertai angin bisa membuat arah antena menjadi bergeser kembali.

4. Gunakan Antena Outdoor

Antena TV outdoor atau antena yang penempatannya diluar ruangan dinilai lebih efektif menerima sinyal daripada antena indoor, terutama untuk wilayah yang jauh dari stasiun pemancar TV.

Hal ini terjadi karena lebih minimnya gangguan berupa halangan ruangan-ruangan dalam rumah yang bisa saja menghambat penerimaan sinyal siaran TV Digital.

Meskipun begitu antena TV indoor masih efektif digunakan jika sobat berada di wilayah perkotaan.

5. Sesuaikan Ketinggian Antena

Untuk wilayah yang jauh dari relay atau stasiun pemancar TV, sebaiknya posisi dan ketinggian antena diatur sedemikian rupa agar lebih tinggi.

Jangan lupa untuk menggunakan tiang yang kokoh agar antena tetap tegak jika terkena angin.

6. Cek Kondisi Kabel Antena/Coaxial

Kualitas kabel antena menjadi salah satu faktor penting dalam bagus tidaknya sinyal siaran TV Digital yang diterima.

Jika kabel antena mulai rapuh dan terputus sebaiknya sobat segera menggantinya.

Cek juga kabel antena dari adanya kerusakan akibat adanya himpitan benda berat, benda tajam, ataupun gigitan tikus.

Sebaiknya gunakan kabel antena berkualitas baik seperti kabel kitani agar lebih awet.

7. Periksa Jack Kabel

Meskipun terlihat biasa-biasa saja, akan tetapi jack kabel ini sangat berpengaruh. Bukan hanya tentang merk, tetapi biasanya kabel pada jack TV ini longgar.

Hal ini bisa disebabkan karena sering cabut pasang jack antena, misal jika TV takut terkena sambaran petir, dan sebagainya.

Dmiftah rekomendasikan agar menggunakan jack yang tidak abal-abal. Memang harga jack ini tidak mahal, tapi ya jangan yang paling murah juga.

Jack yang paling murah biasanya pencengkram kabelnya tidak begitu kuat sehingga rawan lepas. Mengganti atau memperbaiki jack ini merupakan salah satu cara mengatasi siaran tv yang hilang

Sebaiknya sobat juga mengganti jack ini jika telah terjadi korosi atau karat yang akan berpengaruh pada transmisi data dari TV tuner antena ke set top box atau TV.

8. Lakukan Scan Ulang Saluran

Saluran TV Digital, terutama di Indonesia yang masih terus dikembangkan, terkadang frekuensinya masih terus diperbarui oleh provider atau penyedia layanan.

Hal ini tentu mengakibatkan sinyal siaran TV lama menjadi tidak terdeteksi.

Cobalah untuk scan ulang saluran TV Digital baik melalui metode otomatis ataupun manual. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa UHF ataupun jika menggunakn tambahan set top box.

9. Gunakan Booster Antena

Sebenarnya sinyal TV Digital dapat terkirim dengan baik meskipun dari jaraknya yang cukup jauh. Pada TV tidak perlu menggunakan alat berupa booster selama antena UHF memadai.

Akan tetapi, jika terjadi kendala sinyal masih lemah dan siaran sulit diterima dengan baik maka penggunaan booster ini bisa menjadi pilihan.

Booster merupakan alat penguat sinyal UHF Digital untuk pengguna yang berada diluar jangkauan.

Harga Booster TV Digital Terbaik 2022

10. Cek TV Tuner

Berikutnya adalah cek tuner TV. Mungkin saja perangkat ini memang bermasalah. Pastikan tidak ada karat yang menempel atau kotoran lain dalam tuner.

Sebaiknya lakukan penyolderan ulang pada kaki tuner. Namun pastikan dahulu jika Anda sudah mengukur kembali tegangan pada tuner yaitu 5-12vdc yang masuk ke B+ tuner.

11. Ganti IC Program

Jika telah dilakukan berbagai macam cara diatas dan masih terkendala dengan tidak ada siaran TV Digital atau sinyal TV nya susah ditangkap, mungkin sebaiknya dilakukan pengecekan atau penggantian  IC program.

Untuk pergantian IC ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional seperti tukang service agar penggantiannya dilakukan secara tepat.

Demikian tutorial Cara Mengatasi Siaran Tv Digital Tidak Ada Sinyal. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close