Cara Cepat Mendapatkan Update Android 13 di Google Pixel

Pada 15 Agustus 2022 silam, Google mengumumkan bahwa akan mulai meluncurkan pembaruan Android 13 nya ke portofolio perangkat Pixel. Tetapi seperti yang telah berlaku sebelumnya, pembaruan tersebut tidak akan langsung bisa diterima oleh semua perangkat Google Pixel.

Meskipun perangkat Pixel yang digunakan telah memenuhi syarat, seperti Pixel 4 atau diatasnya, tetap saja Google memerlukan waktu hingga beberapa minggu agar update tersebut bisa digunakan di Pixel-nya.

Sebenarnya untuk dapat cepat mengaplikasikan update terbaru seperti ini masih bisa dilakukan melalui Android Developer's Tools, komputer, dan kabel USB agar segera melakukan sideload update. Tetapi ada juga sebenarnya cara yang mudah, tidak seribet penggunaan kabel USB itu.

Trik ini juga lumayan berguna jika bosan terus-terusan melakukan pengecekan update di Google Pixel dan notifikasi adanya update belum juga muncul. 

Tetapi sebelum melakukan percobaan update ke Android 13, perlu dipahami bahwa sepertinya pada update ini tidak begitu banyak perubahan atau peningkatan. Hanya ada beberapa pengaturan di menu tertentu dan pemutar media di tray notifikasi yang telah sedikit ditingkatkan. 

Tetapi secara keseluruhan, dari segi tampilan maupun fungsinya sangat mirip dengan Android 12 yang telah ada pada perangkat Pixel. Baca juga: Cara Mengatasi Subtitle Film Telat di Android

Sisi baiknya, pada Android 13 versi beta ini tidak ditemukan masalah penghentian proses atau freeze aplikasi dalam pengujian, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin mengupdate.

Daftar Program Beta Android

Langkah pertama jika ingin mendapatkan update ke Android 13 adalah dengan cara mendaftar di program Google Android beta. Dengan mendaftar di program ini, pemilik Pixel maupun pengembang dapat menguji perangkat lunak baru di sepanjang musim panas ini.

Akan tetapi karena versi final Android 13 sekarang ini sudah keluar, jika pendaftaran program beta baru dilakukan hari ini, versi beta dari Android 13 tidak lagi bisa diakses.

Hanya Android 13 yang telah resmi di rilis Google saja.

  1. Akses situs program Android beta dengan browser dari perangkat apa pun (komputer, laptop, ataupun ponsel) kemudian masuk dengan menggunakan akun Google.
  2. Pada bagian atas terdapat tombol "see eligible devices" untuk melihat perangkat yang mana saja yang memenuhi syarat. Klik tombol tersebut hingga terlihat halaman yang berisi daftar seri ponsel mana saja yang sudah memenuhi syarat untuk program update.
  3. Jika perangkat ponsel yang digunakan termasuk dalam kategori ponsel yang memenuhi syarat, lanjutkan dengan menekan tombol "Opt in" untuk bergabung dengan versi beta. Lalu sebuah jendela pop up akan muncul, setujui syarat dan ketentuan program, lalu klik Konfirmasi dan Daftar
    Google Pixel 6 Pro 256GB RAM 12GB 5G 128GB OriginalCek di Shopee
    Hard Case Tempered Glass Google Pixel 6 & 6 ProCek di Shopee

Instal Pembaruan Android 13

Setelah selesai melakukan pendaftaran, sekarang ponsel kamu sudah terdaftar dalam program beta. Buka pengaturan di ponsel lalu gulir ke bawah, ke menu Sistem. Pilih Update Sistem sehingga program update Android 13 muncul. 

Ketuk tombol yang muncul untuk mulai menginstalnya. Proses penginstalan update ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, tergantung dari koneksi internet yang digunakan, berapa banyak aplikasi yang diinstall dan sebagainya.

Akhiri Program Beta Android

Setelah selesai menginstal update, selanjutnya akses kembali situs web Android beta dan klik tombol Opt out di perangkat bergambar untuk membatalkan keikutsertaan program beta.

Kemudian Google akan memberikan peringatan bahwa, update akan dikirimkan ke ponsel yang akan menghapus data dan mengembalikan sistem Android ke versi stabil jika meninggalkan program beta ini. 

Tetapi tenang saja, hal itu tidak akan terjadi karena versi Android 13 yang baru saja diinstal adalah versi stabil. Baca juga: Cara Melacak HP Android yang Hilang

Thats all! Dengan cara tersebut pembaruan Android 13 sudah bisa dinikmati di Google Pixel tanpa perlu repot menunggu antrian yang diberlakukan oleh Google.

Namun perlu diingat, bahwa trik ini hanya berlaku hingga Google merilis versi beta terbaru berikutnya yang kemungkinan akan dirilis pada bulan September mendatang.

Trik seperti ini dilakukan jika perangkat yang digunakan adalah Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Sedangkan untuk Pixel 4 atau 5, update lebih mudah dilakukan. 

Dan lagi harus dicatat bahwa jika menggunakan Google Pixel 6 atau Pixel 6 Pro kemudian mengupdate ke Android 13 maka nantinya tidak bisa roll back atau dikembalikan ke versi sebelumnya (Android 12).

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close