Cara Pasang STB Indihome dan Berhenti Berlangganan Paket UseeTV Indihome

Kebutuhan masyarakat Indonesia akan multimedia saat ini sangat tinggi. Selain dalam hal internet seperti streaming, menonton siaran TV pun mengalami lonjakan yang cukup signifikan terlebih setelah adanya Analog Switch Off atau pemadaman siaran TV Analog.

ASO yang telah dimulai pemerintah sejak awal November lalu membuat masyarakat, mau tidak mau harus bermigrasi ke siaran TV Digital.

Tak ayal perangkat pendukung siaran TV Digital seperti set top box TV Digital DVB-T2 pun laris manis melejit seperti roket.

Untuk menikmati siaran TV Digital sebenarnya tidak hanya dengan perangkat set top box DVB-T2 saja.

Terdapat juga pilihan lain seperti TV berlangganan (parabola, TV kabel), dan layanan internet TV (Netflix,Hulu,Google TV, dan lain-lain), yang kesemuanya itu sudah menyediakan layanan siaran TV Digital dengan kualitas video yang sudah tidak diragukan lagi.

Untuk pelanggan layanan Internet Indihome, siaran TV Digital ini sudah bisa dinikmati dengan memilih paket Indihome yang terdapat layanan TV didalamnya.

Nantinya sobat akan diberikan perangkat tambahan berupa set top box khusus dari layanan Indihome.

Apa itu Set Top Box Indihome?

Set top box Indihome adalah perangkat yang digunakan untuk mengakses tayangan televisi berlangganan melalui jaringan internet Indihome. 

Set top box Indihome dihubungkan dengan televisi melalui kabel HDMI atau kabel komponen (RCA), dengan tambahan remote kontrol. 

Baca Juga : Cara Setting Set Top Box Polytron PDV

Dengan perangkat set top box Indihome ini, sobat dmiftah dapat menikmati tayangan televisi berlangganan seperti acara TV, film, dan lainnya dengan tampilan gambar kualitas tinggi dan jauh berbeda dengan tayangan televisi biasa (analog). 

Perangkat stb Indihome juga sudah dilengkapi dengan fitur seperti pengaturan jaringan, pengaturan audio/video, dan penambahan aplikasi, serta fitur-fitur lainnya yang akan memudahkan sobat untuk mengatur tayangan sesuai dengan keinginan.

Jenis-jenis STB Indihome yang Beredar di Indonesia

PT Telkom Indonesia sebagai perusahaan penyedia layanan televisi berlangganan di Indonesia yang menggunakan merk Indihome, menyediakan stb Indihome dalam model-model sebagai berikut:

1. Set top box UseeTV

Stb Indihome UseeTV merupakan set top box yang dapat digunakan untuk mengakses tayangan siaran televisi berlangganan Indihome, seperti menonton film, berita, olahraga dan acara TV on demand. 

Set top box UseeTV juga sudah dilengkapi fitur pause, rewind, dan fast forward tayangan yang memudahkan sobat untuk menjeda, menonton ulang atau melanjutkan tayangan yang terputus.

2. Set top box UseeTV Plus

Stb UseeTV Plus merupakan perangkat set top box yang sama dengan stb UseeTV, tetapi terdapat tambahan fitur lain seperti fitur recording yang memungkinkan sobat untuk merekam tayangan televisi dan menontonnya kembali di waktu lain.

3. Set top box UseeTV GO

Stb UseeTV Go merupakan set top box yang dapat digunakan untuk mengakses tayangan televisi berlangganan Indihome di mana saja melalui perangkat mobile seperti smartphone, tablet, atau laptop. 

Set top box UseeTV GO ini juga sudah dilengkapi dengan fitur streaming yang memungkinkan Anda untuk menonton tayangan televisi langsung melalui jaringan internet.

4. Set top box Android TV

Stb Indihome Android TV merupakan set top box yang menggunakan sistem operasi Android dan dapat digunakan untuk mengakses tayangan televisi berlangganan Indihome, serta mengunduh aplikasi dan menonton film dan acara TV on demand dari layanan streaming seperti Netflix dan lainnya.

Stb Indihome ini merupakan salah satu perangkat yang paling banyak beredar saat ini.

Meskipun begitu, set top box Indihome yang tersedia di pasaran mungkin akan berbeda di setiap wilayah ataupun ketersediannya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari PT Telkom Indonesia.

Baca Juga : Cara Menonton Film dari Flashdisk di Stb Indihome

Paket-paket Layanan TV Indihome di Indonesia

Berikut beberapa paket set top box Indihome yang tersedia di pasaran.

1. Paket UseeTV Saver

Paket ini menawarkan tayangan televisi berlangganan dengan konten yang terbatas, tetapi harganya lebih terjangkau. Paket ini tersedia dalam perangkat set top box UseeTV atau UseeTV Plus.

2. Paket UseeTV Premium

Paket ini menawarkan tayangan televisi berlangganan dengan konten yang lebih bervariasi, termasuk acara TV, film, dan lainnya. Paket ini tersedia dalam perangkat set top box UseeTV Plus atau UseeTV GO.

3. Paket UseeTV Ultimate

Paket UseeTV Ultimate merupakan paket yang menawarkan tayangan televisi berlangganan dengan konten yang paling lengkap, termasuk didalamnya terdapat acara TV, film, dan lainnya serta fitur recording yang memungkinkan kita untuk merekam tayangan televisi dan menontonnya kembali di waktu lain sesuai kebutuhan. 

Paket UseeTV Ultimate ini tersedia di set top box UseeTV Plus.

Paket set top box Indihome yang tersedia di tiap wilayah mungkin akan berbeda dan ketersediannya dapat berubah sewaktu-waktu.

Detail ketersediaan paket UseeTV Indihome bisa dicek langsung di website resmi Indihome atau melalui layanan costumer care Indihome.

Baca Juga : Cara Setting Set Top Box Matrix Apple HD Merah

Cara Memasang Stb Indihome ke TV Tabung dan TV LED

Tidak jauh berbeda dengan set top box TV Digital DVB-T2, stb Indihome juga mudah cara pemasangannya.

Untuk memasang set top box Indihome, pertama-tama pastikan bahwa sobat dmiftah telah memiliki set top box dan perangkat pendukung lainnya yang dibutuhkan, seperti kabel HDMI atau komponen audio-video (RCA), adaptor listrik, dan remote. 

Setelah stb Indihome dan semua komponen pendukungnya tersedia, selanjutnya pasang set top box Indihome dengan langkah-langkah seperti berikut

  • Siapkan TV dan pastikan televisi dalam keadaan mati.
  • TV yang digunakan bisa TV tabung, TV LCD, atau TV LED dalam berbagai ukuran dan merk.
  • Hubungkan set top box Indihome ke TV.
  • Jika menggunakan TV LCD atau TV LED, hubungkan dengan kabel HDMI
  • Jika menggunakan TV tabung, hubungkan dengan kabel RCA
  • Hubungkan set top box Indihome ke router Indihome dengan menggunakan kabel UTP.
  • Colokkan kabel UTP pada port LAN di set top box Indihome lalu colokkan ujung kabel UTP lainnya ke port LAN 4 di router Indihome.
  • Hubungkan adaptor listrik ke set top box Indihome lalu hubungkan ke stop kontak.
  • Nyalakan televisi lalu
  • Ubah ke mode HDMI dengan menekan tombol SOURCE pada remote TV LCD/LED jika dihubungkan dengan kabel HDMI
  • Ubah ke mode Audio-Video (AV) dengan menekan tombol AV pada remote tv tabung jika dihubungkan dengan kabel RCA
  • Nyalakan set top box dengan menekan tombol power di remote stb Indihome atau dengan menekan tombol di bagian belakang set top box (tergantung versi set top box).
  • Stb Indihome akan mulai melakukan booting dan terlihat tampilan awal.
  • Setelah itu ikuti instruksi yang muncul di layar untuk melakukan pengaturan awal seperti pengaturan bahasa dan lainnya.
  • Setelah semua pengaturan dasar selesai, sobat akan melihat tampilan menu UseeTV yang biasanya terdiri dalam beberapa kategori seperti Home, Aplikasi, Setting, dan lain-lain.
  • Siaran TV di set top box Indihome kini sudah dapat dinikmati.

Jika terdapat pengaturan tertentu yang mengharuskan user login, sobat bisa menghubungi call center layanan Indihome untuk mendapat bantuan berupa instruksinya agar lebih jelas.

Baca Juga : Cara Setting Set Top Box Luby DVB-T2

Cara Berhenti Berlangganan Layanan UseeTV

Terkadang menggunakan paket yang didalamnya terdapat layanan TV seperti UseeTV dan kita jarang menggunakannya akan terasa sangat disayangkan. 

Karena tentunya setiap tagihan yang harus dibayar sudah termasuk biaya langganan TV tersebut meskipun tidak digunakan.

Jika ingin berhenti berlangganan dari layanan UseeTV, cara paling mudah yang dapat sobat dmiftah lakukan adalah dengan menghubungi tim dukungan pelanggan Indihome melalui salah satu cara berikut:

1. Langsung ke Kantor Plasa Telkom Terdekat

Jika memiliki banyak waktu dan ingin lebih detail dalam menghentikan layanan TV Indihome atau UseeTV, pilihan pertama yang bisa sobat lakukan adalah dengan mendatangi langsung kantor Plasa Telkom terdekat.

Disana sobat akan dilayani oleh costumer service yang siap membantu.

Tetapi sebelum ke kantor Plasa Telkom, sebaiknya siapkan dulu beberapa berkas sebagai syarat yang harus dibawa dan dilengkapi seperti fotocopy KTP atas nama pelanggan IndiHome dan Pelunasan tagihan bulan terakhir, materai 10.000, dan stempel resmi dari perusahaan jika pelanggan atas nama perusahaan.

Lakukan permohonan penghentian paket langganan UseeTV dengan langkah sebagai berikut.

  • Kunjung kantor Plasa Telkom terdekat dalam jam kerja, biasanya mulai dari hari Senin-Jum’at dari jam 08.00-16.00. Untuk hari Sabtu kantor plasa Telkom hanya buka mulai dari 08.00-12.00 saja.
  • Sampaikan maksud dan tujuan kedatangan ke Satpam untuk dibantu dalam pengambilan antrian ke customer service.
  • Ajukan permintaan pemberhentian layanan. Pada tahap ini nantinya sobat akan diminta untuk menuliskan nomor tagihan, mengisi formulir pengajuan pemberhentian, menulis alasan penghentian layanan, serta memberikan fotokopi KTP atas nama pengguna layanan.
  • Disini prosesnya sangat mudah dan akan dipandu sampai selesai oleh petugas.
  • Pelunasan tagihan bulan berjalan dan pengembalian perangkat IndiHome.

2. Melalui telepon

Sobat dapat menghubungi tim dukungan pelanggan Indihome melalui nomor telepon 147 lalu sampaikan permohonan penghentian langganan dan nantinya akan dipandu untuk menyelesaikan beberapa tahap-tahap permohonannya.

3. Melalui Website

Akses website Indihome dan mengklik tombol "Live Chat" di bagian bawah halaman untuk berkomunikasi langsung dengan tim dukungan pelanggan secara online dan realtime.

4. Melalui Aplikasi MyIndihome

Download aplikasi MyIndihome di perangkat mobile seperti smartphone lalu kirimkan permintaan untuk berhenti berlangganan melalui menu "Bantuan & Dukungan" di aplikasi tersebut.

Sebelum melakukan konsultasi dan permohonan penghentian langganan paket UseeTV, pastikan sobat telah menyiapkan informasi akun Indihome seperti no ID Indihome, nomor telepon, atau alamat email yang terdaftar di akun Indihome. 

Baca Juga : Cara Setting Set Top Box Apple HD Kuning DVB-T2

Jika permohonan penghentian langganan paket telah dikonfirmasi dan disetujui oleh Indihome, selanjutnya tunggu instruksi selanjutnya.

Penghentian paket langganan biasanya akan mulai diberlakukan di bulan berikutnya.

Demikian artikel tentang Cara Pasang STB Indihome dan Berhenti Berlangganan Paket UseeTV Indihome. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya. 

Let's share this article with your friends!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Keep scrolling to see content
close