Cara Memasang Set Top Box Ke TV Tabung dan TV LCD/LED

Saat ini siaran tv digital sudah bisa dinikmati di hampir seluruh wilayah Indonesia. Masyarakat Indonesia yang mempunyai TV LED yang sudah mendukung siaran tv digital, maupun tv analog sudah bisa menikmati jernihnya siaran tv digital.

Tetapi untuk sebagian orang ternyata masih bingung bagaimana cara memasang set top box ke tv tabung atau tv analog walaupun sebenarnya cara mudah.

Tapi tidak apa-apa. Di artikel ini dmiftah akan memberikan tips bagaimana cara memasang set top box ke tv tabung/analog, maupun tv LCD/LED.

Persiapan Memasang Set Top Box ke TV Tabung/Analog dan TV LCD

Sebelum mulai memasang set top box ke tv, sebaiknya sobat perhatikan bahwa set top box yang digunakan harus set top box yang sudah support jaringan siaran tv digital Indonesia sesuai standarisasi kominfo yaitu mendukung Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial atau DVB-T2.

Set top box yang tidak mendukung jaringan DVB-T2 sebaiknya tidak digunakan untuk menangkap siaran tv digital, karena beda teknologi beda lagi tujuan dan cara penggunaannya. Singkatnya, jika tidak mendukung jaringan DVB-T2 maka set top box (stb) tersebut tidak bisa digunakan.

Saat ini sudah banyak sekali set top box yang sudah mendukung jaringan DVB-T2. Selain set top box tersebut, jangan lupa untuk menggunakan antena TV yang sudah support atau mendukung penangkapan siaran TV Digital. Baca juga Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik 2022

Cara Memasang Set Top Box (STB) ke TV Tabung atau Analog

Untuk memasang set top box ke TV tabung atau tv analog, ikuti langkah berikut

  1. Siapkan STB. Pastikan dalam kondisi off atau mati meskipun sudah dicolokkan ke arus listrik
  2. Colokkan kabel antena atau jack kabel coaxial ke port 'ANT-IN'. Port ini biasanya terletak di bagian belakang atau samping STB (tergantung merk stb)
  3. Mulai hubungkan set top box ke tv tabung atau analog dengan menggunakan kabel RCA. Kabel RCA ini biasanya terdiri dari 3 kabel berwarna yaitu warna kuning, merah, dan putih di kedua ujungnya, atau ada juga yang berbentuk 1 ujung kabel aux (jack 3.5) lalu ujung satunya kabel RCA 3 warna tadi.
  4. Jika menggunakan kabel yang ujung satunya kabel aux, colokkan kabel aux ke port aux pada set top box, lalu colokkan kabel RCA 3 warna ke TV tabung atau analog sesuai warna
    Kabel Audio To 3 Rca Gold / Kabel Jack Aux Audio to RcaCek di Shopee
  5. Jangan salah memasang kabel RCA, karena setiap kabel memiliki fungsi masing-masing, yaitu kabel yang berwarna kuning untuk visual atau menampilkan gambar/video, sedangkan kabel merah dan putih untuk audio (kanal kiri dan kanan).
  6. Jika menggunakan kabel yang kedua ujungnya RCA 3 warna, colokkan ke set top box (stb) maupun tv tabung atau analog sesuai warnanya.
    AV Cable RCA Triple 3 RCA Composite Audio Video 1,5 meterCek di Shopee
  7. Nyalakan tv tabung atau analog lalu alihkan ke mode AV (audio video) dengan menggunakan remote atau tombol naik turun channel pada tv.
  8. Nyalakan set top box lalu tunggu hingga terlihat tampilan di tv
  9. Jika baru pertama dihubungkan biasanya terlihat menu set top box nya saja.
  10. Tekan Menu pada remote lalu pilih opsi Pencarian Saluran atau Pindai Saluran
  11. Pilih Pencarian Otomatis atau Pindai Otomatis
  12. Tunggu hingga semua saluran atau channel TV Digital berhasil di pindai
  13. Jangan lupa pilih Simpan saluran agar nantinya tidak perlu lagi memindai siaran tv digital setiap kali set top box dinyalakan

Cara Pasang Set Top Box ke TV LCD/LED

Jika sobat mempunyai tv LCD/LED yang belum support siaran tv digital, sobat juga bisa menggunakan set top box untuk menikmati siaran tv digital yang jernih.

  1. Siapkan set top box (STB) lalu hubungkan ke arus listrik
  2. Siapkan kabel HDMI yang sudah termasuk dalam paket penjualan unit set top box. Jika tidak ada, sobat bisa membelinya di toko elektronik terdekat atau di marketplace.
    Kabel HDMI To HDMI 3 METERCek di Shopee
  3. Hubungkan kabel antena atau jack coaxial ke port ANT-IN di set top box.
  4. Hubungkan set top box ke tv dengan mencolokkan kabel HDMI dari set top box ke TV. Kabel HDMI ini hanya satu kabel saja di kedua ujungnya, jadi tinggal colok sesuai bentuk kabel ke port nya.
  5. Untuk TV LCD/LED yang masih support jack RCA, sobat juga bisa menyambungkan set top box ke tv dengan kabel RCA. Caranya sama seperti diatas.
  6. Nyalakan TV lalu alihkan ke mode HDMI (jika menggunakan kabel HDMI) atau ke mode Audio/Video (jika menggunakan kabel RCA) dengan menekan tombol Source pada remote
  7. Nyalakan Set top box lalu tunggu hingga muncul tampilan menu set top box di TV
  8. Tekan tombol Menu pada remote set top box lalu mulai cari siaran tv digital dengan cara memilih opsi Pencarian Siaran lalu pilih Pencarian Otomatis
  9. Tunggu hingga semua saluran terdeteksi atau selesai di pindai
  10. Setelah semua saluran tv digital berhasil di pindai, jangan lupa untuk memilih opsi Simpan Saluran
  11. Siaran TV Digital kini sudah bisa dinikmati.

Jika setelah dilakukan pindai saluran atau pencarian saluran terdapat siaran TV Digital yang masih belum tayang sempurna atau tidak jernih, mungkin ada beberapa masalah yang menyebabkan siaran tv tersebut terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan sobat baca Penyebab Sinyal Siaran TV Digital Lemah/Hilang dan Cara Mengatasinya

Oh iya. Seperti yang sobat lihat diatas, pada set box terdapat port USB. Lalu fungsi port USB pada set top box ini sebenarnya untuk apa?

Port USB pada set top box bisa difungsikan untuk memutar file multimedia seperti foto, musik, dan video dari USB atau flashdisk. Format file yang didukung biasanya adalah .jpg, .png, .mp3, .mp4, .avi, .mkv dan lain-lain tergantung dukungan dari tiap merk set top box.

Jadi set top box juga bisa digunakan untuk menonton film?

Jawabannya bisa. Set top box tv malah set top box indihome pun bisa digunakan untuk menonton film dari flashdisk, bahkan sudah support untuk menambahkan subtitle atau terjemahan. Baca juga Cara Menonton Film dengan Subtitle pada Set Top Box Indihome

Demikian tips tentang Cara Memasang Set Top Box Ke TV Tabung dan TV LCD/LED. Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close