Cara Jitu Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca / Error

Harddisk eksternal sampai saat ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menyimpan data, terutama untuk backup data. Salah satu alasan lebih memilih menyimpan data kedalam harddisk eksternal ini karena sangat mudah digunakan dan dapat menampung data-data dalam jumlah besar.

Tetapi bagaimana jika harddisk eksternal yang berisi data-data penting tiba-tiba error? Tidak bisa dibuka? Atau malah tidak terbaca sama sekali di komputer atau laptop?

Tenang, jangan panik dulu.

Sebenarnya Harddisk Eksternal Itu Apa?

Secara harfiah harddisk eksternal berarti media penyimpanan optik berupa piringan cakram yang  digunakan secara portable diluar perangkat komputer atau laptop (eksternal). 

Lalu Apa Perbedaannya Harddisk Eksternal dengan Harddisk Biasa (Internal)?

Sebenarnya dari segi perangkat dan fungsinya tidak ada perbedaan sama sekali, karena sama-sama harddisk. Yang menjadi pembeda adalah cara menggunakannya saja.

Jika harddisk selalu tersimpan rapi, tidak pernah dibuka atau dicopot, lain halnya dengan harddisk eksternal. Harddisk eksternal memang sengaja diciptakan agar memudahkan melakukan penyimpanan data yang mobile friendly.

Menurut cara penggunaannya harddisk eksternal ini hampir sama dengan flashdisk, tetapi untuk menyimpan data dalam jumlah besar seperti data backup, harddisk eksternal ini merupakan pilihan yang tepat. Baca juga: Cara Backup Data dan Sistem dengan Acronis

Kelebihan Harddisk Eksternal Dibandingkan dengan Harddisk Internal

  • Lebih praktis dan mudah digunakan karena hanya perlu dicolok ke port USB seperti flashdrive
  • Lebih ringan karena rata-rata harddisk eksternal ukurannya kecil bahkan bisa disimpan di saku
  • Bisa menyimpan file-file dalam kapasitas besar

Kekurangan Harddisk Eksternal dibandingkan Harddisk Internal

  • Harga relatif lebih mahal
  • Rawan hilang karena perangkatnya cukup kecil
  • Rawan terjatuh karena penggunaannya mobile atau sering berpindah-pindah yang lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada harddisk

Ciri-ciri Harddisk Eksternal Error atau Tidak Terbaca

  • Harddisk lama dimuat atau dikenali Sistem Operasi

    Harddisk eksternal yang mulai error akan sulit dikenali komputer atau laptop ketika dihubungkan lewat kabel USB.

  • Mounting harddisk memerlukan yang waktu lebih lama
  • Harddisk berhasil di mount tetapi di Windows Explorer nama drive hanya berupa tanda tanya atau tanda error
  • Koneksi harddisk ke komputer atau laptop putus-nyambung, seperti kisah cinta kita 😭
  • Harddisk berhasil terhubung tetapi berkas atau file didalamnya tidak bisa dibuka
  • Status koneksi harddisk hanya terlihat di Device Management, bahkan pada beberapa kasus harddisk sama sekali tidak dikenali Windows

Terlaris!! HDD Eksternal Seagate 2 TB Plus Ultra ini ada DISKON!

Cara Mengatasi Harddisk Eksternal yang Error Tidak Terbaca pada Windows 7 dan Windows 10

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi harddisk tidak terbaca ini, tetapi dmiftah merangkumnya menjadi beberapa cara saja.

Cara Mengatasi Harddisk yang Tidak Terbaca atau Error tanpa Membuat Kehilangan Data atau Tanpa Format Harddisk

  1. Salah satu penyebab error harddisk eksternal yang tidak terbaca adalah koneksi port USB. Harddisk eksternal memerlukan koneksi data sekaligus power yang optimal, jika kinerja port USB sudah menurun Harddisk Eksternal pun akan susah di baca oleh Windows.

    Pindahkan kabel harddisk ke port USB lain untuk mengecek apakah memang port USB nya yang bermasalah. Pada komputer atau laptop biasanya sudah tersedia 3 atau lebih port USB, coba satu per satu port USB nya.

    Jika menggunakan USB Hub atau terminal USB, cabut konektor harddisk dari USB Hub dan colokan langsung ke port USB di komputer atau laptop.

    Gunakan juga port USB yang sesuai. Jika kabel USB harddisk support USB 3.0 atau lebih, maka gunakan port USB yang sama pada komputer atau laptopnya.

  2. Cek Kabel Konektor Harddisk

    Harddisk eksternal yang tidak terbaca juga bisa disebabkan oleh gangguan koneksi kabel. Seperti yang telah dijelaskan diatas, tidak optimalnya transfer data dan daya ke harddisk bisa membuat harddisk error atau tidak terbaca.

    Cobalah menggunakan kabel lain dengan spesifikasi yang sama untuk mengecek apakah memang kabelnya yang bermasalah. Kombinasikan juga dengan langkah pertama diatas untuk mengecek kondisi port USB nya.

  3. Ubah Drive Letter atau Path

    Drive letter adalah identitas penanda berupa karakter alfabet (A-Z) yang diberikan Windows kepada drive, baik harddisk, flashdrive, DVD/CD Drive, partisi harddisk maupun drive yang berbentuk virtual seperti file ISO yang di mount melalui sistem Windows maupun aplikasi pihak ketiga seperti UltraIso, PowerIso, dan lain sebagainya. Baca juga Cara Membuat Bootable USB dari file ISO dengan Rufus

    Dmiftah juga tidak begitu paham mengapa dengan mengubah drive letter ini bisa berpengaruh pada koneksi harddisk, tetapi dmiftah pernah mencobanya dan memang berhasil.

    Untuk mengubah drive letter harddisk ikuti langkah berikut

    • Klik logo Windows
    • Ketik Computer Management
    • Klik Device Management
    • Pada kolom sebelah kanan akan terlihat daftar media penyimpanan ataupun partisi harddisk yang sedang terhubung
    • Pilih Harddisk Eksternal yang akan diganti drive letter nya lalu klik kanan
    • Pilih Change Drive Letter and Paths...
    • Klik Change
    • Klik dan pilih drive letter yang baru. Drive letter ini bebas mau pilih yang mana saja
    • Setelah dipilih driver letter baru, klik OK
    • Jika muncul pop up Some programs that rely on drive letters might not run correctly. Do you want to continue? Klik OK
    • Tunggu beberapa saat, dan jika berhasil akan muncul jendela explore dari harddisk tersebut

    Jika tidak berhasil, lanjutkan ke cara selanjutnya

  4. Cek Harddisk ke Komputer atau Laptop yang lain

    Cara selanjutnya yaitu dengan mengasumsikan ada error pada software (Sistem Operasi) ataupun hardware dari perangkat yang sobat gunakan. Jadi sobat bisa mengecek dan membandingkannya dengan memindahkan harddisk eksternal ke perangkat lain.

    Pada perangkat lain pun jangan lupa juga untuk melakukan dari mulai cara pertama diatas yaitu mencoba setiap port USB agar harddisk bisa terbaca dengan baik.

    Jika masih belum bisa, lanjutkan dengan cara kedua (menggunakan kabel lain), hingga cara keempat yaitu mengganti drive letter.

    Masih belum bisa juga? Tenang, Masih ada cara lainnya.

  5. Cek Harddisk Eksternal dengan Menghubungkan Langsung Harddisk Menggunakan Kabel SATA

    Harddisk eksternal itu tepatnya hanya istilah saja, komponennya sama saja dengan harddisk internal, bahkan sama persis alias itu-itu juga.

    Bedanya, jika harddisk internal dihubungkan langsung ke motherboard melalui kabel SATA (di komputer) atau melalui socket (laptop), pada harddisk eksternal ini, harddisk terhubung ke sebuah komponen kecil yang disebut enclosure kemudian dihubungkan ke komputer atau laptop melalui media kabel USB.

    Fungsi enclosure ini sederhananya adalah untuk mengkonversi dua socket atau jalur harddisk yaitu socket transfer data (SATA) dan socket power kedalam sebuah jalur lain yaitu jalur USB. Lebih tepatnya lagi membuat harddisk menjadi portable seperti flashdrive.

    Nah untuk kasus harddisk yang tidak terbaca ini bisa saja enclosure nya error atau rusak. Maka dari itu, sobat dmiftah lakukan pengecekan harddisk langsung tanpa enclosure.

    Untuk mengecek harddisk eksternal ini secara langsung, ikuti langkah berikut

    • Buka Casing Harddisk Eksternal dengan menggunakan obeng minus kecil, pinset, atau ujung cutter
    • Jangan tekan obeng atau pembuka lainnya terlalu dalam untuk menghindari kerusakan harddisk karena goresan atau tekanan benda runcing. Cukup masukkan dan tekan sedikit saja untuk membuat pengunci casing terbuka
    • Setelah satu pengunci casing terbuka, geser alat pembuka ke sisi lainnya dalam setiap sudut hingga casing benar-benar terbuka
    • Casing ini biasanya tertutup sangat rapat karena diberi lem, jadi diperlukan tenaga lebih untuk membukanya. Tetapi harus dengan hati-hati juga ya sobat
    • Setelah casing terbuka, angkat lapisan alumunium foil nya, lalu congkel harddisk dengan obeng kecil atau pinset tadi dari arah berlawanan dengan posisi enclosure
    • Congkel pelan hingga harddisk berhasil dikeluarkan dari casing
    • Selanjutnya yang sobat perlukan adalah sebuah Komputer atau laptop. Dmiftah lebih menyarankan menggunakan komputer karena komputer menggunakan kabel dan mudah dalam membuka casing nya.
    • Pastikan komputer dalam kadaan mati
    • Hubungkan harddisk dengan kabel SATA ke motherboard. Sobat bisa menggunakan kabel SATA CD/DVD ROM karena jenis kabelnya sama
    • Hubungkan juga power untuk harddisk nya dari Power Supply. Biasanya untuk pin power pada Power Supply ini tersedia lebih dari 2, jadi sobat bisa menggunakannya jika masih ada yang tidak terpakai di CPU.
    • Atau bisa menggunakan pin power yang digunakan untuk CD/DVD ROM.
    • Setelah harddisk terhubung dengan benar, nyalakan komputer seperti biasa.
    • Jika pada Windows Explorer harddisk terlihat dan dapat diakses, Selamaaat! Harddisk kamu aman ya sobat!

Sepanjang yang dmiftah alami, cara ini adalah cara paling efektif untuk mengecek dan mengatasi harddisk eksternal yang tidak terbaca karena data tidak akan hilang akibat edit partisi maupun format harddisk.

Dan cara ini 90% worked bagi harddisk yang tidak terbaca tetapi kondisi harddisk nya masih sangat baik.

Setelah berkas atau file dalam harddisk eksternal tersebut dapat dibuka, dmiftah sarankan untuk segera melakukan backup atau memindahkannya ke media penyimpanan lain, karena bukan tidak mungkin setelah pengecekan dengan cara ini malah harddisk nya yang error, sama sekali tidak bisa dibaca, atau malah terjadi bad sector.

Setelah data dibackup, cek performa harddisk dengan tools. Baca juga Cara Mudah Mengecek Performa Harddisk

Jika performa harddisk masih bagus berarti harddisk masih bisa terus digunakan.

Jika enclosure nya sudah rusak, apakah harddisk ini masih bisa digunakan sebagai Harddisk Eksternal?

Tentu saja bisa. Sobat dmiftah hanya perlu membeli enclosure nya saja, disesuaikan dengan ukuran harddisk yang digunakan.

Enclosure harddisk banyak tersedia baik di toko komputer maupun di toko online.

Cek Harga Enclosure Harddisk Eksternal Murah disini

Kesimpulan

Harddisk eksternal yang error apalagi sudah tidak terbaca oleh Windows memang membuat pusing bahkan frustasi apalagi jika berisi data-data penting. Tetapi jangan panik, masih ada cara untuk dapat mengatasinya tanpa harus melakukan format harddisk yang akan menghapus semua data didalamnya.

Permasalahan Harddisk Eksternal tidak terbaca faktor utamanya adalah dari koneksi, baik itu port komputer dan laptopnya, port harddisk nya, kabel, dan enclosure. 

Demikian tutorial tentang  Cara Jitu Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca atau Error Pada Windows.  Kunjungi selalu dmiftah.com untuk update info, tips, dan ulasan terbaru lainnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke teman-teman kamu yuuk!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Mungkin sobat perlu baca ini :

close